Food & Travel
·
13 Maret 2018 10:11

5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56145)
Jeruk Mandarin (Foto: Thinkstock)
Tak hanya kaya akan vitamin, buah jeruk juga memiliki rasa yang segar. Selain dikonsumsi langsung, buah berwarna oranye ini sering diolah menjadi jus buah atau campuran pudding dan kue. Bahkan, beberapa resep masakan seperti Duck Ala Orange dari Prancis juga menggunakan campuran buah jeruk untuk menambah cita rasanya.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, tak semua daging jeruk memiliki rasa yang manis dan segar. Beberapa di antaranya bahkan bercita rasa masam. Dibungkus dengan kulit yang cukup tebal, membuat kita sulit untuk menentukan jeruk mana yang memiliki cita rasa manis. Karenanya, diperlukan beberapa cara tertentu untuk memilih jenis jeruk yang tepat. Apa saja?
Berikut telah kumparan (kumparan.com) rangkum lima cara mudah dalam memilih jeruk yang manis dan segar:
1. Perhatikan tekstur kulit jeruk
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56146)
Gambar kulit jeruk (Foto: dok. theweek.in)
Jeruk yang sudah matang memiliki ciri khas tertentu pada kulit buahnya. Hindari memilih jeruk yang kulitnya bertekstur tebal dan kasar karena kandungan airnya hanya sedikit dan memiliki rasa yang kurang segar. Sebaliknya, pilih jeruk dengan kulit yang halus dan mulus karena memiliki rasa manis dan menandakan sudah matang.
ADVERTISEMENT
2. Pilih jeruk dengan kulit mengkilap
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56147)
Jeruk (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Saat memilih jeruk, letakkan buah tersebut di bawah sinar lampu. Jika kulit jeruk terlihat mengkilap saat terkena pantulan sinar lampu, maka buah ini memiliki kualitas baik dan dalam kondisi segar. Selain itu, kulit yang mengkilap juga menandakan bahwa jeruk memiliki tingkat kematangan yang baik dan bercita rasa manis.
3. Tekan kulit jeruk
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56148)
Jeruk Mandarin (Foto: Shutterstock)
Ketebalan dari kulit jeruk juga menandakan cita rasa yang dimiliki oleh buah yang kaya akan vitamin C ini. Jeruk dengan kulit yang tebal cenderung memiliki kandungan air yang lebih sedikit, namun bercita rasa manis. Begitu pula sebaliknya, jeruk yang memiliki kandungan air yang banyak cenderung berkulit lebih tipis.
4. Perhatikan warna jeruk
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56149)
Jeruk bisa menghidrasi tubuh (Foto: Pexels)
Saat hendak membeli jeruk mandarin, pilihlah buah yang berwarna oranye gelap atau oranye mencolok. Karena, warna kulit tersebut menandakan bahwa buah jeruk memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Namun, bila ingin membeli jenis jeruk lokal, pilihlah yang memiliki warna kulit oranye kehijauan.
ADVERTISEMENT
5. Lihat bagian bawah kulit jeruk
5 Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis dan Segar (56150)
Jeruk. (Foto: Pixabay)
Jangan lupa untuk mengecek bagian bawah kulit jeruk saat hendak membelinya. Kulit jeruk yang cenderung lumpang atau cekung biasanya bercita rasa lebih manis dan segar karena memiliki kandungan air yang melimpah.