Bisnis
·
9 Juli 2021 9:05
·
waktu baca 2 menit

Buka Bisnis F&B dari Rumah, Ini 7 Peralatan yang Harus Kamu Punya!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Buka Bisnis F&B dari Rumah, Ini 7 Peralatan yang Harus Kamu Punya! (201585)
searchPerbesar
Ilustrasi membuka bisnis F&B di rumah. Foto: Shutterstock
Membangun bisnis food and beverage (F&B) saat ini memang memiliki pasar luas. Selain banyak variasi kuliner yang bisa diciptakan, bisnis ini bisa dijalankan dari rumah. Sehingga, modal untuk menyewa toko bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.
Sebelum mengembangkan bisnis F&B dari rumah, pastikan kamu sudah menganalisis kompetitor terdekat. Pilih jenis makanan yang belum ada di kawasan rumahmu.
Selain itu, gunakan media sosial sebagai media promosi. Berikan tester kepada keluarga dan teman-teman dekat, lalu minta mereka untuk menilai makanan atau minuman yang akan dijual.
Setelah strategi marketing siap, jangan lupa melengkapi peralatan dapur sebagai langkah selanjutnya untuk memulai usaha kuliner. Berikut daftarnya!

1. Pengemas makanan atau vacuum packager

Bila kamu memutuskan untuk membangun usaha frozen food atau catering, vacuum packager dapat menjaga kualitas makanan agar tetap awet. Cara kerjanya dengan mengeluarkan udara di dalam kemasan sehingga produk bisa tertutup rapat.
Saat menggunakan vacuum packager, usahakan bahan makanan dikemas dalam plastik berbahan nilon yang lentur dan kedap udara.

2. Juicer

Mau bisnis minuman sehat? Pastikan kamu memiliki juicer di dapur.
Berbeda dengan blender, buah dan sayur yang dihaluskan menggunakan juicer mempunyai tekstur yang lebih encer. Sehingga, kamu tak perlu repot menyaring sari-sari bahan makanan yang masih kasar.
Buka Bisnis F&B dari Rumah, Ini 7 Peralatan yang Harus Kamu Punya! (201586)
searchPerbesar
Ilustrasi juicer. Foto: Shutterstock
Tinggal tuang hasil buah dan sayur tersebut ke dalam botol kemasan, tempelkan stiker, dan minuman sehat siap untuk dijual.

3. Grinder

Grinder merupakan pengaduk dan pengolah makanan, biasanya digunakan untuk membuat kue atau makanan olahan. Saat memilih grinder, usahakan alat tersebut bisa menghasilkan tekstur bahan makanan dengan konsistensi yang pas.

4. Teflon anti lengket

Daripada membeli banyak wajan dengan berbagai ukuran, kamu dapat memilih teflon anti lengket untuk perlengkapan masak. Hanya dengan satu alat, proses memasak dengan metode apapun bisa dilakukan.
Selain itu, teflon juga menghantarkan panas yang lebih merata tanpa memerlukan banyak minyak. Dengan fitur ini, biaya operasional memasak bisa lebih ditekan.

5. Oven

Pilih oven listrik agar makanan matang dengan sempurna. Sebelum membelinya, cek kelebihan dan kekurangan setiap brand. Misal, sesuaikan kapasitas listrik oven dengan daya listrik yang ada di rumah.
Buka Bisnis F&B dari Rumah, Ini 7 Peralatan yang Harus Kamu Punya! (201587)
searchPerbesar
Ilustrasi oven listrik. Foto: Shutterstock
Selain itu, untuk menghemat pengeluaran, pilih oven dengan berbagai fitur yang bisa menunjang bisnis kamu. Oven multifungsi biasanya mampu memanggang dan mematangkan makanan secara merata dengan cepat.

6. Kompor

Tidak ada salahnya membeli kompor dengan kualitas terbaik. Alat yang satu ini menjadi 'senjata utama' saat memulai bisnis makanan.
Carilah kompor dengan material yang lebih kuat dan kokoh, sehingga penggunaannya pun bisa lebih awet.

7. Blender

Sama seperti peralatan masak lainnya, pastikan kamu memilih blender sesuai kebutuhan. Sebab setiap tabung blender mempunyai kapasitas berbeda-beda, biasanya berukuran 1 hingga 4 liter.
Selain itu, pilih blender yang berpisau stainless steel. Pisau ini cenderung antikarat dan tidak mudah tumpul, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
Beli peralatan bisnis F&B di Lazada
Agar modal untuk kebutuhan operasional tidak terlalu besar, sebaiknya kamu membeli peralatan masak untuk usaha kuliner saat sedang diskon. Kabar baiknya, kini Lazada tengah mengadakan Lazada 7.7 Mid Year Sale. Lewat festival belanja tengah tahun ini, dapatkan segala alat dapur yang kamu butuhkan dengan harga yang lebih terjangkau.
Buka Bisnis F&B dari Rumah, Ini 7 Peralatan yang Harus Kamu Punya! (201588)
searchPerbesar
Lazada 7.7 Mid Year Sale. Foto: dok. Lazada
Terdapat diskon hype untuk berbagai macam produk dapur hingga 77 persen dan bonus dadakan yang bisa kamu kumpulkan sampai Rp 500 ribu. Khusus tanggal 7 sampai 9 Juli 2021, belanja bisa lebih hemat karena ada flash sale serba Rp 7 ribu dan Rp 77 ribu serta voucher 77% selama 7 kali sehari setiap jam 00.00, 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 18.00, dan 20.00.
Jangan lewatkan pula jadwal Brand Mega Offer di jam 00.00 - 02.00 WIB di tanggal 7 Juli dan di jam 19.00 - 24.00 WIB di tanggal 7 - 9 Juli untuk ngedapetin diskon hingga 99 persen untuk produk-produk LazMall.
Yuk, masukkan peralatan dapur favoritmu ke keranjang dan manfaatkan promo Lazada sekarang!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020