Food & Travel
·
21 Juli 2021 8:31
·
waktu baca 2 menit

Burger Mahal Seharga Rp 86 Juta Ini Terjual untuk Amal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Burger Mahal Seharga Rp 86 Juta Ini Terjual untuk Amal (47183)
searchPerbesar
Ilustrasi burger yang dilapisi dengan kertas emas. Foto: Luisa Gonzalez/REUTERS
Membuat kreasi burger bukan sekadar sebagai pemuas perut yang lapar. Lebih dari itu, beberapa orang membuat kreasi burger termahal di dunia dengan tujuan amal.
ADVERTISEMENT
Ya, seperti yang dilakukan pemilik restoran Robbert Jan de Veen. Kepada Esquire Middle East, Jan de Veen mengatakan bahwa ia sengaja membuat burger tersebut agar seseorang dengan uang yang banyak dapat membelinya. Tapi di balik tujuannya itu, ia juga membuat burger termahal sebagai bentuk penggalangan dana amal.
"Saya merasa sedih melihat penderitaan banyak orang, dan situasi suram industri restoran saat ini. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuat burger termahal di dunia dan menyumbangkan seluruh pendapatan untuk amal," ujarnya dikutip dari New York Post.
Tentunya, ia membuat burger ini dengan bahan-bahan berkualitas pula. Jan de Veen membuat burger dengan daging sapi wagyu asli Jepang, kaviar beluga, kepiting Alaska, dan truffle putih. Oh, tak lupa ia juga menaburkan remahan daun emas yang dapat dimakan sebagai taburannya.
ADVERTISEMENT
Untuk membuat resep burger ini Jan de Veen membutuhkan waktu hingga lima bulan lamanya. Ia juga menghabiskan waktu sembilan jam untuk menyusun burger dengan nama menu "The Golden Boy" itu.
Mengutip Thrillist, sayangnya burger tersebut belum dinyatakan secara resmi sebagai "burger termahal di dunia" dan masih menunggu konfirmasi dari Guinness World Record.
Sejauh ini, pemegang resmi julukan sebagai "burger termahal di dunia" masih dimiliki oleh restoran Oregon. Mereka pernah menyuguhkan burger termahal yang dijual seharga Rp 72 juta.
Meskipun belum resmi mendapat rekor sebagai burger termahal di dunia, tetapi makanan mewah ini sudah berhasil dibeli oleh Rober Wilemse, ketua Asosiasi Makanan dan Minuman Kerajaan Belanda.
Burger Mahal Seharga Rp 86 Juta Ini Terjual untuk Amal (47184)
searchPerbesar
Ilustrasi Burger Termahal di Singapura Foto: Instagram @lombardos.amsterdam
"Bahan-bahannya saling melengkapi dengan sangat baik dan rasanya sangat kuat," katanya tentang Golden Boy. Meskipun ini merupakan burger termahal, namun ia mengaku tetap menikmatinya menggunakan tangan; karena itulah satu-satunya cara memakan burger yang benar.
ADVERTISEMENT
"Karena rotinya dilapisi daun emas, maka jari-jari akan berwarna keemasan saat kamu selesai makan."
Ini bukan menjadi kreasi makanan termahal terakhir, Jan de Veen mengatakan akan menciptakan menu mahal lainnya yang tentunya dengan tujuan untuk amal. Mereka pun terbuka untuk ide makanan fantastis lainnya yang bisa di DM langsung ke instagram mereka.