kumparan
21 April 2019 11:37

Hindari Minum Kopi Setelah Bangun Tidur

Kopi
Ilustrasi minum kopi setelah bangun tidur Foto: Shutterstock
Aroma kopi di pagi hari pasti sedap. Banyak orang yang memulai harinya dengan menyesap secangkir kopi. Bahkan, tak jarang yang langsung meminumnya begitu membuka mata.
ADVERTISEMENT
Meski diklaim dapat membuat kita melek dan lebih semangat memulai hari, namun minum kopi setelah bangun tidur rupanya tak baik bagi kesehatan, lho.
Menurut penelitian berjudul Modified-release hydrocortisone to provide circadian cortisol profiles tahun 2009, saat kita bangun tidur, produksi kortisol tubuh akan meningkat dan berada di puncaknya. Kortisol adalah hormon yang membuat kita terjaga dan waspada.
Kopi
Kopi Foto: Shutter Stock
Mengkonsumsi kafein setelah bangun tidur membuat kadar kortisol yang diproduksi justru menurun. Nantinya, kafein yang kita sesap tak akan ada efeknya. Malah bekerja melawan efek hormon kortisol.
Dampak lebih buruknya, kita akan lebih toleran terhadap kopi, dan membuat konsumsi kafein makin bertambah. Bahkan, bisa memicu kecanduan yang lebih besar.
Jadi, alih-alih langsung menyesap kopi setelah bangun tidur, lebih baik tunggu selama satu jam terlebih dahulu untuk memaksimalkan manfaat dari kopi.
ADVERTISEMENT
Bila ingin minum kopi lagi, pilih saat kadar produksi kortisol sedang stabil --sekitar pukul 13.00, dan antara pukul 17.50-18.30.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan