6 Manfaat Kelapa untuk Kesehatan

25 Juli 2019 17:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kelapa Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kelapa Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kelapa cocok disebut sebagai tumbuhan dengan sejuta manfaat. Bukan tanpa alasan, seluruh bagian kelapa memang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, daging buah kelapa yang biasa diolah kembali menjadi santan atau topping makanan; atau kerap dicampur dalam berbagai minuman sampai dessert.
Tak hanya lezat disantap, buah kelapa juga punya banyak manfaat. Misalnya, membantu menghilangkan kelebihan lemak tubuh.
Dari jurnal yang diterbitkan PubMed Central Amerika tahun 2016, buah kelapa memiliki kandungan lemak yang sebagian besar adalah medium-chain triglycrides (MCT). Lemak inilah yang bisa membantu pembakaran lemak menjadi energi.
Daging kelapa juga punya kandungan karbohidrat, protein, dan beberapa mineral yang tinggi. Makanya, yuk ketahui manfaat menyantap kelapa bagi kesehatan:
1. Mengontrol gula darah
Ilustrasi kelapa Foto: Shutterstock
Menurut FoodData Central dari US Department of Agriculture (USDA), 100 gram daging kelapa mengandung sekitar 3 gram protein. Sedangkan daging kelapa kering, punya kandungan protein mencapai dua kali lipatnya.
ADVERTISEMENT
Protein yang tinggi pada kelapa berguna sebagai obat anti diabetes. Sementara, arginine dan asam amino yang ditemukan pada kelapa, dapat meningkatkan fungsi pankreas untuk melepaskan hormon insulin sehingga kadar gula tetap stabil.
2. Cocok untuk diet
Ilustrasi Tepung Kelapa Foto: Shutterstock/Africa Studio
Meski dikenal sebagai makanan berlemak, serat pada daging kelapa juga tak kalah tinggi. 100 gram kelapa segar punya kandungan serat mencapai 9 gram, dan 18 gram serat pada kelapa kering.
Seratnya berfungsi melancarkan proses pencernaan sekaligus mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Minyak kelapa Foto: Shutterstock
Menyantap 100 gram daging kelapa kering bisa memenuhi kebutuhan mangan harian hingga 137 persen. Asupan mangan ditambah kandungan phenolic yang bersifat antioksidan, dapat menjaga tubuh dari serangan virus penyakit.
ADVERTISEMENT
Lemak MCT pada daging kelapa, juga berfungsi sebagai antivirus dan anti jamur. Bahkan bisa menekan pertumbuhan sel-sel kanker.
4. Meningkatkan konsentrasi
Buah kelapa Foto: Dok.pixabay
Lemak MCT pada buah kelapa juga bisa meningkatkan kemampuan otak dalam memproses informasi. Menurut jurnal The role of Dietary Coconut for The Prevention and Treatment of Alzheimer's Disease, MCT berfungsi sebagai bahan bakar untuk glukosa yang dapat meningkatkan kesehatan otak. MCT juga berperan penting untuk membantu meningkatkan daya ingat, dan menurunkan risiko Alzheimer pada usia lanjut.
5. Melancarkan proses pencernaan
Ilustrasi kelapa. Foto: Foto: Shutter Stock
Selain cocok untuk diet, serat tinggi pada kelapa bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Berdasarkan jurnal Dietary Fiber from Coconut Flour: A functional Food tahun 2006, serat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik penghasil short-chain fatty acids (SCFA) di saluran pencernaan. SCFA ini nantinya berguna menurunkan inflamasi atau peradangan yang menyebabkan masalah pencernaan.
ADVERTISEMENT
6. Memperkuat tulang
Minyak kelapa untuk rambut Foto: Shutterstock
Buah kelapa tinggi akan mineral magnesium dan mangan. Jurnal Manganese in Health and Disease yang diterbitkan PubMed mengemukakan, bahwa asupan mineral yang tercukupi dapat meningkatkan kepadatan tulang. Bila disantap teratur, mineral ini juga akan menjaga tulang dari pengeroposan yang menyebabkan osteoporosis pada usia lanjut.