kumparan
22 Februari 2018 18:18

7 Makanan Khas Bali yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Bali. (Foto: Wikimedia Commons & Pixabay)
Saat berkunjung ke Bali, selain menikmati beragam destinasi wisata, berburu oleh-oleh adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Terdapat beragam oleh-oleh menarik yang bisa kamu pilih, mulai dari baju barong, sendal etnik, dan lulur khas Bali.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Bali juga menyediakan oleh-oleh makanan yang dapat memanjakan lidah. Salah satunya pie susu yang berupa pie renyah dengan isian vla susu manis yang lembut.
Selain pie susu, terdapat beberapa oleh-oleh makanan khas Bali yang bisa kamu pilih. Apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh oleh-oleh khas Bali:
1. Pie Susu
Loading Instagram...
Oleh-oleh khas Bali yang pertama adalah pie susu. Kue lembut berbentuk bulat pipih dengan isian vla susu manis ini merupakan salah satu buah tangan favorit para wisatawan.
Tak hanya disajikan dengan isian susu manis saja, saat ini telah banyak varian pie susu dengan berbagai topping lezat seperti keju, almond, kismis, hingga meses. Lezat!
ADVERTISEMENT
2. Pia Legong
Loading Instagram...
Selain pie susu, ada juga pia legong. Sekilas makanan ini tampak seperti bakpia di Jogja, namun pia legong khas Bali cenderung memiliki tekstur luar yang lebih lembut saat digigit. Untuk variannya, pia legong terdiri dari beragam jenis rasa, mulai dari keju, coklat, dan kacang hijau.
3. Kacang Bali
Loading Instagram...
Bali juga terkenal dengan aneka olahan kacang. Salah satu olahan kacang yang paling populer adalah kacang Bali. Tak seperti kacang pada umumnya, kacang Bali memiliki ukuran yang lebih besar dengan tekstur renyah yang lezat. Selain itu, rasanya juga sangat gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari.
4. Kopi Kintamani
Loading Instagram...
Buat penyuka kopi, Kopi Kintamani mungkin bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untukmu. Kopi khas Pulau Dewata ini memiliki cita rasa yang cukup unik, yaitu sedikit asam dan beraroma seperti jeruk. Karena keunikan tersebut, tak heran kalau Kopi Kintamani ini banyak diminati oleh para pelancong dari dalam maupun luar negeri.
ADVERTISEMENT
5. Kacang disco
Loading Instagram...
Selain digoreng atau disangrai, di Bali, kacang juga kerap diolah dengan aneka bahan. Salah satunya kacang disco. Kacang bercita rasa gurih nan lezat ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung yang telah dibumbui.
Kacang disco umumnya akan disantap langsung tanpa tambahan bumbu, namun jika kamu ingin mencoba rasa yang berbeda, tersedia pula varian rasa lain yang bisa kamu pilih, di antaranya rasa pedas, manis, barbeque, jagung, hingga keju.
6. Sambal matah
Loading Instagram...
Rekomendasi oleh oleh khas Bali berikutnya adalah sambal matah. Oleh-oleh yang terbuat dari rajangan cabai, bawang merah, serai dan daun jeruk ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga.
Sambal matah khas Bali umumnya dikemas dengan botol kaca atau plastik kedap udara, sehingga terjamin kualitasnya dan juga aman untuk dibawa pulang.
ADVERTISEMENT
7. Salak Bali
Loading Instagram...
Oleh-oleh terakhir adalah salak gula pasir. Buah salak memang cukup mudah ditemui dimana-mana, namun tak seperti jenis salak lainnya, salak asli Bali memiliki rasa yang sangat manis, lho.
Meski ukurannya kecil, salak Bali memiliki daging buah yang tebal dan renyah. Yang pasti akan membuat siapa saja merasa ketagihan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan