kumparan
16 September 2019 18:04

Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong

Ilustrasi minum kopi di pagi hari Foto: Shutter Stock/
Kopi dianggap sebagai minuman yang mampu meningkatkan energi seketika. Tak heran, banyak orang yang menyesapnya untuk menghalau kantuk. Bahkan beberapa orang kerap memulai paginya dengan secangkir kopi, menjadikannya sebagai menu sarapan.
ADVERTISEMENT
Namun, alih-alih mendapatkan manfaat kesehatannya, minum kopi saat perut masih kosong justru dapat memicu berbagai masalah pada tubuh. Tak cuma menimbulkan masalah di sistem pencernaan, efeknya juga bisa merembet hingga ke sistem tubuh lainnya.
Lantas, apa saja dampak negatif yang terjadi bila kita minum kopi dengan perut kosong? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:
1. Asam lambung meningkat
Ilustrasi kopi. Foto: Shutter Stock
Menyesap secangkir kopi sebelum makan akan membuat perut memproduksi asam lambung dalam jumlah berlebih. Setelahnya, tubuh secara bertahap akan mengurangi produksi asam lambung, sehingga menyebabkan pencernaan makanan jadi lebih lambat.
Bahkan, dalam kasus yang parah, ia bisa menimbulkan munculnya rasa terbakar di dada, sindrom iritasi usus besar, serta maag. Penyebabnya bukan semata-mata kandungan kafein dalam kopi, tapi juga dipicu komponen lainnya seperti asam, enzim, dan kadar minyak.
ADVERTISEMENT
2. Kekurangan nutrisi
Ilustrasi kopi. Foto: Pixabay
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dari Universitas Yokohama menemukan bahwa kopi dapat menyebabkan pengosongan lambung. Minuman ini akan membuat makanan lebih cepat keluar dari sistem pencernaan.
Ketika makanan tak berada di pencernaan pada waktu yang semestinya, vitamin dan mineral di dalamnya tak akan terserap dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan defisiensi nutrisi.
Penyebabnya, kopi dapat mempercepat proses pengeluaran cairan dari tubuh, membuat kita jadi sering pipis. Nah, hal itu akan membuat ginjal tak punya cukup waktu untuk menyerap kalsium, magnesium, seng, dan mineral penting lainnya.
Kekurangan magnesium sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan negatif, meliputi gangguan kecemasan dan depresi, asma, hingga tekanan darah tinggi.
3. Memicu gangguan kecemasan dan depresi
Ilustrasi kopi Foto: Shutter Stock
Kopi mungkin akan memberikan lonjakan energi dalam waktu cepat, namun menyesapnya saat perut masih kosong justru akan membuat kita jadi stres. Pasalnya, kopi bisa meningkatkan hormon penyebab stres seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin.
ADVERTISEMENT
Konsumsi kopi saat perut kosong juga akan mengganggu produksi serotonin, sistem syaraf yang membuat kita tenang. Selain itu, kopi juga mempercepat sekresi vitamin B dan mengganggu penyerapan nutrisi lain yang tersisa.
Vitamin B ini sangat penting untuk mengatur suasana hati, relaksasi, dan manajemen stres. Nah, supaya manfaat dari kopi bisa terserap tubuh dengan maksimal, sebaiknya isi dulu perutmu dengan kudapan atau makanan berat, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan