Ilustrasi diet
6 April 2020 10:49

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47884)
Ilustrasi diet Foto: Thinkstock
Ketika #dirumahaja, kita cenderung lebih banyak ngemil, makan pun jadi tak terkendali. Akibatnya, diet yang sudah mati-matian dijalani sebelumnya terancam gagal. Padahal, momen #dirumahaja justru bisa jadi saat yang tepat untuk mereset metabolisme, dan memaksimalkan usaha menurunkan berat badan kita, lho.
ADVERTISEMENT
Dengan penjadwalan makan yang teratur serta pemilihan menu yang tepat, diet akan tetap lancar selama #dirumahaja. Kesehatan tubuh pun senantiasa terjaga.
Nah, berikut telah kumparan rangkum, tujuh tips yang bisa kamu lakukan supaya diet tetap lancar selama #dirumahaja:

1. Makan malam lebih awal

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47885)
Ilustrasi rencana menu diet Foto: dok.shutterstock
Berada #dirumahaja tentu membuat kita bisa lebih leluasa mengatur waktu makan. Nah, usahakan untuk selalu makan sebelum pukul 7-8 malam, supaya ada jeda waktu antara jam makan dan jam tidur.
Dengan begitu, tubuh kita bisa mencerna asupan makanan lebih baik. Pencernaan yang baik adalah kunci manajemen berat badan yang sehat.

2. Terapkan pola makan seimbang

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47886)
Ilustrasi diet mediterania Foto: Pixabay
Pastikan untuk memasukkan berbagai makronutrisi dan mikronutrisi penting dalam pola makan sehari-hari. Dilansir Food NDTV, karbohidrat, lemak, dan protein yang berkualitas baik sangat penting untuk menjaga kita tetap sehat dan kuat. Jangan mengurangi nutrisi dari pola makanmu tanpa mengetahui dampaknya.
ADVERTISEMENT

3. Bagi makanan besar jadi porsi kecil

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47887)
Ilustrasi diet Foto: Shutter Stock
Untuk mengatur porsi makanmu supaya tak kalap, bagi menu makanan besar menjadi lebih kecil. Gunakan piring berukuran kecil untuk menyantapnya, supaya terlihat lebih banyak. Cara ini bisa membantu kita memperhatikan asupan kalori, dan baik bagi metabolisme tubuh.

4. Tetap terhidrasi

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47888)
Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan urine berwarna bening. Foto: Thinkstock
Tahukah kamu, terkadang, kita salah mengartikan sinyal haus dari tubuh dan mengiranya sebagai rasa lapar. Untuk itu, selalu penuhi asupan cairan dengan cara minum teratur. Minum air juga bisa mencegahmu ngemil makanan yang tak sehat, baik bagi pencernaan, kesehatan ginjal, serta kulit.

5. Konsumsi buah dan sayuran secara rutin

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47889)
com-Buah dan sayuran. Foto: Shutterstock
Kalau sebelumnya asupan buah-buahan dan sayuranmu masih minim, kini saatnya untuk meningkatkan konsumsinya. Buat kebiasaan untuk mengonsumsi 2-3 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Tak hanya mengandung antioksidan, buah dan sayuran juga kaya akan serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT

6. Ngemil kacang-kacangan

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47890)
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
Biji-bijian dan kacang-kacangan bisa jadi pilihan sehat saat ingin ngemil. Keduanya sangat kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Pilihlah kacang almond, kenari, flaxseeds, chia seeds, serta pumpkin seeds yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

7. Santap menu sarapan bergizi

7 Tips Supaya Diet Tetap Lancar Selama #dirumahaja (47891)
Menu sarapan terdiri dari karbohidrat kompleks Foto: Thinkstock
Selama #dirumahaja, pastinya kita punya lebih banyak waktu untuk menikmati pagi, khususnya untuk sarapan. Pilihlah menu sarapan yang kaya protein, sehingga bisa membuat kenyang sampai makan siang tiba. Dengan begitu, kita tak akan kebanyakan ngemil di sela-sela waktu luang. Menu sarapan yang bergizi juga sangat baik untuk metabolisme tubuh.
Jadi, meski #dirumahaja, diet bisa tetap berjalan lancar, tubuh pun tetap sehat.