Food & Travel7 Maret 2018 9:09

7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Konten Redaksi kumparan
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374002)
Rempah-rempah. (Foto: Pixabay)
Bobot tubuh ideal dengan bentuk tubuh bak model tentu menjadi dambaan setiap orang terutama para wanita. Beragam cara pun rela ditempuh untuk mendapatkan bentuk badan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Melakukan bermacam-macam diet, mengatur pola makan, hingga menghindari makanan berlemak merupakan beberapa cara yang sering dilakukan. Selain itu, mengkonsumsi rempah-rempah ternyata cukup efektif untuk menurunkan bobot tubuh berlebih.
Beberapa kandungan yang terdapat di dalam rempah-rempah dipercaya dapat membantu melancarkan sistem metabolisme serta mempercepat pembakaran lemak menjadi energi. Dilansir Daily Mail, satu sendok teh merica dapat membakar lemak setara dengan olahraga lari selama 20 menit, lho.
Dengan cara diseduh atau dikombinasikan dengan beragam makanan kaya nutrisi, program diet pasti akan berjalan lebih maksimal. Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh rempah yang membantu proses penurunan berat badan:
1. Gingseng
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374003)
Ginseng (Foto: Wikimedia Commons)
Gingseng sering dikombinasikan ke dalam aneka sajian khas China dan Korea karena sifatnya yang dapat menghangatkan tubuh serta menghasilkan lebih banyak energi dengan cara mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, sifat adaptogen yang ada pada gingseng dapat meredakan stres, sehingga proses metabolisme menjadi lancar.
ADVERTISEMENT
Perasaan stres dan tertekan inilah yang membuat nafsu makan tidak menentu sehingga lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Dengan konsumsi air rebusan gingseng secara teratur, perasaan atau mood menjadi lebih tenang sehingga nafsu makan dapat dikontrol.
2. Kayu manis
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374004)
Kayu Manis (Foto: Thinkstock)
Selain membuat aroma masakan dan kue menjadi lebih harum, kandungan cinnamaldehyde kayu manis dapat diolah menjadi ramuan peluruh lemak yang efektif. Kayu manis dapat meningkatkan produksi sel pada tubuh yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme.
Selain melangsingkan tubuh, konsumsi kayu manis secara teratur dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan insulin sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 dapat dihindari.
3. Merica
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374005)
Bumbu dapur merica (Foto: stylecraze.com)
Menghasilkan rasa pedas dan hangat di badan, mengkonsumsi merica dipercaya dapat membuat proses penurunan badan berjalan lebih efektif. Merica memiliki kandungan berupa piperine yang efeknya sama dengan capsaicin pada cabai.
ADVERTISEMENT
Menyantap merica akan membuat lemak terpecah dan berubah menjadi energi. Bahkan, mengkonsumsi satu sendok teh merica akan membakar kalori setara dengan olahraga selama 20 menit.
4. Jahe
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374006)
Jahe mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh (Foto: Pixabay)
Jahe memiliki sifat seperti kayu manis yang dapat mengontrol gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, rasa hangat yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jahe dapat mempercepat proses peluruhan lemak sehingga bobot tubuh pun lebih terjaga.
5. Kunyit
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374007)
Ilustrasi kunyit (Foto: Thinkstock)
Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya dapat mempercepat pembakaran lemak menjadi energi serta mencegah lemak jahat datang kembali. Konsumsi bubuk kunyit juga dapat menjadi solusi untuk kamu yang gampang lapar. Konsumsi air rebusan kunyit akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan dapat lebih terkontrol.
ADVERTISEMENT
6. Jinten
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374008)
Jinten (Foto: Thinkstock)
Saat menjalani program diet, konsumsi jinten secara teratur dapat membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi jinten yang dicampur dengan plain yoghurt setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan tiga kali lebih cepat dibandingkan konsumsi yoghurt tanpa tambahan rempah jinten.
7. Kapulaga
7 Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan (374009)
Kapulaga (Foto: Thinkstock)
Kapulaga selama ini dikenal sebagai rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Selain melancarkan proses detoksifikasi tubuh, konsumsi jinten secara teratur dapat mengontrol kadar lemak dalam tubuh serta mengurangi menurunkan kolesterol. Hal ini karena adanya zat fitosterol pada jinten yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white