kumparan
20 Feb 2019 19:15 WIB

Garuda Indonesia Perkenalkan 21 Masakan Nusantara di Dalam Pesawat

Nasi Rendang Padang (COVER)-Garuda Indonesia Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Indonesia memiliki segudang kuliner yang terkenal enak dan lezat. Dari yang bercita rasa pedas, manis, hingga gurih semuanya ada. Tak tanggung-tanggung, beberapa di antaranya bahkan sempat masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia, seperti contohnya rendang.
Salah Satu Menu Baru Garuda Indonesia Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Terinspirasi dari keanekaragaman masakan Nusantara, maskapai nasional Garuda Indonesia meluncurkan serangkaian menu baru yang menonjolkan keunikan dan kekayaan kuliner khas nusantara.
ADVERTISEMENT
Diberi nama 'The New Signature Dish of Indonesia', rangkaian kuliner tersebut terdiri dari 15 menu khas nusantara yang diracik khusus oleh dapur Aerofood Catering Service (ACS), serta 6 menu baru hasil kerja sama antara Garuda Indonesia dengan salah satu restoran padang, Sari Mande.
Peluncuran The Signature Dish of Indonesia Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Menurut Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, hadirnya varian baru inflight meals tersebut merupakan komitmen Garuda Indonesia dalam memperkenalkan makanan khas Nusantara ke dunia internasional. Selain itu, peluncuran menu baru tersebut juga menjadi bagian dari dukungan Garuda Indonesia terhadap potensi sektor bisnis kuliner lokal.
"Hadirnya varian new inflight menu di pesawat tersebut juga merupakan bagian dari komitmen maskapai dalam menyelaraskan customer voice yang menginginkan ragam menu yang berbeda di penerbangan Garuda Indonesia," ujar Pikri, saat ditemui kumparanFOOD pada peluncuran 'The New Signature Dish of Indonesia', di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (20/2).
Nasi Rendang Padang-Garuda Indonesia Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Varian menu hasil kerja sama Garuda Indonesia dan Sari Mande; antara lain nasi padang rendang daging, nasi padang dendeng batu sangkar, nasi padang dendeng batokok, nasi padang ayam takicuah, nasi padang ayam kalio, dan nasi padang ayam bakar.
ADVERTISEMENT
Enam varian menu tersebut bisa dinikmati selama dua bulan, mulai dari 22 Februari 2019 di beberapa rute penerbangan domestik; seperti Jakarta - Batam, Jakarta - Banjarmasin, Jakarta - Pontianak, Jakarta - Banda Aceh, Jakarta- Denpasar, Jakarta - Medan, dan Jakarta -Lombok khususnya di jam makan siang dan makan malam.
Nasi Goreng Spesial-Garuda Indonesia Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Sedangkan, untuk 15 varian menu yang diracik khusus oleh Aerofood ACS dibagi ke dalam tiga kategori; seperti Siganture Breakfast (nasi uduk betawi, nasi tutug oncom, nasi lawu, dan nasi goreng spesial), Siganture Lunch (nasi rendang padang, nasi kuning nusantara, nasi pesmol ikan, nasi gudeg jogja, dan nasi campur bali), serta Signature Refresment (lontong medan, lontong sate ayam, nasi ulam, nasi kuning manado, dan nasi langgi).
ADVERTISEMENT
"Ke-15 menu baru sudah ada sejak Januari lalu dan bisa dinikmati di seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia sepanjang 2019," ungkap Executive Chef ACS, Chef Vindex Tengker, kepada kumparanFOOD.
Seluruh menu baru tersebut telah melewati proses standar kualitas makanan, mekanisme pengiriman, distribusi, hingga keamanan sehingga kualitas makanannya tetap terjaga sampai tersaji di depan penumpang.
Tak hanya itu, seluruh rangkaian menu baru tersebut juga bisa dinikmati untuk penumpang kelas ekonomi dan bisnis tanpa biaya tambahan dan pemesanan terlebih dahulu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan