Food & Travel
·
19 Februari 2018 17:26

6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152374)
Ilustrasi memotong bawang (Foto: Thinstock)
Seperti yang telah diketahui, bawang merah merupakan salah satu bahan dapur esensial yang selalu digunakan untuk beragam jenis masakan di Indonesia. Sebut saja sup, nasi goreng, bakso, dan soto. Keempat hidangan tersebut menggunakan bawang merah untuk menyempurnakan rasanya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, proses mengolah bawang merah terbilang cukup sulit. Kandungan senyawa belerang yang terdapat di dalamnya dapat menimbulkan efek pedih di mata, sehingga tak sedikit orang yang menangis saat sedang memotong bawang merah.
Namun, jangan khawatir karena terdapat beberapa tips yang bisa meminimalisir rasa pedih saat mengupas bawang merah. Bagaimana caranya?
Yuk intip tipsnya seperti yang dilansir Daily Meal:
1. Potong bawang di dalam air
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152375)
Ilustrasi bawang merah (Foto: Thinstock)
Tips pertama yang bisa kamu coba adalah mengiris bawang merah dalam air. Cara ini akan mencegah penyebaran senyawa belerang mengenai mata. Kamu juga perlu berhati-hati saat mengiris bawang merah agar pisau tak tergelincir dan melukai jari.
2. Membekukan bawang
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152376)
Ilustrasi menyimpan makanan di dalam kulkas (Foto: Freepik)
Cara yang kedua adalah dengan menyimpan bawang merah di dalam freezer beberapa saat sebelum dipotong. Menurut buku On Food and Cooking, The Science and Lore of the Kitchen karya Harold McGe, mendinginkan bawang merah sebelum dipotong dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong, sehingga dapat meminimalisir rasa pedih pada mata.
ADVERTISEMENT
3. Tidak memotong bagian akar
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152377)
Ilustrasi akar bawang. (Foto: Pixabay)
Menurut The National Onion Association, membiarkan bagian akar bawang merah tak terpotong dapat menetralkan senyawa belerang pada bawang merah. Ujung akar bawang merah memiliki kadar senyawa belerang yang cukup tinggi, sehingga bila bagian ujungnya dipotong akan menimbulkan efek pedih.
4. Mengigit benda tertentu
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152378)
Roti baguette (Foto: Pexels)
Meski terdengar konyol, namun nyatanya menggigit benda-benda tertentu seperti batang korek api dan roti rupanya dapat membantu mengurangi rasa pedih ketika mengupas bawang merah. Cara ini akan membuat senyawa belerang yang terkandung dalam bawang merah akan terserap dengan benda yang digigit.
5. Menggunakan pisau yang sangat tajam
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152379)
Ilustrasi pisau tajam. (Foto: Pixabay)
Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau tajam akan membantu mengurangi penyebaran zat senyawa belerang yang dapat membuat kamu menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang menimbulkan efek pedih pada mata.
ADVERTISEMENT
6. Menyalakan kipas
6 Tips Mengiris Bawang Merah agar Tidak Pedih di Mata (152380)
Ilustrasi kipas angin (Foto: Thinkstock)
Cara terakhir yang dinilai ampuh untuk mencegah mata pedih saat mengiris bawang merah adalah dengan menyalakan kipas. Udara yang berhembus lewat kipas dapat menghalau senyawa belerang agar tidak mengenai mata.
Caranya, cukup dengan menyalakan kipas angin, lalu arahkan pada talenan. Dijamin, mata kamu akan bebas dari rasa pedih dan iritasi.
Semoga bermanfaat!