Food & Travel
·
28 Maret 2018 16:04

9 Jajanan Kaki Lima yang Banyak Ditemukan di New Delhi, India

Konten ini diproduksi oleh kumparan
9 Jajanan Kaki Lima yang Banyak Ditemukan di New Delhi, India (803539)
searchPerbesar
Jajanan khas Delhi, India. (Foto: Instagram @canonguyy & @nishakitchenmagic)
New Delhi tampaknya menjadi salah satu wilayah yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke India. Berbagai atraksi wisata yang ditawarkan oleh ibu kota India ini menjadi salah satu daya tariknya.
ADVERTISEMENT
Selain ramai dikunjungi karena tempat wisatanya, rupanya banyak pelancong yang tertarik untuk mencoba street food khas New Delhi yang tersohor kelezatannya. Dengan cita rasa autentik khas Negeri Bollywood, siapa pun tentu penasaran dengan jajanan kaki lima yang banyak ditemukan di kota satu ini.
Lantas makanan apa saja yang dapat kamu nikmati di New Delhi? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum 9 jajanan khas ibu kota India yang bisa kamu temui seperti dilansir Hungry Forever:
1. Kesar Kulfi
Jajanan khas Delhi yang pertama adalah kesar kulfi. Kesar kulfi adalah es krim khas India yang dibuat dari campuran susu, bubuk almond, kacang pistachio, dan saffron yang dibentuk segitiga memanjang lalu dibekukan di dalam freezer. Di negara asalnya, kesar kulfi biasa disantap sebagai camilan siang atau sore hari.
ADVERTISEMENT
2. Paratha
Memiliki tampilan yang sangat mirip dengan naan, paratha menjadi salah satu jajanan favorit warga New Delhi. Dalam penyajiannya, paratha yang telah dipanggang dalam tungku api akan disajikan dengan cocolan kuah kari sayuran atau daging. Namun tak jarang, warga setempat mengkreasikan paratha dengan topping manis seperti madu atau sirup.
3. Jalebi
Jalebi merupakan jajanan populer India yang memiliki cita rasa manis. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu encer lalu digoreng berbentuk melingkar. Setelah digoreng, jalebi akan direndam dalam sirup gula hingga mengkristal. Jalebi akan semakin nikmat bila disajikan bersama dengan susu atau teh.
4. Paani Puri
Paani Puri atau dikenal juga dengan Gol Gappa merupakan jajanan berbentuk bulat yang dibuat dari tepung terigu. Paani puri memiliki lubang kecil pada bagian tengah yang diisi dengan rajangan kentang, bawang dan sayuran. Umumnya, paani puri akan disajikan bersama dengan saus cabai atau kuah kari.
ADVERTISEMENT
5. Bhel puri
Bhel puri adalah jajanan favorit masyarakat India yang sangat populer. Testurnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat jajanan ini kerap dijadikan sebagai camilan. Bhel puri terbuat dari beras sangrai, kacang, kentang bawang bombay dan tomat yang disajikan bersama dengan bumbu asam gurih.
6. Akki Rotti
Akki Rotti merupakan jajanan roti pedas yang dibuat dari tepung beras, kelapa, bawang bombay, wortel, jinten dan biji wijen yang kemudian dipanggang di atas wajan panas. Selain disantap langsung, tak jarang warga setempat menambahkan sambal pedas atau kuah kari ke dalam sajian ini.
7. Aloo Tikki
Jajanan satu ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalanan New Delhi. Aloo Tikki terbuat dari kentang rebus yang disajikan bersama dengan campuran bumbu pedas dan saus cabai. Meski terbilang sederhana, namun sederet rempah yang ditaburkan pada aloo tikki menghasilkan cita rasa pedas gurih yang melebur di lidah.
ADVERTISEMENT
8. Bedmi Poori
Bedmi poori sekilas nampak seperti pempek di Indonesia.
Terbuat dari campuran tepung gandum, sagu, dan aneka rempah khas India, menghasilkan cita rasa gurih yang lezat. Dalam penyajiannya, bedmi poori akan ditemani dengan kuah kari sayuran atau daging.
9. Gulab jamun
Selain dikenal dengan hidangan pedasnya, India juga memiliki sederet kudapan manis yang memanjakan lidah, salah satunya gulab jamun. Gulab jamun terbuat dari adonan susu yang dikeringkan lalu dibentuk bulat. Untuk memperkaya rasa, sirup gula kerap ditambahkan pada sajian ini.