kumparan
1 Oktober 2019 19:31

7 Camilan Indonesia yang Ternyata Ramah Vegetarian

tahu gejrot Foto: Shutterstock
Menjadi seorang vegetarian tentu tidak mudah. Apalagi di Indonesia yang punya segudang hidangan dari bahan-bahan hewani, mulai dari daging, seafood, hingga telur.
ADVERTISEMENT
Padahal, para vegetarian tidak diperkenankan menyantap makanan yang tidak mengandung produk hewani. Sedangkan hidangan ramah vegetarian juga identik dengan harganya yang cukup menguras kocek.
Tapi, bukan berarti tak ada hidangan tradisional Indonesia yang ramah vegetarian. Camilan pun juga ada yang cocok untuk orang yang sedang mencoba hidup vegetarian, lho.
Jadi tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk mengenyangkan perut. Ini dia tujuh camilan asli Indonesia yang ternyata ramah vegetarian:
1. Tahu gejrot
tahu gejrot Foto: Shutterstock
Camilan dari Cirebon, Jawa Barat, ini bisa jadi pilihan lezat untuk mengisi perut saat bersantai. Sesuai namanya, tahu gejrot terbuat dari potongan tahu sumedang yang disiram kuah gula asam.
Perpaduan tahu yang gurih, cabai uleg, bawang, dan kuah asam menghasilkan cita rasa unik yang menggugah selera. Rasa tahu gejrot yang menyegarkan ini sangat cocok disantap di tengah teriknya cuaca di siang hari.
ADVERTISEMENT
2. Pisang penyet
Pisang penyet Foto: Shutterstock
Pisang kerap disantap sebagai camilan ramah vegetarian untuk menambah energi. Jurnal dari Appalachian State University, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa pisang merupakan sumber karbohidrat, potasium, dan vitamin B6 yang baik untuk kebugaran.
Nah, pisang penyet bisa disajikan saat ingin ngemil nikmat tapi sehat. Terbuat dari pisang kepok yang dipanggang lalu dipipihkan, kudapan ini juga bisa disajikan dengan aneka topping. Mulai dari kacang sangrai hingga dark chocolate leleh.
3. Wedang tahu
Wedang tahu Foto: Shutterstock
Ada yang pernah menyantap wedang tahu? Minuman unik ini adalah sajian tradisional yang cukup populer di Semarang. Saking nikmatnya, minuman ini juga bisa dijumpai di Jakarta.
Minuman ini terbuat dari kembang tahu yang sekilas mirip puding susu lembut, lalu disiram kuah jahe hangat. Saat disantap, teksturnya sangat lembut dengan sensasi hangat yang nyaman di tenggorokan. Nikmat sekali!
ADVERTISEMENT
4. Serabi
Serabi Ambarawa. Foto: Safira Maharani/kumparan
Serabi merupakan camilan yang cukup populer, terutama di Jawa. Selain rasanya yang gurih nikmat, ternyata camilan bertekstur lembut ini juga ramah vegetarian.
Terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, dan santan, serabi juga cukup mengenyangkan, sehingga cocok disajikan saat sarapan. Agar lebih nikmat, serabi bisa diisi gula merah atau nangka. Atau disajikan bersama kuah gula yang manis dan gurih.
5. Gethuk
Gethuk Foto: Shuttestock
Gethuk menggunakan bahan utama singkong rebus pada proses pembuatannya. Jadi, dijamin aman dikonsumsi untuk kamu yang tidak menyantap produk makanan hewani. Teksturnya yang padat dan mengenyangkan juga cocok untuk menambah energi.
Untuk membuat camilan ini, singkong rebus akan digiling lalu dicampur gula, sedikit garam, dan penambah rasa. Kemudian dibentuk sesuai selera dan disajikan bersama taburan kelapa parut.
ADVERTISEMENT
6. Grontol jagung
Grontol jagung Foto: Shutterstock
Camilan berbahan jagung bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah, salah satunya grontol jagung. Kudapan dari jagung rebus yang disajikan bersama kelapa parut ini banyak dijumpai di Jawa Timur hingga sebagian Jawa Tengah.
Tambahan gula dan sedikit garam pada sajian ini membuat cita rasanya semakin gurih. Sangat nikmat disantap sebagai teman minum teh tawar hangat.
7. Asinan
Asinan jakarta. Foto: Toshiko/kumparan
Di tengah teriknya cuaca Jakarta, asinan bisa jadi camilan yang tepat untuk menyegarkan tenggorokan. Ada dua jenis asinan yang bisa dicoba, yaitu asinan sayur dan asinan buah.
Dua jenis asinan ini sama-sama terbuat dari sayur dan buah segar. Untuk asinan sayur, biasanya disajikan bersama bumbu kacang. Sedangkan asinan buah disiram kuah bercita rasa asam, manis, pedas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan