kumparan
14 Agustus 2018 11:30

Konsumsi Air Putih di Waktu Ini Dapat Mengganggu Kesehatan

com-Minum Air
com-Minum Air (Foto: Thinkstock)
Tampaknya sudah jadi rahasia umum bila meminum air putih secara rutin memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Ya, setiap harinya, tubuh kita disarankan untuk mengkonsumsi 7 hingga 8 gelas air putih. Selain dapat mencegah terjadinya dehidrasi, konsumsi air putih yang cukup juga dapat menjaga kesehatan ginjal serta organ-organ tubuh lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun, meski kita sudah fasih dengan jumlah asupan air yang harus dipenuhi setiap harinya, terkadang kita masih kerap mengkonsumsinya di waktu yang salah. Konsumsi air putih di saat-saat yang kurang tepat akan membuatnya tak terserap dengan sempurna, bahkan bisa membuat pencernaan terganggu.
Dilansir Delish, terdapat waktu-waktu tertentu yang justru kurang baik untuk menenggak segelas air putih. Kapan saja? Berikut ulasannya:
1. Saat sedang makan
Ilustrasi minum air sambil makan
Ilustrasi minum air sambil makan (Foto: Thinkstock)
Mungkin beberapa orang mengira bahwa mengkonsumsi air putih sembari menyantap makanan dapat membantunya tertelan dan tercerna lebih mudah. Padahal, melakukan keduanya dalam waktu yang bersamaan dapat menganggu kinerja sistem pencernaan tubuh, karena air dapat melarutkan kandungan asam hydrochloric yang membantu mencerna makanan.
Selain itu, minum air saat sedang makan dapat membuat perutmu terasa kembung dan kurang nyaman. Sebaliknya, konsumsilah air putih sebelum menyantap makanan.
ADVERTISEMENT
2. Saat sedang berolahraga berat
Ilustrasi minum air saat olahraga
Ilustrasi minum air saat olahraga (Foto: Thinkstock)
Ketika berolahraga, tubuh kita membutuhkan elektrolit seperti potasium dan sodium untuk mencegah pegal atau nyeri otot. Meski meminum air saat berolahraga terasa sangat menyegarkan, namun cairan air tersebut dapat melarutkan kandungan yang tersimpan dalam tubuh dan menyebabkan nyeri otot.
Ada baiknya untuk mengganti air putih dengan cairan elektrolit seperti air kelapa saat tengah berolahraga. Selain itu, air putih juga akan lebih baik bila diminum saat tubuh sedang rileks, apalagi ketika bangun tidur.
3. Saat sedang berdiri
Ilustrasi minum air sambil berdiri
Ilustrasi minum air sambil berdiri (Foto: Thinkstock)
Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk minum sambil berdiri. Biasanya, mereka melakukannya karena sedang terburu-buru, atau tak mendapat tempat duduk. Padahal, minum air sambil berdiri sangat tak disarankan oleh Ayuverdic—ilmu kesehatan kuno dari India.
ADVERTISEMENT
Saat seseorang mengkonsumsi air putih sambil berdiri, mereka akan cenderung menenggaknya dengan cepat. Hal ini membuat mereka menghirup lebih banyak oksigen, dan dapat memicu terjangkitnya gangguan pada hati dan paru-paru.
4. Setelah meminum cukup banyak air
Minum Air Mineral
Minum Air Mineral (Foto: Thinkstock )
Meski jarang terjadi, namun konsumsi air putih yang terlalu banyak dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu. Asupan air yang terlalu banyak dapat menyebabkan larutnya kandungan garam yang ada di dalam tubuh dan membuat kita kekurangan sodium. Hal ini dapat menimbulkan pembengkakan sel yang berujung munculnya rasa mual hingga muntah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan