Food & Travel
·
22 September 2020 12:19

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32516)
com-Ilustrasi memasak saat new normal Foto: Shutterstock
Jika kamu merupakan orang yang baru terjun ke dapur, maka beberapa istilah memasak memang terdengar membingungkan. Satu bahan makanan dapat diolah menjadi beragam hidangan dengan berbagai cara memasak. Untuk itu, kamu perlu tahu dasar-dasar cara memasak makanan.
ADVERTISEMENT
Dilansir The Daily Meal, berikut merupakan istilah teknik memasak paling umum yang perlu kamu tahu. Selain agar tak asal sebut, beberapa istilah berikut juga bisa menjadi tips memasak tepat agar hidangan buatanmu semakin nikmat.

1. Fry

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32517)
Ilustrasi menggoreng udang tempura Foto: dok.shutterstock
Fry atau menggoreng berarti memasak makanan dengan menggunakan minyak, mentega atau margarin. Menggoreng juga merupakan salah satu cara tercepat untuk memasak makanan, dengan suhu biasanya antara 175-225 celsius.

2. Saute

Sauteing atau lebih dikenal dengan menumis, adalah proses memasak menggunakan sedikit lemak atau minyak. Menumis umumnya dilakukan sampai makanan matang dan berubah warna.

3. Deep-Fry

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32518)
Gunakan minyak canola untuk menggoreng atau menghangatkan kentang Foto: Shutterstock
Berbeda dengan menggoreng, deep frying merupakan teknik memasak dalam banyak minyak panas. Biasanya untuk makanan yang dilapisi adonan agar crispy perlu menggunakan teknik memasak ini agar lebih mudah matang secara merata.
ADVERTISEMENT

4. Roast

Roasting atau memanggang dalam oven, adalah cara memasak makanan dalam suhu tinggi, membuat sisi luar makanan menjadi kering dan kecokelatan. Umumnya, menggunakan oven yang bersuhu lebih dari 500 fahrenheit atau hingga 260 derajat celsius. Hal ini akan membuat makanan garing di luar tetapi masih lembut di sisi dalam.

5. Grill

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32519)
Ilustrasi memanggang Foto: Shutter Stock
Grill atau dapat disebut memanggang, adalah cara memasak dengan makanan ditempatkan di atas tempat memasak bersuhu panas. Membuat proses memasak menjadi cepat, kering, dan sangat panas. Kamu dapat menggunakan segala sumber panas untuk memanggang; kayu bakar, arang, gas kompor, atau pemanas listrik.

6. Bake

Bake hampir mirip dengan Roast, yakni proses memasak atau memanggang dalam oven. Tetapi, bake mengacu kepada adonan makanan manis seperti roti, kue, atau kue kering.
ADVERTISEMENT

7. Steam

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32520)
Ilustrasi memasak sayuran dengan teknik blanching Foto: Shutter Stock
Steaming atau mengukus adalah proses memasak makanan menggunakan uap air. Makanan akan diletakkan di atas air mendidih dalam sebuah wadah terpisah, berbeda dengan merebus. Memerlukan peralatan khusus agar uap panas, saat air mendidih, naik dan terperangkap sehingga memasak makanan di wadah atasnya. Perlu dipastikan ketika mengukus, makanan tidak bersentuhan dengan air, hanya uapnya.

8. Poach

Poaching atau merebus adalah teknik memasak makanan menggunakan air panas bersuhu 160 sampai 180 500 fahrenheit atau hingga 82 derajat celsius. Makanan yang umumnya dimasak dengan teknik poaching adalah ikan, telur, atau buah.

9. Simmer

Jangan Salah Sebut, 10 Istilah Teknik Memasak yang Perlu Kamu Tahu (32521)
Ilustrasi merebus kentang Foto: Shutter Stock
Simmering adalah teknik memasak yang dilakukan dengan api kecil. Umumnya, makanan yang memiliki cairan akan dimasak dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung di permukaan masakan.
ADVERTISEMENT

10. Broil

Broiling juga merupakan teknik memanggang. Jika kamu menggunakan pengaturan ini, pastikan makananmu merupakan jenis makanan yang cepat matang. Soalnya dalam memasak kamu perlu menggunakan panas tinggi, biasanya cocok untuk mengolah steak.
Reporter: Natashia Loi