6 Makanan Khas yang Cocok Dicicipi Saat Kulineran di Tegal

7 Januari 2019 15:33 WIB
clock
Diperbarui 15 Maret 2019 3:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Makanan khas Tegal. (Foto: Instagram/@kuliner.ria dan @bubueataway)
zoom-in-whitePerbesar
Makanan khas Tegal. (Foto: Instagram/@kuliner.ria dan @bubueataway)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selama ini Tegal dikenal sebagai kota asal warteg yang biasa kita jumpai di berbagai sudut ibu kota. Namun tak hanya wartegnya saja, Kota Bahari ini bisa dibilang sebagai gudangnya kuliner lezat di Jawa Tengah. Ditambah lokasinya yang strategis yakni tepat di jalur Pantura, banyak wisatawan yang sering singgah untuk sekadar istirahat atau berwisata kuliner.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari sebagian besar wilayah Jawa Tengah yang identik dengan hidangan manis, makanan khas Tegal justru terkenal memiliki rasa yang gurih cenderung asin. Selain itu, rasanya juga lebih segar cocok disantap di tengah teriknya cuaca khas pesisir di Tegal.
Bagi kamu yang berencana kulineran di kota dengan slogan 'Tegal Laka-laka' ini, berikut kumparanFOOD berikan enam makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai hidangan ini semakin nikmat dihidangkan bersama teh poci khas Tegal.
1. Sauto Tegal
Soto tauco khas Tegal. (Foto: Instagram/@ky_kyla_)
zoom-in-whitePerbesar
Soto tauco khas Tegal. (Foto: Instagram/@ky_kyla_)
Saat berkunjung ke Tegal, tak lengkap rasanya bila belum mencicipi soto khasnya. Dikenal dengan sebutan sauto oleh masyarakat lokal, tampilan soto Tegal terlihat lebih keruh karena adanya campuran tauco.
Tambahan tauco ini membuat cita rasanya lebih kaya, yakni perpaduan manis, gurih, asin, dan sedikit asam yang berpadu dengan cacahan daging atau babat. Sebagai pelengkapnya, sauto Tegal juga bisa disantap dengan sambal, aneka gorengan, dan remahan usus yang renyah.
ADVERTISEMENT
Tertarik mencicipi sauto Tegal? Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan legendaris seperti Warung Makan Moro Tresno di dekat alun-alun kota atau Warung Soto Sedap Malam yang berada di sepanjang Jalan Talang.
2. Nasi lengko
Nasi Lengko, menu khas di warung makan Pi'an. (Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Nasi Lengko, menu khas di warung makan Pi'an. (Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan)
Sebenarnya nasi lengko merupakan makanan tradisional dari Cirebon. Tapi hidangan mengenyangkan ini juga sangat populer di Tegal, sehingga banyak orang yang mengira nasi lengko berasal dari Kota Bahari.
Nasi lengko terdiri dari sepiring nasi, potongan tahu dan tempe, timun, dan taoge, lalu disiram dengan saus kacang dan kerupuk kuning. Namun berbeda dari saus kacang pada hidangan pecel, saus kacang untuk nasi lengko terasa lebih pedas dan kental saat disantap.
Disajikan dalam porsi kecil, hidangan ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan sebelum beraktivitas. Salah satu tempat makan yang menyajikan nasi lengko lezat adalah Warma (warung makan) Pi'an yang berjarak sekitar 50 meter dari stasiun besar Tegal.
ADVERTISEMENT
3. Rujak teplak
Rujak teplak. (Foto: Instagram/@tamitawibisono dan @kulinertegal)
zoom-in-whitePerbesar
Rujak teplak. (Foto: Instagram/@tamitawibisono dan @kulinertegal)
Kalau Surabaya punya rujak cingur, orang Tegal juga memiliki rujak khas yang dikenal dengan sebutan rujak teplak. Terdiri dari sayur-mayur rebus mulai dari kangkung, daun lembayung, daun pepaya, taoge, daun ubi, dan semanggi, keistimewaan rujak teplak terletak pada sausnya yang disebut sambal gaul.
Sambal gaul ini terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu bercita rasa pedas. Perpaduan rasa segar dan gurih serta porsinya yang kecil membuat hidangan ini cocok disajikan saat sarapan. Bila ingin mencicipinya, kamu bisa mengunjungi lapak sederhana Mak Teplak di ujung jalan HOS Cokroaminoto, Tegal, yang telah ada sejak 20 tahun lalu.
4. Kupat glabed
Kupat glabed. (Foto: Instagram @fanana_nana @masbique)
zoom-in-whitePerbesar
Kupat glabed. (Foto: Instagram @fanana_nana @masbique)
Sekilas, kupat glabed memiliki tampilan menyerupai lontong opor lengkap dengan kuahnya yang kekuningan. Namun sesuai namanya 'glabed' yang berarti kental, kuah kupat ini pun terasa lebih gurih dengan tekstur yang kental saat disantap.
ADVERTISEMENT
Selain itu, salah satu ciri khas mencolok dari kupat glabed adalah taburan kerupuk kuning yang menggunung di atasnya. Ditambah suwiran daging ayam lembut dan sate blengong sebagai pelengkap, kupat glabed menjadi pilihat tepat untuk santap malam yang hangat dan mengenyangkan. Tak perlu bingung mencari penjual kupat glabed yang enak di Tegal, kamu bisa mengunjungi tempat makan legendaris bernama Kupat Glabed Pak Machali yang ada di daerah Randugunting.
5. Sate kambing
sate kambing (Foto: Instagram: @mr88wang)
zoom-in-whitePerbesar
sate kambing (Foto: Instagram: @mr88wang)
Tegal juga terkenal dengan sate kambingnya yang menggugah selera, lho. Berbeda dari sate kambing pada umumnya, sate kambing khas Kota Bahari dikenal karena teksturnya yang lembut dan tidak mengeluarkan aroma prengus saat disantap.
Ternyata rahasia lezatnya sate kambing khas Tegal adalah penggunaan kambing muda berusia di bawah tiga bulan yang dikenal dengan sebutan batibul. Lembutnya daging kambing semakin lezat saat disajikan bersama sambal kecap pedas dan acar bawang.
ADVERTISEMENT
Saking populernya, tak sedikit pemudik yang selalu menyempatkan diri untuk mencicipi sate batibul saat melewati kota Tegal. Penasaran dengan rasanya? Warung Sate Tirus dan WM Sate Wendy's di Jalan Letjen Suprapto merupakan dua tempat sate legendaris yang bisa dikunjungi untuk mencicipi sate kambing muda lembut.
6. Nasi ponggol
Nasi ponggol. (Foto: Instagram/@kims.mom dan @tegal.fnb)
zoom-in-whitePerbesar
Nasi ponggol. (Foto: Instagram/@kims.mom dan @tegal.fnb)
Nasi ponggol merupakan hidangan sarapan yang sangat populer di Tegal. Sebenarnya hidangan ini tak jauh berbeda dari nasi bungkus pada umumnya yang berisi lauk-pauk seperti mi goreng, teri kacang, dan oreg tempe, dan sambal pedas.
Menariknya, nasi ponggol dibungkus dengan daun pisang sehingga aromanya terasa lebih khas dan menggugah selera. Nasi ponggol biasanya dijual menggunakan gerobak kaki lima yang tersebar di pasar tradisional dan sepanjang jalur menuju alun-alun kota Tegal.
ADVERTISEMENT