kumparan
20 Mei 2018 16:34

7 Makanan yang Dapat Membuat Badan Lemas

Ayam Goreng Tepung (Foto: Thinkstock)
Saat badan mulai terasa lemas, makan merupakan salah satu cara ampuh untuk mengembalikan energi, sehingga badan kembali segar dan bertenaga. Meski begitu, ternyata tidak semua jenis makanan memiliki manfaat untuk meningkatkan energi.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, ternyata ada makanan yang malah menyebabkan badan terasa lebih lemas, bahkan menimbulkan rasa ngantuk seusai menyantapnya. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan gula, garam, kafein, dan lemak yang menjadi salah satu penyebab utama terkurasnya energi di dalam tubuh.
Ingin tahu lebih banyak? Dilansir Food Network, berikut 7 makanan yang dapat menyebabkan badan terasa lemas bila dikonsumsi berlebihan:
1. Gorengan
Kesalahan saat memasak ayam goreng tepung (Foto: thinkstock)
Makanan yang diproses dengan cara digoreng secara deep-fry seperti kentang goreng, ayam goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya mengandung minyak cukup tinggi yang dapat menyebabkan badan terasa lebih lemas. Kandungan lemak jenuh pada minyak akan menyebabkan proses pencernaan bekerja lebih keras yang akan berdampak pada terkurasnya energi di dalam tubuh. Selain itu, asupan minyak terlalu banyak dapat menimbulkan rasa haus berlebihan.
ADVERTISEMENT
2. Kopi
Cara minum kopi yang lebih sehat. (Foto: Thinkstock)
Ternyata, kopi yang sering dimanfaatkan untuk mengusir rasa kantuk dapat menyebabkan badan lemas bila dikonsumsi berlebihan. Kopi yang tinggi kafein dapat menyebabkan timbulnya rasa gelisah serta pola tidur yang tak beraturan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas pada keesokan harinya.
3. Minuman berenergi
Ilustrasi minuman berenergi (Foto: Flickr/Nattu)
Seperti kopi, minuman berenergi juga mengandung kafein dalam kadar tinggi yang dapat menyebabkan detak jantung meningkat, rasa gelisah, dan terganggunya pola tidur. Selain itu, kandungan penambah rasa dan gula di dalam minuman berenergi juga akan menguras energi serta membuat badan mudah haus.
4. Makanan rendah kalori
Ilustrasi kedelai. (Foto: Thinkstock)
Meski dipercaya lebih sehat dan dapat menurunkan berat badan secara lebih signifikan, ternyata makanan rendah kalori seperti susu rendah lemak, ikan, dan biji-bijian dapat menyebabkan tubuh cepat lemas bila tidak dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Seperti yang telah diketahui, kalori dan lemak berfungsi untuk menghasilkan energi dan bila tubuh kekurangan kalori, maka rasa lemas dan lesu akan rentan datang.
ADVERTISEMENT
5. Alkohol
Alkohol (Foto: Thinkstock)
Sebuah penelitian dari Journal of Alcoholism: Clinical and Experimental Research menyatakan, bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan dehidrasi dan terganggunya pola istirahat. Kurang tidur akibat alkohol inilah yang akan menyebabkan rasa lelah berlebihan pada keesokan harinya.
6. Roti putih
Roti bakar pelangi (Foto: Resnu Dwi Andika/kumparan)
Dibandingkan roti gandum, roti putih mengandung gula lebih tinggi yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Kadar glukosa yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan badan terasa lemas dan mudah mengantuk. Selain itu, makanan manis juga akan menambah rasa haus meski mengkonsumsi air dalam jumlah banyak.
7. Daging kalkun
Daging kalkun panggang sajian khas Natal (Foto: Thinkstock)
Meski tak serta-merta membuat tubuh lemas, konsumsi daging kalkun yang kaya tryptophan akan menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari. Dengan konsumsi daging kalkun dalam jumlah banyak, kandungan tryptophan di dalamnya akan merangsang pembentukan melatonin, sehingga tubuh menjadi rileks dan mengantuk.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan