kumparan
17 Juni 2019 17:11

6 Manfaat Susu Kunyit, Minuman Obat Khas India

Ilustrasi Susu Kunyit Foto: Shutterstock/Alphonsine Sabine
Orang Indonesia tentu sudah familier dengan kunyit. Namun, bagaimana dengan susu kunyit?
ADVERTISEMENT
Susu kunyit atau yang dikenal juga dengan nama golden milk, turmeric latte atau haldi doodh merupakan minuman yang cukup populer di India. Biasanya terbuat dari susu sapi yang dicampur dengan kunyit dan rempah lain. Di India sendiri, susu kunyit biasanya dijadikan minuman obat.
Lalu, seperti apa manfaat yang ditawarkan susu kunyit untuk kesehatan? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.
1. Memperbaiki mood
Ilustrasi mood berantakan. Foto: Pixabay
Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dikenal bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi.
Sebuah penelitian juga pernah dilakukan untuk membuktikan pernyataan ini. Penelitian tersebut melibatkan 60 orang pengidap depresi, dengan meminum curcumin dan obat antidepresan selama enam minggu.
Hasilnya, orang yang minum kombinasi keduanya mengalami peningkatkan suasana hati yang lebih baik. Perubahan ini tentu membuat gejala depresi semakin berkurang.
ADVERTISEMENT
2. Mengurangi nyeri sendi dan peradangan
Ilustrasi tulang sehat Foto: Shutterstock
Selain bisa meningkatkan suasana hati, ternyata curcumin yang ada di dalam kunyit juga mengurangi nyeri sendi dan peradangan. Hal ini dikarenakan senyawa curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang sangat kuat.
Bahkan, curcumin sendiri sering diolah ke dalam berbagai obat-obatan untuk mengatasi masalah perdangan sendi; seperti steoarthritis atau rematik.
3. Meningkatkan kesehatan otak
Ilustrasi otak manusia. Foto: Shutterstock
Susu kunyit juga ternyata baik untuk kesehatan otak. Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, curcumin dalam kunyit bisa meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF).
BDNF sendiri merupakan senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Sedangkan tingkat BDNF yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan otak, salah satunya adalah penyakit Alzheimer.
ADVERTISEMENT
4. Mengurangi risiko kanker
Ilustrasi kanker Foto: THINKSTOCK
Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Selain perawatan konvensional, obat anti-kanker juga semakin dicari. Menariknya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa rempah yang ada di dalam susu kunyit bisa menawarkan manfaat ini.
Sebagai contoh, salah satu studi menyebutkan bahwa ada hubungan penyakit kanker dengan senyawa 6-gingerol pada jahe dan curcumin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lain.
5. Melindungi kesehatan jantung
Ilustrasi sakit jantung Foto: Shutterstock
Curcumin dalam kunyit ternyata bisa meningkatkan fungsi endotel. Endotel merupakan lapisan yang membungkus pembuluh darah sekaligus menjaga jantung tetap sehat.
Dalam sebuah penelitian, orang yang menjalani operasi jantung diberi empat gram curcumin beberapa hari sebelum dan sesudah operasi. Hasilnya, mereka yang diberi curcumin memiliki kemungkinan 65 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung.
ADVERTISEMENT
6. Baik untuk kesehatan pencernaan
Ilustrasi maag Foto: dok.shutterstock
Gangguan pencernaan kronis yang dikenal sebagai dispepsia atau maag ditandai dengan rasa sakit pada perut bagian atas. Menurut sebuah studi, jahe dan kunyit yang ada dalam susu kunyit bisa meringankan kondisi ini.
Jahe mempercepat proses pengosongan lambung yang tertunda. Sedangkan kunyit berfungsi untuk meningkatkan produksi empedu hingga 62 persen untuk mencerna lemak lebih baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan