Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based

23 September 2021 9:49
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12496)
searchPerbesar
Burger vegan Foto: Shutter Stock
Baru-baru ini tempat makan yang khusus menyajikan menu serba plant-based mulai banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Khususnya bagi mereka yang menyukai atau bahkan baru memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan nabati. Lalu, apa, sih plant-based food itu?
ADVERTISEMENT
Plant-based adalah pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar makanan berbasis sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Tetapi terkadang masih menggunakan campuran produk turunan hewani; seperti susu atau keju. Banyak juga yang bilang bahwa diet ini mirip dengan vegan. Padahal nyatanya berbeda, lho.
Mengutip Healthline, plant-based mengacu pada diet yang semata-mata atau terutama terdiri dari makanan nabati. Pola makan nabati itu juga tidak termasuk minyak, susu, dan makanan kemasan olahan. Sementara, vegan mengacu pada gaya hidup yang tak sama sekali mengonsumsi produk hewani termasuk turunannya.
Nah, kini sudah banyak menu makanan yang menawarkan cita rasa plant-based, lho. Dengan rasa yang tak kalah enak dengan makanan cepat saji diluar sana pastinya! Berikut rekomendasi 5 tempat makan buat berburu menu plant-based yang bisa kamu coba:
ADVERTISEMENT

1. Menu plant-based di IKEA

Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12497)
searchPerbesar
Swedish meatball plant-based menu ala IKEA Foto: Dok.IKEA Indonesia
IKEA resmi meluncurkan tujuh menu plant-based pada 24 Agustus lalu. Menu yang dihadirkan pun mulai dari makanan utama hingga menu pendamping. Sebut saja ada plant-based sausage bun, plant-based banana cake, kids meal-combo plant balls, plant balls satay, plant-based ice cream, hingga menu andalan mereka plant-based swedish meatball.
Salah satu menunya, yaitu plant-based swedish meatball terbuat dari bahan sumber protein kedelai. Menu ini juga hadir dalam 2 pilihan porsi, yaitu 8 butir dan 12 butir meatball. Nantinya plant balls ini akan disajikan bersama saus khas mereka, kentang tumbuk, brokoli dan saus lingonberry.
Menu serba plant-based ini dijual dengan kisaran harga Rp 6.000 sampai Rp 60 ribuan per porsi. Jangan khawatir, menu plant-based IKEA dapat dibeli melalui take away, drive thru, dan layanan ojek online.
ADVERTISEMENT

2. Plant-based Whopper

Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12498)
searchPerbesar
Packaging Burger King Plant-Based Whopper Foto: Dok.BurgerKing
Pilihan menu selanjutnya datang dari Burger King. Gerai makanan cepat saji ini meluncurkan menu sehat bernama plant-based whopper. Menu burger sehat ini telah hadir di 175 gerai di seluruh Indonesia sejak 7 Mei lalu. Alternatif menu berbasis nabati hadir untuk siapa saja yang ingin mengurangi konsumsi daging hewan tanpa mengorbankan rasa whopper yang ikonik.
Plant-based Whopper ini 100 persen dipanggang dengan api dan 0 persen tanpa daging sapi. Bahan utama patty yakni kedelai yang diperoleh dari proses berkelanjutan, gandum, minyak sayur, dan rempah-rempah.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Untuk menciptakan plant-based Whopper, patty berbahan dasar nabati itu diletakkan di antara roti dengan biji wijen panggang, tomat, selada segar, mayones, saus tomat, acar renyah, dan irisan bawang bombai. Soal rasa, menu yang dibanderol dengan harga mulai Rp 50 ribuan benar-benar terasa sedang menikmati beef burger, lho. Kamu sudah coba?
ADVERTISEMENT

3. Pizza Marzano

Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12499)
searchPerbesar
Kolaborasi Pizza Marzano dan OmniMeat hadirkan Plant-Based menu Foto: dok.PizzaMarzano
Restoran Pizza Marzano baru saja meluncurkan menu makanan berbahan nabati. Menu plant-based ini telah hadir di seluruh gerai di Indonesia sejak 17 September dan akan terus hadir hingga 14 November 2021.
Bekerja sama dengan perusahaan bahan pangan nabati, OmniMeat, mereka meluncurkan empat menu baru. Di antaranya ada caesar salad with OmniMeat, bolognase pizza with OmniMeat, romana pizza: verde pizza with OmniMeat, dan spaghetti mushroom with OmniMeat.
Menariknya, topping yang digunakan untuk melengkapi keempat menu plant-based itu bukanlah daging sapi. Melainkan daging nabati yang dibuat dengan memadukan kacang kedelai, jamur shiitake, dan nasi yang menghasilkan tekstur serta rasa mirip daging sungguhan. Kamu bisa mendapatkan keempat menu ini melalui take-away, layanan pesan antar, serta makan di tempat. Mereka membanderol menunya mulai dari harga Rp 60-120 ribu.
ADVERTISEMENT

4. UMAUMA Eatery & Shop

Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12500)
searchPerbesar
Menu makanan di UMAUMA Eatery Foto: Safira M/ kumparan
Kafe yang terletak di kawasan Blok M ini menawarkan sejumlah menu makanan sehat. Mulai dari salad, camilan, rice bowl, aneka jus segar serta es krim. Kafe mungil ini mengusung konsep #sehatandikit dengan semua makanan dan minuman yang dibuat secara homemade. Bahan-bahan yang digunakan juga merupakan produk lokal tanpa MSG, pengawet, serta lebih banyak sayuran segar.
Dalam keterangan yang tertulis di menunya, UMAUMA Eatery & Shop mencoba mengkreasikan sajian sehat dari hidangan yang sudah familiar, serta tetap nikmat. Salah satu menunya yaitu spicy shirataki mee goreng. Sajian ini terdiri dari mi shirataki nol kalori, jamur, wortel, kubis ungu, irisan daging sapi, dan taburan kacang tanah serta cilantro. Meski tak menggunakan MSG, tapi cita rasa yang dihasilkan cukup gurih. Bumbunya pun terasa kuat dan medok. Di sana kamu dapat mengonsumsi makanan sehat dengan harga kisaran Rp 30 ribuan.
ADVERTISEMENT

5. Mad Grass

Lagi Hits! 5 Rekomendasi Tempat Makan yang Sediakan Menu Serba Plant-based (12501)
searchPerbesar
Aneka makanan dan minuman plant-based di Mad Grass, Cipete Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Rekomendasi terakhir kamu bisa mencicipi makanan serba plant-based di Mad Grass. Cloud Kitchen di Cipete, Jakarta Selatan ini tak hanya menghadirkan satu atau dua jenis makanan nabati. Di tempat makan terdiri dari berbagai tenant sehingga kamu bisa menemukan mulai dari camilan, makanan berat, hingga kopi.
Sebut saja nasi bebek madura bumbu hitam dari Plantelicious yang daging bebeknya menggunakan bahan dasar gluten serta jamur. Ada lagi, KFC Bao alias Korean Fried Chimkin yang dagingnya mereka ganti dengan serat kedelai. Atau, ice oatly latte dan ice madly caramel macchiato dengan susu oat serta susu kedelai di Mad For Coffee sebagai pilihan minuman segar. Soal harga, kamu bisa mendapatkan menu makanan hingga minuman sehat ini dengan menyiapkan budget Rp 50-100 ribuan.
ADVERTISEMENT
Reporter: Destihara Suci Milenia
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020