kumparan
Food & Travel12 Maret 2018 13:13

Galamai hingga Karupuak Sanjai, Camilan Lezat Khas Sumatera Barat

Konten Redaksi kumparan
Jajanan khas Sumatera Barat
Jajanan khas Sumatera Barat (Foto: Instagram @faniebee, @budidhani)
Tak hanya Kelok 9 dan Jam Gadang-nya saja tersohor, Sumatera Barat dikenal memiliki aneka sajian yang nikmat dan kaya rasa. Perpaduan bumbu melimpah dengan bahan-bahan tradisional menghasilkan cita rasa masakan yang bisa bikin siapa pun tak berhenti untuk menyantapnya.
ADVERTISEMENT
Sebut saja rendang, dendeng balado, hingga sajian itiak lado hijau. Saking lezatnya, beberapa makanan khas Sumatera Barat ini telah berhasil menembus pasar internasional dengan rasa yang tak kalah lezat dari makanan negara lain.
Selain makanannya, Provinsi Sumatera Barat juga memiliki segelintir camilan khas yang tak boleh kamu lewatkan. Mulai dari camilan manis, pedas, dan gurih sangat cocok disantap sembari menikmati pemandangan indah Sumatera Barat.
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum 7 camilan khas Sumatera Barat yang lezat nan menggoda.
1. Galamai
Galamai merupakan dodol khas Sumatera Barat yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula yang dimasak hingga mengental. Sedikit berbeda dengan dodol khas Jawa, galamai diberi taburan kacang tanah sangrai yang memberikan tekstur renyah saat digigit.
ADVERTISEMENT
Dibuat secara beramai-ramai, galamai sering disajikan sebagai suguhan saat hajatan, acara keagamaan, dan hari raya Idul Fitri.
2. Kue sapik
Sekilas, kue sapik terlihat serupa dengan kue semprong. Bedanya, kue sapik tidak digulung melainkan dilipat berbentuk segi tiga atau persegi panjang.
Bertekstur renyah dengan rasa manis yang tidak terlalu mendominasi, kue sapik merupakan jajanan yang wajib ada saat ada acara besar di Sumatera Barat.
3. Kue basung
Kue basung merupakan jajanan manis dari tepung beras, gula merah, santan, dan sedikit garam yang dikukus. Dicetak menggunakan daun pisang berbentuk kerucut, kue basung memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang pas di lidah.
ADVERTISEMENT
4. Pinyaram
Pinyaram adalah kudapan manis tradisional yang menyerupai kue cucur bercita rasa manis dengan tekstur yang kenyal. Banyak ditemukan di daerah Tiakar, Payakumbuh, dan Kayu Tanam, kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula lalu digoreng hingga matang.
Ada dua macam pinyaram yang dikenal di Sumatera Barat yaitu pinyaram cokelat yang menggunakan gula merah dan pinyaram putih dengan tambahan gula pasir.
5. Sala lauak
Camilan gurih berbentuk bola-bola kecil ini terbuat dari campuran tepung beras, ikan, dan bumbu kemudian digoreng hingga renyah. Warna kuningnya sendiri berasal dari tambahan kunyit yang membuat aromanya menjadi lebih harum.
Dijual dengan harga yang relatif terjangkau yaitu hanya Rp 500 hingga Rp 1,000 per buahnya, gurihnya sala lauak sangat cocok disantap sebagai camilan maupun pendamping makanan berkuah.
ADVERTISEMENT
6. Kacang tojin
Kacang tojin merupakan salah satu jajanan khas Sumatera Barat yang banyak diburu sebagai oleh-oleh. Selain praktis dibawa, cita rasa yang gurih dan aroma harumnya menjadi salah satu daya tariknya.
Aroma harum kacang tojin sendiri didapat dari irisan daun seledri yang digoreng bersamaan dengan bawang putih dan kacang tanah.
7. Karupuak Sanjai
Satu lagi yang jajanan tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Sumatera Barat. Apalagi kalau bukan karupuak sanjai atau keripik singkong balado yang tersohor.
Terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu dicampur dengan bumbu balado khas Minang, cita rasa manis dan pedas yang menggoda membuat karupuak sanjai banyak diburu sebagai buah tangan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan