7 Buah Paling Banyak Diproduksi di Indonesia, Pisang Nomor Satu!

26 Oktober 2022 8:07
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi buah tropis khas Indonesia. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Selain memberikan rasa yang manis dan segar, buah juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, tak heran bila buah disukai banyak orang, mungkin termasuk kamu. Di Indonesia banyak pilihan buah, mulai dari pisang, mangga, pepaya, salak, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Namun, pernahkah kamu bertanya mengenai buah mana yang paling banyak diproduksi di Indonesia? Ya, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mengutip laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS); menunjukkan bahwa pisang menjadi buah paling banyak diproduksi di Indonesia. Adapun, data yang ditampilkan oleh BPS adalah data pada tahun 2021 dengan total buah yang berhasil diproduksi di Indonesia mencapai 25,97 juta ton.
Sementara itu, untuk mengetahui tujuh buah mana saja yang paling banyak diproduksi di Indonesia, kumparanFOOD telah merangkumnya untuk kamu. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah:

1. Pisang: 8,7 juta ton

Ilustrasi pisang. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia untuk membuat berbagai olahan; seperti pisang goreng, keripik, bolu pisang, es pisang ijo, dan lain-lain. Oleh sebab itu, tidak heran bila buah yang satu ini menjadi yang paling banyak diproduksi di Indonesia, dengan total 8,7 juta ton pada tahun 2021.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, daerah yang menjadi produsen terbanyak buah pisang di Indonesia adalah Jawa Timur, dengan total lebih dari 2 juta ton. Sedangkan daerah dengan produksi terendah buah berwarna kuning ini ditempati oleh Kepulauan Riau dengan jumlah 2.724 ton.

2. Nanas: 2,88 juta ton

Ilustrasi nanas Foto: Dok.Shutterstock
Nanas menjadi buah kedua yang paling banyak diproduksi di Indonesia dengan total 2,88 juta ton pada tahun 2021. Buah segar ini identik dengan warna kuning dan memiliki rasa yang manis serta terkadang sedikit asam, sehingga membuatnya cukup sering digunakan sebagai olahan manisan.
Sementara itu, meskipun Jawa Barat memiliki Kabupaten Subang yang dijuluki sebagai Kota Nanas, tetapi provinsi tersebut bukanlah yang terbanyak memproduksi nanas. Melainkan, Provinsi Lampung yang menjadi daerah dengan produksi nanas terbanyak di Indonesia, mencapai 705.883 ton.
ADVERTISEMENT

3. Mangga: 2,83 juta ton

Ilustrasi mangga. Foto: Shutterstock
Mangga adalah salah satu buah yang kemungkinan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mulai dari mangga harum manis hingga gedong gincu; telah membuat produksi buah tersebut menempati posisi ketiga sebagai buah paling banyak dihasilkan di Indonesia. Adapun, total produksi dari buah ini mencapai, 2,83 juta ton.
Sementara daerah dengan produksi buah mangga terbanyak adalah Jawa Timur dengan total 1,1 juta ton. Sedangkan untuk posisi kedua dan ketiga masih dikuasai oleh pulau Jawa, yaitu Jawa Tengah dengan 457.674 ton dan Jawa Barat dengan 444.073 ton.

4. Jeruk siam: 2,4 juta ton

Ilustrasi jeruk. Foto: Shutterstock
Jeruk siam merupakan buah yang cukup mudah untuk ditemukan, baik itu di pasar tradisional hingga supermarket. Tentu, hal ini tidak terlepas dari data yang menunjukkan bahwa jeruk siam menjadi buah keempat paling banyak diproduksi di Indonesia, yaitu 2,4 juta ton.
ADVERTISEMENT
Buah dengan warna kulit perpaduan oranye dan hijau ini paling banyak diproduksi di Provinsi Jawa Timur, dengan total 822.260 ton. Sedangkan provinsi paling sedikit yang memproduksi buah siam adalah Kepulauan Riau dengan 163 ton dan diikuti oleh DKI Jakarta dengan 435 ton.

5. Durian: 1,35 juta ton

Ilustrasi buah durian. Foto: Mai amorn/Shutterstock
Meskipun memiliki kulit berduri dan aroma khas yang menyengat, tetapi faktanya durian menjadi buah kelima paling banyak diproduksi di Indonesia. Ya, buah ini diproduksi dengan total mencapai 1,35 juta ton pada tahun 2021.
Bahkan, produksi buah durian di Indonesia mengalami sedikit peningkatan dibanding tahun 2020, yaitu 1,33 juta ton. Sementara itu, daerah penghasil durian terbanyak yaitu Provinsi Jawa Timur yang mencapai 275.319 ton dan diikuti oleh Sumatera Barat dengan total 170.707 ton.
ADVERTISEMENT

6. Pepaya: 1,16 juta ton

Ilustrasi sajian pepaya. Foto: Nungning20/Shutterstock
Pepaya adalah buah sering ditemukan pada berbagai olahan makanan dan minuman; seperti jus dan manisan. Oleh karena itu, tidak heran bila pepaya menjadi buah yang paling banyak diproduksi untuk memenuhi permintaan masyarakat. Adapun, total buah pepaya yang berhasil diproduksi di Indonesia mencapai 1,16 juta ton.
Sementara itu, Provinsi Jawa Timur menjadi daerah terbanyak yang menghasilkan buah pepaya, yaitu 253.700 ton. Sedangkan provinsi terendah yang menghasilkan buah pepaya adalah Gorontalo dengan 1.209 ton.

7. Salak: 1,12 juta ton

Buah Salak Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Memiliki total produksi yang tidak jauh dari pepaya, yaitu 1,12 juta ton; membuat salak menjadi buah ketujuh yang paling banyak dihasilkan di Indonesia. Salah satu jenis salak yang paling terkenal di Indonesia adalah salak pondoh yang sebagian besar dihasilkan di Sleman, Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Namun, hal itu tidak membuat Provinsi DI Yogyakarta menjadi daerah terbanyak yang menghasilkan salak. Melainkan, Jawa Tengah yang menjadi provinsi penghasil salak terbanyak dengan total 432.097 ton.
Nah, itulah tujuh buah paling banyak diproduksi di Indonesia, dari mulai pisang hingga salak. Dari ketujuh buah-buahan tersebut, manakah yang menjadi favorit kamu? Tulis di kolom komentar, ya!
Penulis: Riad Nur Hikmah