kumparan
22 Februari 2019 15:24

7 Hidangan Khas Korea yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Makanan khas Korea yang mudah dibuat (COVER)
Makanan khas Korea yang mudah dibuat. Foto: Instagram @mistyyoon & @itslizmiu
Hidangan khas Korea Selatan memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Apalagi setelah hallyu wave--gelombang budaya pop Korea--merambah Tanah Air, restoran yang menyajikan kuliner Negeri Gingseng semakin mudah saja dijumpai di berbagai kota.
ADVERTISEMENT
Namun, seringkali makanan di restoran khas hidangan Korea dibanderol dengan harga yang tak ramah di kantong. Sehingga tak bisa disantap sesering mungkin, apalagi saat dompet mulai menipis di akhir bulan.
Ingin menyantap hidangan khas Korea tapi tak mau boros? Negara yang terkenal akan boyband dan girlband ini juga punya beberapa hidangan yang mudah dibuat, lho. Bahkan bisa kita olah sendiri di rumah.
Berikut kumparanFOOD berikan tujuh rekomendasi makanan khas Korea yang bisa kita buat sendiri di rumah:
1. Kimchi
Kimchi
Kimchi Foto: Thinkstock
Layaknya sambal di Indonesia, kimchi merupakan menu pelengkap yang tak boleh ketinggalan dalam setiap santap makan. Rasa kimchi yang asam dan agak pedas diyakini bisa meningkatkan kelezatan suatu sajian.
ADVERTISEMENT
Di balik rasanya yang unik, kimchi termasuk hidangan khas Korea yang mudah dibuat. Caranya, rendam sawi dengan air garam kemudian lumuri sawi dengan adonan saus merah yang terbuat dari campuran gochujang atau pasta cabai, bawang putih dan jahe tumbuk, serta sedikit gula. Setelah itu simpan kimchi dengan wadah tertutup selama minimal 24 jam hingga tekstur sawi layu dan lebih basah saat disantap.
2. Kimchi bokkeumbap
Nasi goreng kimchi
Nasi goreng kimchi Foto: Pixabay
Selain disajikan segar sebagai pelengkap sajian, kimchi juga sering diolah menjadi berbagai macam hidangan tradisional Korea; salah satunya kimchi bokkeumbap atau lebih dikenal dengan nama nasi goreng kimchi.
Warna merah dari campuran gochujang dan kimchi menjadi salah satu ciri khas hidangan populer Korea ini. Cara membuatnya pun tak jauh berbeda dari nasi goreng pada umumnya, yakni dengan cara menumis nasi bersama pasta cabai, potongan kimchi, daun bawang, dan penyedap rasa.
ADVERTISEMENT
Agar lebih nikmat, nasi goreng kimchi juga bisa disajikan dengan tambahan telur ceplok atau lelehan keju mozzarella.
3. Pajeon
Pajeon (pancake daun bawang Korea)
Pajeon (pancake daun bawang Korea) Foto: Shutterstock
Bila umumnya pancake disajikan manis, saat berkunjung ke Korea, kamu bisa menemukan beberapa jenis pancake bercita rasa gurih. Salah satunya pajeon, yaitu pancake atau kue dadar berisi daun bawang.
Sesuai namanya, kudapan ini terbuat dari daun bawang yang dipotong menjadi dua lalu didadar dengan adonan tepung asin hingga matang. Biasanya pajeon disajikan bersama cocolan saus dari kecap asin ditambah cacahan cabai sebagai penambah rasanya.
4. Sigumchi namul
Sigumchi namul (salad bayam)
Sigumchi namul (salad bayam) Foto: Flickr/@cugroo
Kalau kamu sering berkunjung ke restoran autentik Korea, pasti sudah tak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Ya, selain kimchi, sigumchi namul atau salad bayam memang menjadi hidangan yang kerap disajikan sebagai banchan atau pelengkap makanan.
ADVERTISEMENT
Namun berbeda dari kimchi yang membutuhkan waktu untuk membuatnya, sigumchi namul sangat mudah dibuat bahkan di sela-sela kesibukan. Caranya, rebus bayam lalu campur dengan bawang putih halus, sedikit minyak wijen, dan kecap asin, lalu sajikan bersama taburan wijen sangrai.
Hidangan ini juga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk sajian diet nikmat, lho.
5. Gaeran mari
Gaeran mari (telur gulung Korea)
Gaeran mari (telur gulung Korea) Foto: Shutterstock
Bosan dengan sajian telur yang itu-itu saja? Olah saja telur di rumah menjadi hidangan khas Korea bernama gaeran mari ini.
Gaeran mari merupakan telur dadar khas Korea yang disajikan dengan cara digulung seperti omelete. Bedanya, gaeran mari biasanya juga dikombinasikan dengan cacahan sayur seperti daun bawang dan wortel. Campuran sayur ini membuat cita rasa dan tekstur gaeran mari semakin kaya dan pastinya menggugah selera.
ADVERTISEMENT
6. Kimchi jeon
kimchi jeon (pancake kimchi)
kimchi jeon (pancake kimchi) Foto: Flickr/Aida Mollenkamp
Selain pajeon, kimchi jeon juga termasuk ke dalam jenis pancake gurih yang populer di Korea. Sesuai namanya, pancake ini terbuat dari campuran adonan tepung gurih dan kimchi dari sawi.
Adonan tepung yang gurih dan kimchi yang asam menghasilkan cita rasa yang unik dengan tekstur renyah menyegarkan. Sebagai penambah rasa, biasanya kimchi jeon juga disajikan dengan saus cocolan dari kecap asin.
7. Kimbap
chamchi kimbap
chamchi kimbap Foto: Instagram @purebake_
Kimbap bisa dibilang sebagai hidangan Korea paling populer setelah kimchi dan ramyeon. Bagaimana tidak, kimbap seringkali muncul dalam adegan-adegan di drama populer Negeri Gingseng.
Sekilas, kimbap terlihat menyerupai sushi khas Jepang. Sama-sama terdiri dari nasi dan isian yang digulung padat, perbedaan kimbap dan sushi terletak pada isiannya.
ADVERTISEMENT
Kimbap memiliki isian yang lebih bervariasi, mulai dari bayam, timun, irisan wortel, telur, hingga ham atau sosis. Isian yang melimpah ini membuat kimbap cocok dihidangkan sebagai bekal yang sehat dan mengenyangkan.
Makanan di atas bisa banget jadi alternatif kamu untuk menikmati akhir pekan sambil bersantai dan menonton drama Korea. Mana nih, yang kira-kira pengin kamu buat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan