Food & Travel4 Januari 2018 17:18

Ingin Wisata Kuliner di Bandung? Ini 10 Makanan yang Wajib Kamu Coba

Konten Redaksi kumparan
Ingin Wisata Kuliner di Bandung? Ini 10 Makanan yang Wajib Kamu Coba (719)
Kuliner Bandung (Foto: Instagram @duniakulinerbdg)
Bandung memang dikenal sebagai surganya kuliner. Tak hanya menarik dari sisi wisata, Kota Kembang ini juga menawarkan berbagai makanan yang wajib kamu coba jika bertandang ke sana.
ADVERTISEMENT
Sebut saja makanan khas Sunda seperti nasi timbel, hingga jajanan kaki lima seperti batagor. Semuanya menawarkan kelezatan dan kekhasan yang wajib kamu rasakan.
Namun, tak hanya nasi timbel dan batagor, kumparan (kumparan.com) juga telah menyiapkan 10 kuliner khas Bandung yang harus kamu cicipi ketika berlibur ke sana. Apa saja?
1. Nasi Goreng Bistik AA
Nasi goreng yang terletak di Astana Anyar ini sudah melegendaris di telinga orang Bandung. Pasalnya, kuliner malam ini dikenal dengan rasanya yang enak.
Dibuka mulai pukul 17.00 hingga tengah malam, kuliner ini merupakan perpaduan ayam bistik dan nasi goreng, yang dilengkapi dengan sayuran serta sausnya.
Tak hanya nasi goreng, Nasi Goreng Bistik AA juga menyediakan menu lainnya. Sebut saja nasi capcay, mie goreng, kwetiauw, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
2. Bakso Cuanki Serayu
Apa kamu tahu arti cuanki? Cuanki adalah singkatan dari ‘cari uang jalan kaki’. Sesuai namanya, cuanki memang jajanan Bandung yang bisa kamu temui penjualnya sambil memikul gerobak dan berjalan kaki.
Namun, beda dengan Cuanki Serayu. Terletak di Jalan Serayu, cuanki ini berlokasi di sebuah kios yang selalu ramai pengunjung. Jangan salah, rasanya memang sangat enak dan buat kamu ketagihan.
Terdiri dari bakso, siomay basah, siomay kering dan tahu. Sungguh nikmat disantap sambil menikmati udara Bandung yang sejuk.
3. Surabi Cihapit
Surabi adalah makanan khas Jawa Barat, sehingga sangat mudah untuk kamu menemukan makanan ringan ini di Bandung.
Di Bandung sendiri, sangat banyak surabi yang terkenal. Tapi, kamu harus coba Surabi Cihapit yang terletak di dekat Pasar Cihapit.
ADVERTISEMENT
Surabi Cihapit ini terkenal dengan surabi oncomnya. Untuk kamu yang tidak suka, jangan khawatir, surabi klasiknya yang polos dengan paduan kinca (gula merah cair), dijamin bisa membuatmu rindu Bandung.
4. Perkedel Bondon
Hmm.. nama ‘bondon’ memiliki konotasi tidak baik dalam bahasa Sunda. Pasalnya, bondon memiliki arti pelacur atau wanita nakal.
Namun jangan salah, perkedel kentang ini sangat legendaris, lho. Sampai sekarang, masih menjadi kuliner malam yang ditunggu-tunggu masyarakat Bandung.
Jika ingin mencicipi perkedel ini, kamu harus rela menunggu hingga tengah malam dan jangan lupa mengantre, ya.
5. Sate Jando Gedung Sate
Sate yang berlokasi di pinggir Jalan Cimandiri, tepatnya di belakang Gedung Sate memang banyak digemari orang. Pasalnya, jika pagi hari menyusuri Jalan Cimandiri, kamu akan melihat antrean panjang. Ya, antrean untuk sate jando ini.
ADVERTISEMENT
Apa itu jando? Bukan plesetan dari janda, jando adalah bagian daging sapi yang terdiri dari lemak, rasanya kenyal dan gurih.
Tapi tak perlu khawatir jika kamu tidak gemar makan daging lemak ini, karena disediakan juga sate ayam dan daging sapi biasa.
6. Es Cendol Asli Elizabeth
Siapa yang tak kenal dengan minuman manis menyegarkan ini?
Es cendol paling melegenda di Bandung yang bisa kamu sambangi adalah Es Cendol Elizabeth.
Terletak di Jalan Inhoftank kawasan Astana Anyar, gerai ini selalu ramai pengunjung. Tertarik untuk mencoba akar dari es cendol Bandung?
7. Kue Balok Kang Didin
Meski banyak kue balok yang terkenal di Bandung, Kue Balok Kang Didin adalah salah satunya. Terletak di dekat kawasan Bandara Husain Sastranegara, gerai ini sering ramai pengunjung.
ADVERTISEMENT
Jajanan kue khas Bandung ini memiliki variasi rasa. Dari mulai rasa orisinal sampai rasa seperti coklat, keju, green tea, dan lainnya.
Kalau belum pernah coba, maka kamu wajib untuk mencicipinya. Dijamin buat ketagihan!
8. Cireng Cipaganti
‘Aci di goreng’ atau cireng memang cemilan khas Bandung. Bisa kamu temui di berbagai toko gorengan. Tapi, ada satu yang wajib kamu coba jika datang ke Bandung.
Adalah Cireng Cipaganti, berdiri sejak 1990, cireng ini sangat terkenal dengan rasa bumbu kacangnya yang gurih dan pedas.
Sesuai dengan namanya, cireng ini berlokasi di Jalan Cipaganti, dekat pom bensin Cipaganti.
9. Seblak Jebred
Seblak ini punya beberapa cabang di Bandung. Kamu bisa datangi gerainya yang di Buah Batu, Cimahi, Dago, Gegerkalong, hingga Kopo. Banyak, kan?
ADVERTISEMENT
Ya, seblak ini tengah jadi favorit di kalangan anak muda Bandung. Di sini kamu bisa memilih topping sendiri dengan tingkat kepedasan yang beragam.
Berani coba seblak yang paling pedas?
10. Cimol BCA
Cimol punya arti ‘aci di gemol’. Karena bentuknya yang bulat, sehingga makanan ini bisa langsung dilahap dalam satu suapan.
Jika kamu berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk coba cimol yang ada di depan Bank BCA di Jalan Surya Sumantri, ya!
Cimolnya kenyal, gurih, dengan bumbu yang pas. Dijamin buat rindu!
Adakah dari ke-10 makanan ini yang pernah kamu coba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white