7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan

5 November 2021 15:29
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258506)
zoom-in-whitePerbesar
Bakso Kumis Blok S. Foto: Toshiko/kumparan
Rekomendasi kuliner paling pas saat musim hujan, ya yang berkuah-kuah, setuju? Terlebih makanan berkuah hangat nan gurih, sebut saja soto atau bakso. Sajian hangat nan lezat ini tak hanya memanjakan lidah tetapi juga membuat tubuh terasa lebih hangat.
ADVERTISEMENT
Terlebih, suwiran ayam pada soto begitu pas ketika dicampur dengan sayuran. Belum lagi olahan daging dari bakso yang kenyal bikin enggak berhenti ngunyah. Aduh ngebayanginnya saja sudah bikin ngiler.
Nah, jika kamu lagi pengin soto ataupun bakso untuk menghangatkan tubuh di musim hujan ini, berikut kumparanFOOD telah merangkum 7 restoran soto dan bakso enak yang bisa kamu cicipi:

1. Soto Betawi Bang Nawi

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258507)
zoom-in-whitePerbesar
Soto Betawi Daging-Sop Khas Betawi Bang Nawi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Rekomendasi pertama yang bisa kamu coba adalah soto betawi ala Bang Nawi. Soto ini merupakan jenis yang menggunakan kuah susu, sehingga menghasilkan rasa creamy dan gurih. Dengan harga Rp 20-35 ribu per porsi, kamu bisa menikmati soto dengan berbagai pilihan isi; seperti paru, kaki, daging, babat, iso, iga sapi, buntut, sumsum, dan oseng-oseng daging.
ADVERTISEMENT
Kamu juga dapat menikmati osengan ayam atau oseng-oseng campur sesuai dengan selera. Soto betawi ini juga sudah punya beberapa cabang, lho; yakni di Sunter, Tanjung Duren, Kelapa Gading, Serpong, hingga Bekasi.

2. Soto Kudus Blok M

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258508)
zoom-in-whitePerbesar
Soto Kudus Blok M Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sudah bukan rahasia kalau soto kudus satu ini punya cita rasa segar, hangat, dan menggugah selera.Sajian soto di tempat ini begitu lengkap, yakni berisi taoge, irisan kucai, ayam suwir, dan bawang putih goreng yang membuatnya sedikit berbeda dengan sajian soto lain, bikin rasa kuahnya makin gurih!
Eits, tidak hanya itu, di tempat makan ini juga tersedia pilihan lauk pendamping. Seperti perkedel kentang, tempe goreng, tempe atau tahu bacem, perkedel jagung, otak sapi goreng, dan masih banyak lagi. Tidak lupa, aneka sate-satean seperti sate telur puyuh, kerang, dan jeroan ayam juga dapat dipilih sambil menemani makan soto. Untuk kamu si pencinta pedas, jangan lupa tambahkan sambal ijo dan sambal kecap, dijamin lebih nikmat!
ADVERTISEMENT

3. Soto Padang H. St. Mangkuto

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258509)
zoom-in-whitePerbesar
Soto Padang H.St. Mangkuto Foto: Safira Maharani/ kumparan
Rekomendasi soto enak di Jakarta selanjutnya, ada Soto Padang H. St. Mangkuto. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1966, lho. Soal rasa, soto padang yang memiliki kuah kecokelatan ini terasa ringan dengan dominasi rasa gurih dan rempah yang cukup kuat.
Soto ini dilengkapi potongan daging dengan tekstur krispi. Jika kurang, maka kamu dapat meminta tambahan paru goreng gurih nan garing. Satu porsi soto padang dihidangkan dalam mangkuk kecil, paling cocok dinikmati saat musim hujan. Rempahnya yang kuat membuat seporsi soto Rp 38 ribu itu dapat menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan diri.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

4. Soto Mie Kang Tomie

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258510)
zoom-in-whitePerbesar
Soto Mie Kang Tomie. Foto: Prabarini Kartika/kumparan
Buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta Selatan khususnya Fatmawati, bisa banget nih mampir ke sini. Kamu dapat mencoba Soto Mie Kang Tomie, salah satu rumah makan yang masuk dalam deretan MRT food guide wajib coba.
ADVERTISEMENT
Sajian soto mi khas Bogor ala Kang Tomie ini berisi mi kuning, potongan tomat, risol, dan jeroan. Isian tersebut kemudian disiram kuah soto yang gurih dan hangat. Lalu kamu bisa menambahkan sedikit sambal merah dan perasaan jeruk agar semakin sedap.
Satu porsi soto mi ini terbilang cukup murah, lho. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15 ribu. Menariknya, risol kripsi ala Kang Tomie ini juga jadi andalan, bahkan banyak pengunjung yang menambah risol secara terpisah sembari menikmati hidangan soto.

5. Bakso 2 Nyonya

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258511)
zoom-in-whitePerbesar
Bakso tulang sumsum - 2 Nyonya Foto: Toshiko/Kumparan
Ya, beralih ke bakso. Jika kamu suka makan bakso berpadu tulang sumsum, maka kamu bisa coba Bakso 2 Nyonya di Tanjung Duren. Tampilan seporsi bakso ini sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak? Kamu akan disuguhi dua buah tulang sumsum yang cukup besar.
ADVERTISEMENT
Akan semakin nikmat ketika kamu menyeruput sumsumnya menggunakan sedotan. Sumsum tebal ketika di sendok bersama kuah bakso asam-pedas bakal membuat sensasi semakin gurih. Apalagi, disajikan dengan ragam varian bakso nan kenyal. Selain itu, ada juga pilihan isi mozzarella sampai ekstra pedas. Wah, jadi bikin ngiler!

6. Bakso Gondrong Tebet

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258512)
zoom-in-whitePerbesar
Bakso Gondrong Tebet Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Salah satu bakso legendaris di daerah Tebet adalah Bakso Gondrong. Menariknya, pada sajian bakso yang mereka buat sama sekali tidak menggunakan MSG dalam adonannya, lho. Baksonya juga sangat lembut ketika masuk mulut.
Menjadi berbeda dengan bakso lain karena Bakso Gondrong memiliki kuah yang gurih dengan harum bawang putih nan khas. Tak ketinggalan, dalam satu porsi baksonya juga dilengkapi dengan tahu goreng. Soal harga, untuk bisa menikmati seporsi bakso komplit, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 18 ribu; sudah dapat bakso telur dan bakso urat, lho.
ADVERTISEMENT

7. Bakso Kumis Blok S

7 Rekomendasi Resto yang Sajikan Makanan Berkuah Hangat buat Santapan Kala Hujan (258513)
zoom-in-whitePerbesar
Seporsi ada tiga bakso, namun dua cukup mengenyangkan. Foto: Toshiko/kumparan
Rekomendasi bakso enak yang terakhir adalah Bakso Kumis Blok S. Sesuai dengan namanya, bakso ini berlokasi di lapangan Blok S, Senopati. Bakso ini juga telah dikenal karena bentuknya yang unik; yakni sebesar bola tenis.
Mereka juga menyediakan dua pilihan bakso yang bisa kamu coba, yaitu bakso halus atau urat. Untuk bakso halus, memiliki warna kemerahan khas daging segar. Sedangkan, bakso urat memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar, sehingga enggak alot namun tetap gurih. Kuahnya yang gurih dan harum bawang putih serta seledri segar juga menambah sensasi. Makanan yang pas sangat pas disantap kala musim hujan, bukan?
Reporter: Destihara Suci Milenia
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020