kumparan
19 Desember 2018 13:33

7 Jenis Makanan untuk Memperkuat Rambut

rambut sehat
rambut sehat (Foto: dok.Thinkstock)
Memiliki rambut yang sehat dan tebal tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Rambut yang terawat dengan baik dapat menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri.
ADVERTISEMENT
Berbagai cara tak segan dilakukan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Mulai dari rutin melakukan perawatan di salon, hingga menyantap makanan kaya gizi.
Ya, ternyata beberapa makanan memiliki kandungan yang ampuh merawat kesehatan rambut bila dikonsumsi secara rutin. Apa saja? Berikut kumparanFOOD berikan ulasan tujuh makanan untuk kesehatan rambut dilansir dari Food NDTV.
1. Telur ayam
Telur
Telur (Foto: Pexels)
Rambut merupakan bagian tubuh yang tersusun dari protein. Jadi agar kesehatan rambut tetap terjaga, tentu saja kita harus menyantap makanan yang tinggi protein. Salah satunya telur ayam.
Kadar protein yang mencapai 8 persen pada telur ayam dapat meningkatkan kekuatan rambut sehingg tak mudah patah atau rontok. Selain disantap sebagai menu makanan, telur juga bisa diaplikasikan sebagai masker alami yang lebih aman untuk rambut.
ADVERTISEMENT
2. Bayam
bayam
Bayam (Foto: Pixabay)
Bayam yang sering disajikan sebagai lauk makan sehari-hari ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan rambut. Kandungan zat besi di dalam bayam dapat mencegah rambut rapuh dan mudah patah.
Hal ini karena zat besi berperan mengangkut oksigen dan nutrisi ke akar rambut sehingga rambut lebih kuat dan sehat. Sebaliknya, kekurangan zat besi akan menyebabkan kerontokan serta terhambatnya pertumbuhan rambut baru.
3. Makanan tinggi vitamin C
Jus jeruk
Jus jeruk (Foto: Thinkstock)
Jeruk, jambu, paprika, dan makanan lain yang tinggi vitamin C juga sangat baik bagi kekuatan rambut. Vitamin C dibutuhkan untuk membantu memaksimalkan penyerapan zat besi ke seluruh tubuh, termasuk ke akar rambut. Konsumsi satu porsi makanan tinggai vitamin C setiap hari bisa merangsang pertumbuhan rambut.
ADVERTISEMENT
4. Kacang dan biji-bijian
Ilustrasi kacang almond
Bila ingin ASI perah Anda melimpah, coba konsumsi kacang almond (Foto: Shutterstock)
Ingin mendapatkan rambut yang lebih tebal dan bervolume? Menyantap kacang atau makanan dari biji-bijian bisa menjadi solusinya.
Kacang dan biji-bijian dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh, salah satunya Omega 3. Nah, asupan lemak tak jenuh yang cukup di dalam akar rambut akan membuat rambut lebih sehat dan lembut. Lemak tak jenuh juga akan memperbaiki kerusakan rambut, sehingga rambut tidak akan kering atau bercabang.
5. Gandum
Tepung gandum
Tepung gandum (Foto: Thinkstock)
Tak hanya untuk diet, konsumsi makanan berbahan dasar gandum secara teratur juga bisa menjadi solusi untuk memulihkan kerusakan rambut. Kandungan biotin di dalam gandum memiliki peranan penting untuk memproduksi protein yang sangat berguna bagi kesehatan rambut.
ADVERTISEMENT
Selain disajikan sebagai menu sarapan, gandum juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk rambut. Kamu bisa mencampurnya dengan plain yogurt yang juga dipercaya dapat mencegah penipisan rambut.
6. Wortel
Wortel.
Wortel. (Foto: Pexels)
Selama ini kandungan vitamin A pada wortel lebih sering dimanfaatkan untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga berfungsi mempercepat pertumbuhan jaringan rambut.
Tak hanya itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel akan membantu kulit kepala memproduksi minyak sebum alami. Minyak sebum ini akan menjaga kulit rambut tetap lembap, sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat.
7. Alpukat
Minyak alpukat
Minyak alpukat
Sama seperti kacang, alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang akan membuat rambut terasa lebih lembut. Bukan itu saja, alpukat dikenal sebagai sumber vitamin E, salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar minyak dan pH pada kulit rambut. Kadar minyak yang berlebih diketahui sebagai salah satu penyebab tersumbatnya folikel rambut sehinga pertumbuhannya terhambat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan