Food & Travel
·
14 Maret 2019 13:28

Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10464)
Ilustrasi maag Foto: dok.shutterstock
Penyakit maag atau yang juga dikenal dengan sebutan gastritis terjadi karena adanya peradangan pada selaput dinding perut yang bertugas melindungi dari asam dan kuman. Mengutip informasi kesehatan nasional Jerman, Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG), peradangan yang berlangsung lama dapat merusak lapisan lambung dan bahkan menyebabkan tukak lambung.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut dalam jurnal yang dikeluarkan pada tahun 2006 tersebut menjelaskan, gejala-gejala maag; di antaranya adalah sakit perut, begah, mulas, mual, muntah, bersendawa, kurangnya nafsu makan, dan kembung.
Orang dengan maag kronis seringkali hanya memiliki gejala ringan, atau tidak ada sama sekali. Tetapi mereka dengan gejala-gejala yang disebutkan tadi bisa termasuk dalam golongan penderita maag kronis.
Selain gejala-gejala tersebut, maag juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain. Dikatakan dr Jovita Amelia MSc, spGK, maag dapat juga disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, merokok, hingga kebersihan tangan.
"Merokok juga perlu dihindari karena dapat mengiritasi lambung. Lalu makan harus teratur, jadi porsi lebih kecil tapi sering. Selain itu, perlu juga menjaga kebersihan sebelum makan (cuci tangan)," jelasnya saat dihubungi via WhatsApp oleh kumparan.
ADVERTISEMENT
Dalam penjelasnnya, dokter Jovita juga membeberkan beberapa makanan yang perlu dihindari agar maag tidak kambuh; di antaranya makanan pedas, makanan asam, kopi, makanan berlemak, dan alkohol. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasannya berkut ini.
1. Makanan pedas
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10465)
com-Sambal Bawang Foto: ugc kumparan
Di zaman sekarang ini makanan pedas memang tampak lebih menggiurkan, apalagi jika melihat lumuran sambal merah di atas ayam geprek, menggugah bukan? Nah, bagi kamu pecinta makanan pedas dan menderita maag sebaiknya dihindari saja, karena makanan pedas dapat menambah asam yang berakibat naiknya asam lambung.
2. Makanan asam
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10466)
Ilustrasi lemon water Foto: WDnetStudio/Pixabay
Selain makanan pedas, makanan asam juga harus dihindari agar maag tidak kambuh. Makanan asam yang dimaksudkan di sini bukanlah buah-buahan asam, melainkan asam; seperti cuka.
ADVERTISEMENT
Diungkapkan dokter Jovita, buah-buahan aman untuk dikonsumsi dan tidak memicu gastritis, karena pH asam lambung bisa mencapai 1,5. Sedangkan, lanjut dokter berusia 35 tahun itu, pH lemon sekitar dua hingga tiga sehingga tidak jauh berbeda dengan pH asam lambung.
"Bahkan ada penelitian mengatakan diet dengan asam askrobat (yang terdapat dalam vitamin C dan lemon), dapat melindungi lambung dari beberapa kanker, dan diet kerusakan lambung lainnya. Tapi jangan langsung diminum begitu saja, ya, namun dicampur dengan air," terangnya.
Namun hal ini tergantung juga pada kondisi keparahan lambung seseorang. Disambung dokter Jovita, jika memang merasa maag-nya parah sebaiknya jangan mengkonsumsi buah asam seperti lemon terlebih dahulu.
3. Kopi
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10467)
com-Kopi menjadi minuman kegemaran milenial. Foto: Shutterstock
Siapa yang kuat menolak harumnya aroma kopi? Apalagi saat ini kopi dapat dijangkau dengan harga yang murah. Tak heran, jika kopi menjadi minuman pilihan bagi generasi milenial. Namun, sayangnya bagi penderita maag, kopi perlu dihindari karena memiliki sifat asam.
ADVERTISEMENT
4. Makanan berminyak
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10468)
Gorengan platter Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Bukan hanya makanan pedas dan asam, makanan yang mengandung banyak minyak juga menyebabkan maag. Misalnya, gorengan atau nasi padang yang lauknya dimasak dengan minyak melimpah.
Ini dikarenakan makanan tersebut tinggi lemak sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Semakin lama makanan tersebut tersimpan di perut maka semakin meningkat jumlah asam lambung.
5. Alkohol
Hindari 5 Minuman dan Makanan Penyebab Maag Ini agar Tidak Kambuh (10469)
Bahaya Minuman Alkohol Bagi Anak Foto: Pixabay
Dari hasil penelitian IQWiG Jerman, menerangkan bahwa minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan maag akut. Minuman ini mampu meningkatkan asam lambung dan membuat tubuh dehidrasi.
Makanan berwarna putih bisa menyebabkan maag adalah mitos!
Selain makanan di atas, beredar juga isu bahwa makanan berwarna putih dapat menyebabkan maag. Rupanya pernyataan ini hanyalah mitos belaka. Ditegaskan dokter Jovita, buah-buahan atau sayuran putih (kol) tidak menyebabkan maag.
ADVERTISEMENT
"Buah-buahan putih tidak mempengaruhi maag, bahkan buah-buahan aman kok dikonsumsi. Enggak ada pengaruhnya," ucapnya.
Jadi, bagi kamu penderita maag kini tak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi buah ataupun sayuran putih, karena memang rupanya tidak menyebabkan maag. Hanya saja sekali lagi perlu diingat jika kelima makanan di atas tadilah yang perlu dihindari agar maag kamu tidak kambuh lagi, ya.