com-Ilustrasi mengonsumsi kurma.
14 April 2021 11:31

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56548)
searchPerbesar
Ilustrasi kurma. Foto: Shutterstock
Kurma menjadi salah satu deretan takjil wajib saat Ramadhan. Selain rasanya yang manis alami, buah ini juga kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Tentunya, keistimewaan kurma turut tercantum dalam Al-Quran surah Maryam ayat 25, “Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”
Bukan hanya itu, sejak dulu, mengonsumsi kurma, terlebih dalam jumlah ganjil, sudah menjadi sunah Nabi Muhammad SAW. Biasanya, Nabi Muhammad memakan 3 butir buah kurma lalu meminum segelas air putih sebelum salat. Maka itu, kita juga sangat dianjurkan untuk mengawali berbuka puasa dengan menyantap buah legit ini sebelum mengonsumsi hidangan lainnya.
Tak hanya dianjurkan untuk dimakan, kurma juga mengandung sejumlah vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan kita. Agar tak penasaran akan manfaat kurma sebagai menu takjil, yuk simak selengkapnya di bawah ini:
ADVERTISEMENT

1. Makan kurma meningkatkan imunitas tubuh

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56549)
searchPerbesar
Manfaat mengkonsumsi kurma untuk kecantikan kulit dan rambut. Foto: Shutterstock
Vitamin yang terdapat dalam kurma mendukung dalam menambah kekebalan atau imunitas tubuh. Efek antimikroba dan antioksidannya, berperan penting dalam dengan sebutan lain dates ini. Selain itu, kurma bisa menjadi sumber karbohidrat baik dan kompleks.

2. Merawat kesehatan jantung

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56550)
searchPerbesar
com-Ilustrasi mengonsumsi kurma. Foto: Shutterstock
Mengandung kalium yang tinggi, membuat kurma berpotensi mengurangi segala masalah penyakit pada jantung. Kalium berkontribusi dalam mengatur alur darah dan denyut jantung dengan baik.

3. Mencegah penyakit mata

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56551)
searchPerbesar
com-Ilustrasi mengonsumsi kurma. Foto: Shutterstock
Bila kamu tak begitu menyukai wortel, sebagai sayuran untuk mengatasi penyakit mata, maka untuk menggantikannya makanlah kurma. Sebab, kurma kaya akan lutein dan zeaxanthin, zat tersebut berperan mencegah kerusakan pada mata seperti katarak.

4. Menguatkan tulang

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56552)
searchPerbesar
Ilustrasi sari kurma sebagai ASI Booster. Foto: Shutter Stock
Sama halnya seperti susu, kurma pun mengandung kalsium yang tinggi. Mineral lainnya yang bagus untuk kesehatan tulang dari buah ini di antaranya; fosfor, kalium, dan magnesium. Berbagai mineral tersebut bisa mencegah risiko penyakit osteoporosis, lho.
ADVERTISEMENT

5. Sumber energi

Keistimewaan Kurma dalam Al-Quran dan 5 Manfaat Kesehatannya sebagai Takjil (56553)
searchPerbesar
Ilustrasi sari kurma. Foto: Shutter Stock
Adanya vitamin B1,B2, Niasin B3, serta B6 pada kurma, menjadi sumber utama penambahan metabolisme tubuh yang kuat. Kadar karbohidrat, protein, juga lemak dari kurma bisa bermanfaat untuk meningkatkan energi baik dalam tubuh.
Hal ini juga terbukti dalam penelitian International Journal of Food Sciences and Nutrition, yang menemukan seseorang mengonsumsi kurma usai berolahraga energinya bisa kembali meningkat.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya