kumparan
12 Juni 2019 20:34

7 Bahan Penyedap Alami untuk Masakan

ilustrasi sup Foto: Shutterstock
Bumbu penyedap biasa digunakan untuk meningkatkan rasa pada suatu makanan. Misalnya bubuk penyedap yang ampuh meningkatkan rasa gurih pada hidangan yang kita masak.
ADVERTISEMENT
Selain penyedap makanan siap pakai, banyak juga bahan makanan lainnya yang bisa digunakan sebagai penyedap alami. Kandungan glutamat pada beberapa makanan berikut ini bisa menambah rasa umami yang gurih layaknya penyedap rasa.
Beberapa di antaranya bahkan tergolong makanan sehat. Ini dia, tujuh bahan makanan yang bisa digunakan untuk penyedap alami makanan:
1. Daging
ilustrasi daging sapi Foto: Shutterstock
Sebagian besar hidangan berbahan dasar daging pasti punya cita rasa gurih yang kuat. Sebab, di dalam daging memang terdapat glutamat yang berperan memberi rasa umami pada makanan.
Dari data The Glutamat Association, 100 gram daging sapi rata-rata mengandung sekitar 10 miligram glutamat. Bahkan daging asap punya kandungan mencapai 340 miligram. Tingginya glutamat pada daging asap disebabkan adanya proses peningkatan asam glutamic saat proses pengawetan.
ADVERTISEMENT
2. Tomat
Tomat Foto: Pixabay
Tomat merupakan buah yang punya rasa umami kuat. Di dalam 100 gram tomat, terdapat sekitar 150-250 miligram asam glutamat. Dari jurnal PubMed tahun 2010, semakin matang tomat makan kandungan glutamat-nya pun makin tinggi.
Jadi, jangan heran bahwa tomat kerap diolah jadi saus penyedap berbagai makanan. Mulai dari burger, ayam goreng, bahkan sup hangat.
3. Rumput laut
Ilustrasi Rumput Laut Foto: Shutterstock/Viktor Kochetkov
Jepang terkenal dengan makanannya yang sangat gurih. Rahasianya, ternyata terletak pada penambahan rumput laut pada sebagian besar sajiannya.
Dalam 100 gram rumput laut, kandungan glutamatnya bisa mencapai 1.000 miligram. Kadar glutamat yang tinggi, membuat rumput laut cocok diolah jadi kaldu sehat ramah vegetarian.
4. Kerang
ilustrasi kerang Foto: Shutterstock
Sebagian besar seafood, terutama kerang-kerangan mengandung glutamat dalam kadar tinggi. Kandungan inosinate pada kerang juga tinggi.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data dari The Glutamat Associate, kandungan glutamat pada kerang bisa mencapai 140 miligram. Kombinasi glutamat dan inosiate di dalamnya akan menghasilkan rasa umami yang kuat. Saat diolah jadi produk lain seperti saus atau ekstrak, kadar glutamatnya pun akan makin tinggi.
5. Keju
Jenis-jenis keju Foto: Shutterstock
Menurut jurnal Natural Food Additives, Ingredients and Flavourings tahun 2012, semakin tua umur keju maka kadar glutamatnya pun makin tinggi. Penyimpanan yang lama membuat protein di dalamnya terurai menjadi asam amino.
Itulah, yang membuat kadar asam glutamat di dalamnya meningkat. Selain itu, keju juga membuat cita rasa makanan semakin creamy.
6. Jamur
ilustrasi sup jamur Foto: Shutterstock
Jamur bisa digunakan sebagai pengganti bahan utama pembuatan kaldu yang lebih sehat. Jamur juga cocok digunakan untuk penyedap rasa pada sajian diet.
ADVERTISEMENT
Menariknya, setiap jenis jamur punya kadar glutamat yang berbeda-beda. Misalnya 100 gram jamur jenis truffle yang mengandung sekitar 80 miligram glutamat, jamur enoki mengandung 90-134 miligram glutamat, dan jamur shiitake kering yang mencapai 1.000 miligram.
7. Kentang
ilustrasi sup kentang Foto: Shutterstock
Kentang merupakan bahan utama yang sering digunakan untuk membuat kaldu sayur. Kandungan glutamat di dalam umbi-umbian ini mencapai 100 miligram, untuk setiap 100 gram. Menurut Umami Information Council, rasa umami di dalam kentang akan lebih kuat setelah melewati proses pemasakan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan