Food & Travel
·
5 Juni 2018 10:59

7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284636)
Madu membuat tidur lebih nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Gusi berdarah merupakan salah satu masalah mulut yang seringkali menyerang dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain diakibatkan oleh proses menyikat gigi yang terlalu keras, pendarahan pada gusi juga sering disebabkan oleh pola makan tak sehat dan minimnya asupan vitamin C di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Kekurangan vitamin C inilah yang menyebabkan gusi terinfeksi sehingga lebih rentan bengkak dan berdarah. Dan, jika tak segera ditangani, maka pendarahan ini dapat berujung pada peradangan yang lebih parah pada gusi.
Namun tak perlu khawatir, selain rajin memeriksakan kesehatan mulut, beberapa ramuan alami ternyata dapat digunakan untuk meredakan pendarahan dan pembengkakan pada gusi. Dilansir Food NDTV, berikut kumparanFOOD rangkum lima ramuan alami untuk atasi gusi berdarah.
1. Air garam
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284637)
Air garam (Foto: Thinkstock)
Berkumur menggunakan larutan air garam dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk meredakan pendarahan pada gusi. Seperti yang telah diketahui, garam memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang akan meredakan pembengkakan dan infeksi penyebab gusi berdarah.
Caranya, campur dua sendok garam dengan segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur hingga bengkak pada gusi berkurang. Selain meredakan pendarahan, air garam juga akan membuat mulut terasa lebih kesat dan bebas bau tak sedap.
ADVERTISEMENT
2. Madu murni
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284638)
Madu mendetoks racun dalam tubuh . (Foto: Thinkstock)
Seperti halnya garam, madu juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab infeksi pada gusi. Dioleskan secara merata di bagian gusi yang bengkak dan berdarah, madu juga dapat meredakan rasa pegal yang muncul akibat gusi membengkak.
3. Jus cranberry
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284639)
Jus cranberry (Foto: Thinkstock)
Saat gusi mulai membengkak, konsumsi jus cranberry tanpa gula dapat menjadi obat alami yang akan mengempiskan bengkak dan menghentikan pendarahan pada gusi. Dilansir Food NDTV, cranberry mengandung asam fenolik dan antosianin yang dikenal sebagai obat alami bersifat antimikroba dan antibakteri. Kandungan inilah yang akan membantu menjaga gigi dan gusi dari bakteri berbahaya.
4. Kunyit
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284640)
Ilustrasi kunyit (Foto: Thinkstock)
Mengoleskan krim yang terbuat dari bubuk kunyit dan minyak kelapa dapat menjadi obat alami untuk meredakan pendarahan pada gusi. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat terapiutik, yang dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan pada gusi bengkak dan berdarah.
ADVERTISEMENT
Caranya, pijat bagian gusi yang bengkak dengan krim kunyit lalu diamkan selama 15 menit. Kumur-kumur dengan menggunakan air hangat dan rasa pegal pada gusi pun pasti akan berangsur menghilang.
5. Campuran lemon dan air hangat
7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Gusi Berdarah (284641)
Ilustrasi air lemon (Foto: Thinkstock)
Seperti yang telah dijelaskan, infeksi pada gusi dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin C, sehingga bakteri dapat tumbuh subur di sekitar gusi. Karenanya, salah satu cara yang dapat dilakukan saat mengalami pendarahan pada gusi adalah berkumur menggunakan perasan air lemon dan air hangat. Selain menyingkirkan bakteri membandel yang ada di mulut, vitamin C pada lemon juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga badan tak akan mudah terserang penyakit, termasuk infeksi gusi.