Food & Travel
·
17 September 2020 18:41

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77234)
Ilustrasi pisau tajam. Foto: Pixabay
Menjaga pisau tetap tajam dan awet sebenarnya tidaklah sulit, tetapi tidak semua orang tahu caranya. Pisau adalah peralatan dapur yang hampir digunakan setiap hari saat memasak. Alat memasak ini dibutuhkan untuk memotong bahan makanan dari sayur, buah, daging atau bahan makanan lainnya.
ADVERTISEMENT
Pisau memiliki jenis, ukuran, bentuk sampai ketajaman yang berbeda. Namun, setiap pisau pada dasarnya memerlukan perawatan yang sama. Dengan begitu, pisau akan awet bertahun-tahun lamanya, dalam kondisi yang masih prima.
Dilansir Huffpost, berikut tips mudah untuk menjaga pisau agar tetap awet dan tajam dalam waktu lama.

1. Langsung cuci pisau setelah digunakan

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77235)
Mencuci pisau Foto: Shutter Stock
Kebanyakan orang ketika melihat tumpukan piring kotor, cenderung akan meletakkan pisau ke wastafel yang sama dan menunda untuk mencucinya. Namun, hal tersebut sangat tidak disarankan karena pisau yang didiamkan lama dapat membuat sisi-sisinya tergores perkakas lain, bahkan bisa bengkok atau rusak.
Selain itu, pisau juga dapat membahayakan pencuci piring yang tidak menyadari keberadaan pisau tersebut. Setelah digunakan, lebih baik langsung cuci, keringkan dan simpan untuk menghindari hal-hal tersebut.
ADVERTISEMENT

2. Cuci pisau dengan tangan

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77236)
Pisau dapur Foto: pixabay
Cara terbaik untuk mencuci pisau adalah dengan teknik manual, yaitu menggunakan tangan. Menggunakan mesin pencuci piring memang terkesan lebih praktis ketimbang harus mencuci secara manual. Tetapi, pisau yang dicuci dalam mesin cuci piring akan sering tergores-gores akibat gerakan mesin. Belum lagi, pisau akan menggores perkakas lain yang kamu satukan dalam mesin pencuci, seperti piring, gelas, mangkuk, dan lain-lain.

3. Keringkan pisau

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77237)
Mengeringkan pisau bersama alat masak lain Foto: Shutter Stock
Setelah itu, jangan lupa untuk langsung mengeringkan pisau. Mengeringkannya di rak piring bersama sendok, garpu, spatula atau perkakas lain hanya akan membuatnya tumpul. Dengan langsung mengeringkan pisau, kamu juga dapat mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan pisau.

4. Simpan pisau dalam laci khusus

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77238)
Ilustrasi tempat penyimpanan dalam dapur. Foto: Shutter Stock
Simpanlah pisau di tempat terpisah dari perkakas dapur lainnya. Menyimpan pisau bersama peralatan lain akan membuat permukaannya mudah lecet karena tergores bahkan penyok. Kamu dapat menyediakan laci khusus penyimpanan pisau atau menggunakan sarung pisau untuk melindunginya dari berbagai goresan.
ADVERTISEMENT

5. Selalu potong makanan di atas talenan

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77239)
Ilustrasi memotong bawang bombai Foto: dok.shutterstock
Untuk menjaga bentuk dan ketajaman pisau, selalu gunakan talenan ketika memotong makanan. Jangan menggunakan meja granit atau marmer di dapur yang terlalu keras untuk pisau. Bahan makanan juga akan lebih higienis bila dipotong di atas talenan, dan pisau tidak cepat tumpul.

6. Asah dan pertajam pisau secara rutin

Enggak Ribet, Ini 6 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam (77240)
Ilustrasi mengasah pisau Foto: dok.Shutterstock
Peralatan dapur yang hampir digunakan setiap hari ini perlu mendapat perawatan khusus juga. Maka itu, kamu perlu belajar untuk mempertajam pisau dengan batu atau alat pengasah modern, serta menjaga ujung pisau tetap lancip dengan batang baja atau steel rod.
Beberapa bulan sekali, cek kondisi pisau untuk melihat sisi yang bengkok atau tumpul, sehingga dapat langsung diperbaiki. Pisau yang rusak berbahaya bagi penggunanya. Untuk perawatan rutin, kamu dapat menjaga bentuk ujung pisau tetap lancip setiap minggu, dan mengecek ketajaman pisau beberapa bulan sekali.
ADVERTISEMENT
Reporter: Natashia Loi