kumparan
8 Februari 2019 13:52

Kebab Baba Rafi Buka Gerai Perdana di India

Beef Kebab Baba Rafi
Beef Kebab Baba Rafi. Foto: http://babarafi.com
Tak kalah populer dari fast food asal Negeri Paman Sam, kebab muncul sebagai salah satu hidangan yang kerap dipilih untuk mengganjal perut di tengah kesibukan. Kemasannya yang praktis membuat hidangan khas Timur Tengah ini cocok disantap dalam kondisi apa pun.
ADVERTISEMENT
Meski berasal dari Timur Tengah, kebab juga sangat populer di Indonesia. Jadi, jangan heran bila berbagai gerai spesial kebab tumbuh subur bak jamur di musim hujan, salah satunya gerai Kebab Turki Baba Rafi.
Pertama dibangun pada tahun 2003, gerai kebab milik pria asal Surabaya, Hendy Setiono ini sukses menjadi salah satu kebab paling populer di Tanah Air. Bahkan hingga kini Kebab Baba Rafi telah memiliki lebih dari 300 outlet yang tersebar dari dari Sabang hingga Merauke.
Tak puas hanya membuka gerainya di dalam negeri, pada awal 2019, Kebab Baba Rafi secara resmi akan melebarkan sayapnya ke India. Bekerja sama dengan dua master franchise asal India, Abhishek Singh dan Suman Mandal, gerai perdana Kebab Baba Rafi akan dibuka pada Juni 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
India dipilih karena negara ini merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia sehingga menjadi tempat yang strategis untuk mengembangkan bisnis Kebab Baba Rafi. Selain itu, India dan Indonesia juga memiliki kesamaan dalam hal cita rasa makanan yang kaya rempah.
"India merupakan sebuah negara yang penduduknya sangat banyak dan negaranya juga cukup luas. India sendiri juga masih dalam kawasan Asia dimana secara rasa lebih mudah diterima dibandingkan negara di luar Asia," ujar Product Development Kebab Turki Baba Rafi, Samsir, kepada kumparanFOOD (7/2).
Menyesuaikan Menu dengan Olahan Ayam atau Ikan
Kebab Baba Rafi
Kebab Baba Rafi Foto: Istimewa
India juga dikenal sebagai negara dengan mayoritas pemeluk Hindu. Lantas bagaimana dengan Kebab Baba Rafi yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya?
ADVERTISEMENT
Aneka sajian di Kebab Baba Rafi India tentu saja akan dimodifikasi sesuai budaya India. Selain rasa khas India yang lebih kuat, menu di gerai India ini juga akan didominasi dengan olahan dari daging ayam atau ikan.
Abhishek Singh juga mengatakan akan menghadirkan variasi menu kebab yang unik dan berbeda di India. Salah satunya adalah black kebab, yakni sejenis kebab berisi irisan daging berbumbu, sayur, dan saus creamy yang dibalut kulit tortilla berwarna hitam. "India memang memiliki banyak gerai kebab. Tapi yang membuat Kebab Baba Rafi India berbeda dari gerai kebab lainnya adalah adanya rangkaian menu unik. Salah satunya black kebab yang belum pernah ada di India," tambah Abhishek Singh kepada awak media.
ADVERTISEMENT
India menjadi negara ke-10 yang disambangi Kebab Baba Rafi. Sebelumnya, gerai kebab ini juga telah melebarkan sayapnya hingga ke Malaysia, Filipina, China, Singapura, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Bangladesh, bahkan hingga ke Belanda dengan total gerai mencapai 1.000 outlet.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan