kumparan
25 April 2018 19:07

Gurih dan Lembutnya Omurice Buatan House of Omurice Jakarta

House of Omurice.
House of Omurice. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Berbicara tentang kuliner Jepang pastinya tidak terlepas dari sushi dan sashimi. Ya, dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sajian ikan segar yang menggugah selera, kuliner Jepang menjadi salah satu menu favorit pilihan bagi para pecinta kuliner.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah kamu, tak hanya populer dengan beragam hidangan ikan segarnya, Negeri Sakura juga memiliki sajian berbahan dasar telur yang kerap dikonsumsi masyarakatnya sehari-hari. Salah satu hidangan telur khas Jepang yang terkenal adalah omurice, yaitu berupa perpaduan telur yang lembut dengan setangkup nasi goreng yang gurih.
Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa gerai masakan Jepang yang menyuguhkan omurice sebagai menu andalannya. Salah satunya adalah House of Omurice by Sunny Side Up.
Suasana House of Omurice.
Suasana House of Omurice. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Membuka gerai pertamanya di Mal Kota Kasablanka, gerai makanan Jepang satu ini menghadirkan menu omurice dengan beragam varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera.
Vanessa A. Setiawan, pemilik House of Omurice by Sunny Side Up menuturkan, memperoleh resep omurice yang sempurna tidaklah mudah. Bahkan, untuk mematenkan resepnya, ia bersama timnya pun sempat menyambangi sebuah kedai omurice legendaris yang berada di Kyoto, Jepang.
ADVERTISEMENT
“Kami pernah mengunjungi gerai Youshokuya Kichi Kichi milik Yukimura Motokichi, di sana menyediakan menu omurice yang cukup populer, dari sana kami coba belajar untuk membuat sajian omurice yang sempurna,” kata Vanessa saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (25/4).
Suasana House of Omurice.
Suasana House of Omurice. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Untuk telurnya sendiri, House of Omurice by Sunny Side Up menggunakan telur ayam kampung Arab yang diternakkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Berbeda dengan jenis telur lainnya, telur ayam kampung Arab dengan kandungan beta karoten yang lebih tinggi, serta bebas dari bakteri ecoli dan salmonela.
Gerai hidangan khas Negeri Sakura ini memiliki konsep interior bergaya Jepang modern yang dimodifikasi dengan sentuhan warna emas dan hijau tosca untuk menonjolkan sisi eksklusif restoran.
Kuro Salted Egg.
Kuro Salted Egg. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Untuk hidangannya, terdapat beberapa menu unggulan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari lava omurice, kuro salted egg, hingga gyukin omurice.
ADVERTISEMENT
Lava omurice merupakan hidangan nasi mentega gurih bercampur kacang polong yang disajikan dengan telur dadar setengah matang yang meleleh saat dipotong. Ada juga kuro salted egg, hidangan yang terbuat dari campuran nasi, mentega dan black charcoal yang dipadukan dengan telur dadar dan cumi goreng renyah.
Lava Omurice.
Lava Omurice. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Selanjutnya, ada gyukin omurice, yang terdiri dari nasi butter berselimut telur dadar dengan potongan beef karage lembut. Uniknya, potongan beef karage tersebut dihidangkan dalam keadaan setengah matang, sehingga pelanggan bisa memasaknya sendiri dengan menggunakan batu panas yang telah disediakan.
Seluruh menu yang tersedia dihidangkan dengan menggunakan piring keramik berwarna hijau gelap yang bertekstur kasar, sehingga membuat warna hidangan yang disajikan semakin terlihat menggiurkan.
Gyukin Omurice.
Gyukin Omurice. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Dalam kesempatan ini, House of Omurice by Sunny Side Up berkolaborasi dengan produsen kopi asal Bali bernama Black Eye, dengan menghadirkan beberapa varian menu kopi, di antaranya alone danger, melondy, dan ginger frappucino.
ADVERTISEMENT
“Di House of Omurice kita pakai kopi house blend yaitu dua jenis kopi yg diracik khusus oleh kami, seperti alone danger dan melondy,” pungkas Vero, perwakilan dari Black Eye.
Alone Danger.
Alone Danger. (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Vero menambahkan, kopi racikan yang dihadirkan pun terbilang cukup menarik. Sebut saja alone danger, minuman satu ini dibuat dengan memadukan rasa kopi yang pahit dengan sirup melon yang manis, sehingga menghasilkan cita rasa minuman yang terasa unik di lidah.
Selain menyediakan omurice dan kopi, gerai Jepang satu ini juga menyajikan beragam menu lain yang bisa kamu pilih. Mulai dari seafood grill, aneka dessert, jus, dan es krim yang dibanderol mulai harga Rp 15 ribu sampai Rp 299 ribu. Dan untuk menu kopi mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 45 ribu.
ADVERTISEMENT
Tertarik mengunjunginya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan