Food & Travel
·
17 Juli 2018 10:30

Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347759)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Setiap negara pasti memiliki aturan dan kebiasaan makan yang berbeda-beda. Termasuk Prancis, salah satu negara di Eropa Barat yang selama ini dikenal akan ragam makanan lezatnya dan selalu disajikan dengan cantik serta elegan.
ADVERTISEMENT
Di negara berjuluk Kota Mode itu, menyantap makanan tak dapat dilakukan secara sembarangan. Khususnya saat berada di restoran Prancis, ada beberapa etika makan yang harus kamu patuhi mulai dari posisi duduk, cara memotong makanan, hingga perlakuan terhadap makanan yang disajikan.
Etika tersebut dilakukan sebagai penghargaan serta sikap sopan santun terhadap lawan makan dan koki. Tak ingin dicap kurang sopan? Dilansir The Local, berikut kumparanFOOD rangkum tujuh hal yang wajib dipatuhi saat bersantap di restoran Prancis.
1. Jangan menambah makanan
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347760)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Saat datang ke restoran Prancis, jangan heran bila makanan yang kamu pesan disajikan dalam porsi cukup mini. Hal ini tentu tak akan memuaskan perut kita yang terbiasa dengan aneka ragam sajian berporsi lumayan besar, bukan?
ADVERTISEMENT
Meski begitu, sebaiknya jangan pernah memesan porsi tambahan untuk menu yang sama. Hal tersebut dapat menyinggung koki dan menganggap makanan yang disajikan kurang memuaskan. Tak perlu khawatir kelaparan, biasanya restoran juga menyajikan menu pendamping mulai dari appetizer, dessert, hingga keju lezat yang bisa memuaskan rasa laparmu.
2. Jangan memesan steak dengan kematangan well-done
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347761)
searchPerbesar
Ilustrasi hidangan steak (Foto: Thinkstock)
Bagi kamu yang kurang suka steak dimasak setengah matang, sebaiknya hindari memesan sajian ini saat berada di restoran Prancis. Hampir semua koki di Prancis memanggang steak buatannya dengan tingkat kematagan setengah matang seperti rare atau medium rare.
Bukan tanpa alasan, steak setengah matang dengan tampilan daging merah muda dianggap memiliki citarasa terbaik karena teksturnya yang lembut dan juicy saat disantap. Jadi, untuk kamu yang terbiasa menyantap steak dengan tingkat kematangan well-done, sebaiknya pilih saja menu lain seperti daging ayam atau bebek yang selalu dimasak matang sempurna.
ADVERTISEMENT
3. Dilarang menaruh sisa roti di piring
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347762)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Tak sengaja menjatuhkan roti yang hendak kamu makan? Jangan kembalikan sisa roti yang tidak sempat termakan di piring.
Selain kurang higienis, hal tersebut merupakan tindakan yang kurang sopan dan dapat mengganggu kenyamanan lawan makan. Jadi, saat ada remahan roti yang tercecer, sebaiknya langsung bersihkan remahan dan letakkan di sisi piring dengan rapi.
4. Tidak diperkenankan mengoles mentega di atas roti
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347763)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Saat menyantap roti, seringkali kita mengoleskan mentega untuk menambah rasa. Berbeda halnya dengan orang Prancis yang tidak terbiasa untuk mengoleskan mentega di atas roti mereka. Hal ini karena olesan mentega dikhawatirkan dapat merusak citarasa asli roti yang disajikan.
Peraturan sama juga berlaku saat menyantap croissant, menambahkan mentega di permukaan croissant akan membuat tekstur dan rasanya lebih berminyak sehingga kurang nikmat ketika disantap.
ADVERTISEMENT
5. Jangan memotong daun selada pada salad
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347764)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Karena potongan daunnya yang terlalu lebar, seringkali secara tidak sadar kita mengiris daun selada untuk memudahkan menyantapnya. Namun saat berada di restoran Prancis, memotong daun selada pada salad merupakan tindakan yang kurang sopan.
Hal tersebut dapat menyinggung juru masak dan menganggap salad yang disajikan tidak dipersiapkan dengan benar. Jadi saat menemukan potongan daun selada yang terlihat lebar, cukup melipatnya dengan menggunakan garpu.
6. Perhatikan posisi alat makan yang tepat
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347765)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Di restoran Prancis, posisi alat makan selalu diatur sedemikian rupa agar tetap rapi dan teratur saat digunakan. Termasuk posisi sendok, garpu, dan pisau yang menjadi salah satu alat bantu utama untuk menyantap makanan.
ADVERTISEMENT
Jadi, sebaiknya kenali jenis-jenis alat makan yang ada di restoran Prancis beserta fungsinya. Dan setelah makan, jangan lupa untuk mengembalikan posisi alat makan ke tempat semula dengan rapi.
7. Selalu letakkan tangan di atas meja
Etika yang Wajib Dipatuhi Saat Makan di Restoran Prancis (347766)
searchPerbesar
Etika makan di Prancis (Foto: Thinkstock)
Meski acara makan belum dimulai, saat makan di restoran Prancis, sebaiknya tetap letakkan tangan di atas meja. Posisi tangan yang selalu terlihat di atas meja merupakan bentuk sopan santun dengan menghormati lawan bicara. Selain posisi tangan, sebaiknya tetap jaga kontak mata dengan lawan bicara selama acara makan berlangsung.