Cara Membuat Ayam Goreng Krispi ala Chef KFC Naughty by Nature

23 November 2021 12:01
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Cara Membuat Ayam Goreng Krispi ala Chef KFC Naughty by Nature (30377)
zoom-in-whitePerbesar
Di Jepang, ayam goreng KFC menjadi salah satu makanan yang selalu diburu. Foto: Thinkstock
Menikmati ayam goreng berbalut tepung krispi nan gurih dengan nasi putih saat masih hangat, hmm membayangkannya saja sudah bikin lapar. Eits, tapi kamu sudah tahu belum cara membuat ayam goreng krispi yang tepat?
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Tak perlu bingung, karena Eko Prasetyo, sous chef KFC Naughty by Nature telah membagikan langkah-langkah membuat ayam goreng yang benar-benar crispy kepada kumparanFOOD (18/11). Ia juga membagikan tips agar ayam goreng tepung buatanmu bisa garing dalam waktu yang lama. Bahkan menurutnya kamu enggak perlu menggunakan bahan khusus.
Lantas, apa saja langkah dalam membuat ayam goreng tepung seenak KFC? Berikut kami telah merangkumkan cara membuat ayam goreng krispi langsung dari juru masaknya.

Cara membuat ayam goreng krispi ala KFC

Cara membuat ayam goreng krispi ala KFC
Berikut cara membuat ayam goreng krispi langsung dari juru masak KFC Naughty by Nature. Yuk, dicatat!
1. Gunakan ayam segar dan pastikan tidak beku
Cara pertama yang harus kamu lakukan, adalah memastikan bahwa ayam benar-benar masih segar dan sudah bersih. Ayam juga tak perlu dicuci terlebih dahulu. Jadi pastikan saat kamu membeli ayam sudah dibersihkan dan terbebas dari bulu serta kotoran lain. Jika kamu menggunakan ayam yang sudah disimpan dalam chiller atau freezer sebelumnya, maka keluarkan terlebih dahulu dalam ruangan hingga suhunya 4 derajat celsius. Khusus bagian paha atas, Chef Eko menyarankan untuk mematahkan sedikit bagian persendian tulangnya terlebih dahulu sebelun ditepungi. Tips ini akan membuat suhu panas masuk hingga ke sendi tulang ayam sehingga membuat matang sempurna tanpa ada sisa darah usai digoreng.
2. Balur tepung basah dan kering
Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan dua mangkuk berisi tepung; yang satu berisi adonan tepung basah, dan satunya lagi berisi tepung kering. Lalu, masukkan ayam ke dalam adonan tepung kering terlebih dahulu, lanjutkan ke adonan basah, dan masukkan kembali ke adonan tepung kering. Lakukan cara ini hingga seluruh bagian ayam terlapisi tepung dengan sempurna. Sesekali usai membalur ayam dengan tepung tepuk-tepuk ayam ke pinggiran mangkuk agar tepung yang menggumpal dapat jatuh atau terbuang. Sebab, gumpalan ini bisa menyebabkan tepung terasa masih mentah. Untuk jenis tepung, Chef Eko tak menyarankan pilihan khusus. Kamu boleh menggunakan tepung ayam goreng instan. Atau, bila ingin membuat adonan tepung sendiri, campurkanlan tepung terigu dengan tepung maizena atau kanji agar lebih crunchy. Kendati menggunakan adonan "manual" ada baiknya marinasi ayam terlebih dahulu dengan bumbu dapur.
3. Tidak perlu menggunakan telur
Banyak dari kamu yang mungkin terbiasa menggunakan campuran telur untuk membuat ayam goreng lebih renyah. Sayangnya, Chef Eko mengatakan telur hanya akan membuat ayam goreng renyah selama 30 menit kemudian secara cepat menjadi lebih lunak atau lembek. Sehingga, ayam goreng tidak bisa garing dalam waktu yang lama.
4. Goreng dalam suhu 171 derajat celsius
Terakhir, goreng ayam dalam suhu 171-200 derajat celsius. Kalau kamu menggunakan fryer pastikan telah menuang minyak banyak sehingga ayam akan terendam (deep fry), dan gorenglah dalam suhu 171 derajat celsius hingga sekitar 15 menit atau matang sempurna. Namun, bila kamu menggunakan teflon atau penggorengan biasa pastikan telah menuang minyak banyak dan suhunya mencapai 200 derajat celsius. Dengan begitu, ayam akan tergoreng hingga seluruh bagiannya matang.
5. Simpan dalam kabinet panas
Nah, khusus buat kamu yang hendak menjual ayam goreng krispi pastikan mempunyai kabinet panas atau holding cabinet untuk menjaga teksturnya tetap renyah. Usai menggoreng ayam, diamkan terlebih dahulu sekitar 5 menit dalam suhu ruang barulah masukkan ke dalam holding cabinet bersuhu 60 derajat celsius. Chef Eko juga mengingatkan untuk cek suhu dan tekstur ayam dalam holding cabinat setiap 30 menit sekali.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020