Kaya Manfaat, Ini 5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Konsentrasi Kamu

1 Maret 2023 9:14
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi makanan sehat. Foto: ME Image/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan sehat. Foto: ME Image/Shutterstock
Makanan tak hanya menentukan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh kamu. Makanan yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi konsentrasi.
Ya, makanan tinggi lemak atau minuman bersoda jadi salah satu penyebab kamu sulit berkonsentrasi. Ini karena tubuhmu kekurangan zat yang dinamakan dopamin.
Dopamin memegang peranan penting dalam menjaga konsentrasi. Sifatnya sebagai neurotransmitter berfungsi sebagai menyampaikan pesan dari tubuh ke otak.
Meski demikian, nyatanya ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi kamu. Seperti mengutip Times of India, berikut kumparan rangkum lima makanan untuk meningkatkan konsentrasi kamu.

1. Dark Chocolate

Dark chocolate Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Dark chocolate Foto: Shutterstock
Selain bisa meningkatkan mood atau perasaan seseorang, cokelat ternyata memiliki manfaat lain bagi tubuh. Makanan ini ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi kamu.
Kandungan kafein yang ada pada dark chocolate ternyata bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Ya, kafein membuatmu lebih berenergi untuk menjalani hari.
Selain itu, kafein juga dapat memberi energi pada seseorang dan memberikan dorongan pagi buat kamu yang ingin memulai hari dengan benar.

2. Telur

Ilustrasi telur dengan dua kuning. Foto: Shutterstock/mbobrik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi telur dengan dua kuning. Foto: Shutterstock/mbobrik
Telur enggak diragukan lagi memiliki nutrisi tinggi. American Diabetes Association, seperti mengutip Daily Mail menyebut setiap telur mengandung sekitar 0,5 gram karbohidrat, yang secara teori menjaga kadar gula darah. Bahkan. penelitian ini menyimpulkan bahwa makan sebutir telur sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2.
Namun enggak hanya itu saja, telur juga bisa membantu kamu untuk berkonsentrasi. Kandungan kolin dan vitamin B5 pada telur ternyata memiliki manfaat untuk menjaga konsentrasi, ingatan, dan kewaspadaan.
Kolin di dalam telur juga dapat membantu mengurangi peradangan dan penurunan kognitif.
Tak hanya itu, saat mengonsumsi telur tubuhmu akan memproduksi serotonin yang bisa membantu meningkatkan mood.

3. Ikan

Ilustrasi ikan tuna. Foto: Olesya_sh/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan tuna. Foto: Olesya_sh/Shutterstock
Sebagai sumber omega-3, ikan memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan otak.
Sebab manfaatnya yang tinggi bagi kesehatan otak mengonsumsi ikan ternyata bisa membantu menurunkan demensia, risiko stroke serta masalah mental.
Tak kalah penting, makan ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan membantu kamu berkonsentrasi lebih baik.

4. Kacang

Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
Buat kamu penggemar makanan gurih-gurih, kacang jadi salah satu camilan yang tak boleh ketinggalan. Selain rasanya yang enak, kacang ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya bisa meningkatkan konsentrasi kamu.
Itu karena kacang memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk tubuh. Beberapa studi mengatakan bahwa kacang bisa mengatasi penurunan kognitif yang terjadi akibat penambahan usia.
Selain vitamin E, kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak omega-3, tembaga, mangan, seng, dan selenium yang baik, dan bermanfaat bagi otak.

5. Kacang Polong

Ilustrasi kacang polong beku Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kacang polong beku Foto: Shutter Stock
Di balik bentuknya yang mungil, kacang polong mengandung banyak nutrisi seperti zat besi dan protein yang baik bagi tubuh. Makanan tinggi serat ini ternyata bisa membantu meningkatkan konsentrasi kamu.
Antioksidan dan protein yang terkandung dalam kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif, sehingga otak akan lebih fokus.
Tak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.