kumparan
12 Februari 2019 13:35

8 Makanan Khas Medan yang Harus Kamu Buru di Sana

Ilustrasi durian medan. Foto: limakaki.com
Bicara soal kuliner Indonesia, tidak ada salahnya kamu melirik Medan sebagai destinasi berikutnya. Medan punya banyak makanan khas yang nikmat dan menggoda.
ADVERTISEMENT
Bila kamu punya agenda ke Medan, berikut ini kumparanFOOD siapkan rekomendasi makanan khas Medan yang harus diburu. Apa saja? Yuk, simak lebih lanjut:

1. Lontong medan

Loading Instagram...
Rugi bila ke sana tanpa menikmati lontong medan. Beda makanan ini dengan lontong sayur lainnya adalah penggunaan sambal teri kacang, tauco, mi, bumbu kacang, kuah sayur, serta kerupuk merah putih. Kadang, beberapa penjual juga menjadikan telur dan perkedel sebagai pelengkap.

2. Babi panggang karo

Loading Instagram...
Untuk kamu yang mengkonsumsi daging babi, tidak ada salahnya berkunjung ke Dataran Tinggi Karo atau Tanah Karo untuk mencicipi santapan babi panggang di berbagai depot atau rumah makan. Salah satu restoran yang terkenal dengan kenikmatan babi panggang-nya adalah di Gerai Tesalonika.
ADVERTISEMENT

3. Popiah

Loading Instagram...
Mungkin banyak yang belum tahu soal sajian ini. Popiah merupakan camilan yang terdiri dari kulit popiah diisi dengan selada, wortel, lobak putih, bawang goreng, daging chasio, dan juga sedikit daging kepiting. Kemudian, sajian ini dipoles saus berwarna merah dan digulung. Popiah punya dua versi; digoreng dan dikukus.

4. Ta kua he ci

Loading Instagram...
Jika dilihat dari namanya, makanan yang satu ini pasti dikira berasal dari negeri Tirai Bambu. Padahal, tau kua hechi ini merupakan penganan asli dari Medan, lho. ‘Ta kua’ sendiri berarti tahu kuning padat, sementara ‘he ci’ artinya rempeyek udang.
Sesuai dengan namanya, makanan khas Medan ini merupakan sayuran yang diberi tambahan daging kepiting atau cumi. Kemudian, disiram oleh saus berwarna merah kental dan rempeyek udang dipakai sebagai hiasannya.
ADVERTISEMENT

5. Martabak piring

Loading Instagram...
Siapa yang tak suka martabak? Bedanya, martabak piring khas Medan dipanggang dengan menggunakan piring kaleng di atas tungku yang telah diisi dengan arang dari bara api. Tersedia beragam rasa mulai dari cokelat hingga keju susu.

6. Mi balap

Loading Instagram...
Mi balap merupakan salah satu menu sarapan yang terkenal di Medan. Bihun atau kwetiau digunakan sebagai bahan utamanya, kemudian diberikan pelengkap seperti bakso ikan, sayuran, telur, sawi dan sebagainya. Yang membuat mi balap berbeda adalah saus cabai yang disiram diatasnya. Nikmat!

7. Kari bihun medan

Loading Instagram...
Makanan khas lain yang wajib kamu coba di Medan adalah kari bihun medan. Kari ini punya rasa rempah yang nikmat karena menggunakan kayu manis, cengkih, kapulaga, pekak (bunga lawang), daun kari, dan lainnya. Biasanya kari bihun medan ini menggunakan ayam sehingga rasanya makin mantap.
ADVERTISEMENT

8. Durian medan

Loading Instagram...
Sedari dulu, durian medan sangat terkenal dengan kualitas dan kenikmatan rasanya yang luar biasa manis dengan sedikit rasa pahit yang menggoda. Pastikan, kamu siapkan uang lebih untuk mencicipi durian medan dari tanah asalnya.
Nah, itu dia delapan makanan khas Medan yang harus dicicipi kamu berlibur ke sana. Sebenarnya, wisata kuliner di Medan tidak mahal, kok! Jadi, kamu tidak akan merogoh kocek terlalu dalam walau perut sudah kenyang sempurna.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan