5 Tips Masak Makanan Sehat ala Chef Renatta

6 Agustus 2021 14:44
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Chef Renatta sedang memasak makanan sehat. Foto: https://www.instagram.com/renattamoeloek/
zoom-in-whitePerbesar
Chef Renatta sedang memasak makanan sehat. Foto: https://www.instagram.com/renattamoeloek/
Memasak jadi salah satu kegiatan favorit banyak orang saat di rumah aja. Tak hanya makanan kekinian, variasi resep makanan sehat juga berkeliaran di media sosial.
Memang, mengonsumsi makanan sehat dinilai dapat menjaga daya tahan tubuh. Sebab, kita cenderung mengukur kandungan nutrisinya agar komposisi dalam satu piring seimbang. Dengan memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, metabolisme tubuh bisa berjalan optimal. Dampaknya, tubuh mempunyai kekuatan untuk menangkal berbagai penyakit.
Sayangnya, makanan sehat kerap dikaitkan dengan makanan mahal karena harus menggunakan bahan-bahan premium. Ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar, lho! Juri Master Chef Indonesia, Renatta Moeloek mengatakan, cara pengolahan bahan makanan itulah yang jadi hal penting.
"Memasak menu makanan sehat itu tidak susah, asalkan kita tahu trik pengolahannya sehingga kandungan nutrisinya tetap maksimal dan tidak hilang ketika dimasak. Bahan-bahannya juga tidak harus mahal ataupun ribet, yang sederhana pun bisa kita olah menjadi makan yang sehat, enak dan bikin bahagia," kata Chef Renatta di program LazLive Dapur Lazada.
Dalam program Dapur Lazada, Chef Renatta juga memberikan tips dan trik memasak makanan sehat yang murah dan mudah dibuat. Apa saja?

1. Batasi kandungan lemak dengan low fat cooking

Sajikan makanan rendah lemak dengan mengurangi penggunaan minyak dan mentega. Menurut Chef Renatta, alat masak non-stick cookware dapat meminimalisir penggunaan minyak dan mentega.
Namun, jika harus menggunakannya, siasati dengan menggunakan spray atau diaplikasikan dengan kuas kue. Kamu juga bisa memasak menggunakan air atau kaldu dan mengganti penggunaan krim dengan susu rendah lemak.
Ilustrasi makanan sehat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan sehat. Foto: Shutterstock

2. Pilih bahan dasar tinggi protein

Protein merupakan salah satu zat penting untuk tubuh karena dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, memperbanyak asupan protein juga salah satu cara meningkatkan hormon dopamin atau hormon pengendali emosi. Saat dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati, sehingga kita bisa merasa lebih senang dan bahagia.
Bahan makanan sehat yang tinggi protein biasanya terdapat pada ikan, daging, dan ayam.

3. Pertahankan nutrisi sayuran dengan pengolahan yang baik

Sayur mengandung banyak vitamin yang mudah larut dalam air sehingga bersifat sensitif. Bila tidak diolah dengan benar, kandungannya mudah hilang dalam persiapan memasak. Untuk mempertahankan nutrisinya, kukus atau gunakan microwave saat mengolah sayur dibandingkan dengan direbus.
Akan tetapi, bila kamu lebih suka merebus sayur, gunakan sedikit air dan hindari merebusnya hingga mendidih. Pengolahan dengan cara ditumis juga dapat mempertahankan kesegaran dan nutrisi sayur lebih baik.
Ilustrasi makanan sehat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan sehat. Foto: Shutterstock

4. Kukus atau panggang makanan

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, mengolah dengan cara mengukus memanggang dan merebus adalah alternatif yang bisa dipilih jika ingin membuat makanan yang kamu masak lebih sehat. Selain mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalam masakan, pengolahan dengan cara ini pun juga cenderung lebih rendah lemak karena tidak menggunakan minyak yang berlebihan.

5. Gunakan garam secukupnya

Mengonsumsi garam berlebihan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Kita bisa menguranginya mulai dari memilih sayuran segar dibandingkan kalengan, mengurangi daging yang sudah diproses seperti kornet ataupun smoked salmon, pasta atau sup instan.
Sudah tahu tipsnya tapi masih bingung mau berkreasi memasak apa? Tenang, kamu bisa lihat resep makanan sehat ala Chef Renatta yang akan ditayangkan di program Dapur Lazada yang ada di Lazlive dari aplikasi Lazada.
Pada Dapur Lazada kali ini, Chef Renatta akan memasak tiga jenis makanan sehat berprotein tinggi yaitu Avocado Toast, Roast Chicken, serta dessert dari bahan dasar yogurt. Aksi memukau chef Renatta bisa disaksikan di LazLive dari aplikasi Lazada tanggal 11 Agustus 2021, pukul 11.00 WIB.
Lazada Catat Peningkatan Minat Konsumen pada Kategori Perlengkapan Dapur & Peralatan Makan
Dalam satu tahun terakhir, Lazada melihat peningkatan minat konsumen pada kategori produk yang mendukung kegiatan memasak dan makan di rumah.
Ilustrasi peralatan masak. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi peralatan masak. Foto: Shutterstock
"Dari analisa data internal, kami melihat adanya pertumbuhan sebesar dua kali lipat untuk kategori peralatan dapur dan perlengkapan makan, dengan panci, wajan, pisau dapur, rak piring, bahkan botol minum sebagai produk yang paling banyak dicari dan dibeli," ungkap Mei Vinni, Senior Category Manager Household Category, Lazada Indonesia.
Memahami peningkatan minat masyarakat terhadap kegiatan memasak di rumah, Lazada pun bekerja sama dengan RCTI untuk Master Chef Indonesia musim tayang ke-8, yang bisa disaksikan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.30 WIB di RCTI.
“Kami memahami masyarakat saat ini semakin senang memasak di rumah, terutama sejak berbagai kegiatan dilakukan dari rumah, dan sebagian juga merasa lebih nyaman mengkonsumsi makanan yang diolah di dapur sendiri. Kami berharap Master Chef Season 8 yang didukung oleh Lazada dapat membuat kegiatan memasak di rumah menjadi semakin seru dan bisa memberikan keluarga menu sehat yang enak dan bervariasi,” tambah Vinni.
Selain memberikan menu-menu masakan menarik, di bulan Agustus ini Lazada juga menghadirkan promo spesial Lazada MasterChef (Siap Masak Chef!) khusus untuk peralatan dapur dan perlengkapan makan, yang berlangsung hingga 29 Agustus 2021. Jangan lewatkan penawaran spesial berupa diskon hingga 70 persen dan promo dari brand-brand peralatan dapur ternama.
Lazada juga menyiapkan berbagai cashback, diskon spesial hingga 80 persen, voucher belanja, hingga gratis ongkir. Semuanya bisa didapatkan hanya di aplikasi Lazada. Yuk, masukkan peralatan masak favoritmu ke troli sekarang!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020