Food & Travel
·
26 Juni 2020 13:16

Holycow! By Chef Afit Jadi Restoran Steak Halal Pertama di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Holycow! By Chef Afit Jadi Restoran Steak Halal Pertama di Dunia (24511)
Holycow! By Chef Afit mendapatkan sertifikat halal MUI Foto: dok.Holycow! By Chef Afit
Siapa yang tak mengenal sajian steak khas dari restoran Holycow! By Chef Afit? Kini restoran yang sudah berusia 10 tahun tersebut resmi dinyatakan halal oleh lembaga MUI dengan nomor sertifikat 00160102890320 yang dikeluarkan tepat pada Maret lalu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, restoran ini juga menjadi steakhouse pertama di Indonesia bahkan di dunia yang memegang sertifikat halal, dan mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori tersebut. MURI juga memberikan penghargaan lain yakni sebagai steakhouse bersertifikat halal MUI dengan gerai terbanyak.
Selama kurang lebih satu tahun, PT. Holycow! Danadipa Indonesia yang juga membawahi restoran lain; seperti Loobie Lobster, The Holyribs, dan Holygyu mengikuti prosesi untuk mendapatkan sertifikat halal. Mulai dari memeriksa semua S.O.P tempat makan yang berjumlah 31 outlet, hingga bahan-bahan yang digunakan.
Meski baru mendapatkan sertifikat halal di usianya yang sekarang, bukan berarti sebelumnya restoran steak ini tak memperhatikan aspek kehalalan tersebut. Lucy Wiryono, Owner/Marketing & Communication Holycow! By Chef Afit menjelaskan, bahwa selama ini mereka berkomitmen terhadap kehalalan produk yang disuguhkan.
Holycow! By Chef Afit Jadi Restoran Steak Halal Pertama di Dunia (24512)
Holycow! By Chef Afit menerima sertifkat halal dan penghargaan MURI Foto: dok.Holycow! By Chef Afit
"Waktu kita buka Holycow 10 tahun yang lalu karena kan Chef Afit suamiku muslim, dan aku juga muslim jadi kita yakin banget barang-barang yang kita gunakan semua halal kita pikir dulu itu cukup. Tapi setelah semakin banyak pelanggan yang menanyakan, akhirnya kita memutuskan untuk melakukan proses ini. Kami menyadari bahwa sebetulnya halal itu kan tidak bisa diklaim sendiri, harus ada badan lain yang melakukan audit agar fair untuk konsumen," jelasnya saat kumparan hubungi Jumat (26/6) lewat sambungan telepon.
ADVERTISEMENT
Melalui proses yang panjang, kini semua restoran di bawah naungan PT. Holycow! Danadipa Indonesia mendapat kategori penilaian A atau sangat baik dalam sistem jaminan halal.
Bahkan restoran halal ini juga mendapat gelar steakhouse pertama di dunia yang berstatus halal oleh MURI. Ini karena memang kebanyakan restoran steak menyuguhkan makanan dengan gaya western sehingga jarang yang berminat untuk mengajukan sertifikasi halal.
Holycow! By Chef Afit Jadi Restoran Steak Halal Pertama di Dunia (24513)
Holycow! By Chef Afit menerima penghargaan MURI Foto: dok.Holycow! By Chef Afit
"Apalagi di masa pandemi ini, aku berharap dengan semua restoran kami yang telah mendapatkan sertifikat halal dapat meningkatkan trust (kepercayaan) pelanggan, dan mereka bisa semakin tenang serta nyaman makan di Holycow! By Chef Afit," tambahnya.
Selama masa pandemi, restoran steak halal ini juga sudah memberlakukan sistem dine-in (makan di tempat) sejak 8 Juni itu turut memberlakukan sejumlah protokol kesehatan dan kebersihan sesuai dengan anjuran pemerintah. Protokol tersebut berlaku bagi staf maupun pelanggan.
ADVERTISEMENT
Mulai dari mewajibkan penggunaan masker, face shield, dan sarung tangan bagi para staf, menyediakan wastafel di dekat pintu restoran, ada juga hand sanitizer, hingga mengecek suhu pelanggan sebelum masuk ke ruangan. Saat memasuki area juga pelanggan harus menerapkan social distancing.
Tak hanya itu, Holycow! By Chef Afit juga memberlakukan menu dengan sistem barcode, dan menyediakan alat makan sekali pakai. Seluruh area restoran juga dibersihkan menggunakan disinfektan secara berkala.
Uniknya lagi, meski sudah menerima pelanggan untuk makan di tempat, Holycow! By Chef Afit masih memberlakukan konsep pesan dari parkiran. Konsumen cukup datang ke CAMP terdekat, parkir, kemudian staf akan datang untuk melayani. Buat kamu yang juga masih takut untuk keluar rumah, mereka juga punya Holycow! READY TO COOK yang bisa dipesan secara online. Kalau tak mau ribet, bisa juga memesan via aplikasi ojek online.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.