kumparan
11 November 2019 10:54

Bakso Plus Rusuk Sapi Empuk di Dekat Taman Makam Pahlawan Kalibata

Menu Bakso Rusuk Sunangiri, Kalibata Foto: Azalia Amadea/kumparan
Menikmati semangkuk bakso kenyal dengan tekstur daging yang masih teras di lidah, ditambah siraman kuah gurih nan hangat, membuat makanan menyegarkan ini jadi andalan ketika lapar menyerang. Apalagi menikmatinya saat hujan atau udara sedang dingin, hmm mantap!
ADVERTISEMENT
Enggak heran kalau restoran bakso jumlahnya sangat banyak. Mulai dari pikulan, gerobakan, hingga restoran ber-AC punya menu bakso nikmat. Sama seperti Bakso Rusuk Sunan Giri yang berada tepat di seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata ini. Lokasinya tak jauh dari tikungan lampu merah Kalibata, persis di sebelah kiri jalan.
Buka pada 24 Mei 2019 lalu, restoran ini punya menu bakso khusus yang dilengkapi daging rusuk sapi atau iga sebutannya. Belum lagi varian baksonya juga cukup banyak; mulai dari yang isi daging cincang, rawit merah, urat, dan telur.
Terbawa penasaran, kumparan pun mencoba beberapa sajian andalan restoran yang sudah punya sebelas cabang ini. Kami memesan dua menu, yakni bakso mercon + rusuk dan mie ayam polos. Sengaja kami pilih satu menu bakso dan mi, karena konon katanya mi di sini juga enak.
Menu Bakso Rusuk Sunangiri, Kalibata Foto: Azalia Amadea/kumparan
Begitu datang, kami memang langsung tergiur dengan mi ayamnya terlebih dahulu, maka kami mulai mencicipinya. Mi seharga Rp 22.500 ini dilengkapi suwiran daging ayam cokelat dan sawi rebus. Polos sepolos tampilannya.
ADVERTISEMENT
Tapi begitu dicicipi, kami terkesan dengan kenyalnya mi yang terasa pas di lidah --tak lembek, tapi juga tak keras. Minya gurih, lalu disambut manisnya daging ayam kecokelatan jadi terasa umami di lidah.
Tak lama, tergigit sawi rebus yang melengkapi dengan kerenyahan serta kesegarannya. Bikin ingin memakannya lagi dan lagi.
Mie ayam polos ala Bakso Rusuk Sunangiri, Kalibata Foto: Azalia Amadea/kumparan
Eits, sekejap kami pun ingat bahwa masih punya semangkuk bakso. Kuahnya masih berasap, dengan butiran bakso jumbo yang mendominasi mangkuknya.
Sesuai sebutannya yaitu bakso mercon, bakso ini punya cita rasa pedas menggigit yang pelan-pelan menguasai lidah. Tekstur dagingnya juga masih terasa dengan kekenyalan yang pas.
Tak sendiri, ada juga dua bakso kecil halus yang empuk. Semakin meriah karena menu ini dilengkai tiga buah rusuk atau iga sapi. Daging iganya empuk dan mudah lepas dari tulangnya. Dagingnya yang gurih melengkapi nikmatnya semangkuk bakso yang dihargai Rp 62 ribu ini.
Bakso Rusuk Sunan Giri, Kalibata Foto: Azalia Amadea/kumparan
Selain itu, seporsi bakso ini juga diisi dengan bihun, mi kuning, sawi rebus, serta taburan bawang goreng. Agar semakin mantap, kami menikmatinya dengan menambahkan lagi sedikit sambal. Huuh haah... pedas, gurih, hangat, dan segar nikmat!
ADVERTISEMENT
Buat kamu yang mengaku suka bakso dengan kuah gurih nan segarnya, enggak ada salahnya untuk mencoba Bakso Rusuk Sunan Giri ini. Selain di Kalibata, tempat makan ini juga punya cabang; di Tebet, Pejaten, Setiabudi, Bangka, Cempaka Putih, Pluit, Yasmin, Rawamangun, Kelapa Gading, dan Gadog.
Bakso Rusuk Sunan Giri
Alamat: Jl. Raya Kalibata, RT.6/RW.7, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740.
Jam buka: 10.00 - 23.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan