Food & Travel
·
21 Januari 2021 16:37

Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh! (1193912)
searchPerbesar
Lontong sayur tahu-telur Pak Dayat, Kuningan Timur, Jakarta Selatan Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Makan enak apa kamu siang ini? Kalau besok-besok belum ada ide, mungkin sajian legendaris satu ini bisa kamu coba!
ADVERTISEMENT
Ya, ada menu lontong sayur dan ketoprak ala Pak Dayat. Bagi warga Kuningan Timur, Jakarta Selatan mungkin sudah tak asing dengan tempat makan yang punya sebutan lain 'Ketupat Sayur Kantin RNI' ini.
Menurut beberapa postingan ulasan pelanggannya, Pak Dayat sudah berjualan sejak 1995. Sehingga, bisa dikatakan tempat makan ini merupakan salah satu yang legendaris di Jakarta.
Namun, terhalang PPKM yang sedang berlaku di Jawa serta Bali, kumparan memutuskan untuk mencobanya dari rumah saja. Alias, kami memesan melalui GrabFood. Untung saja, saya memesan tak terlalu siang, karena rupanya tempat makan ini tutup sekitar jam 3 sore.
Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh! (1193913)
searchPerbesar
Lontong sayur dan ketoprak Pak Dayat, Kuningan Timur, Jakarta Selatan Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Saya pun langsung memesan lonsay (lontong sayur) dengan lauk semur tahu dan telur, serta ketoprak telur dadar. Tak perlu menunggu waktu terlalu lama, pesanan datang; yang sudah lengkap dengan kerupuk serta ekstra sambal untuk lonsay.
ADVERTISEMENT
Menu pertama saya mencoba lontong sayurnya (Rp 14 ribu). Begitu dituang tekstur kental kuah lonsay langsung terlihat jelas. Diikuti semur tahu, telur, dan setengah potong kentang ikut menggelinding ke dalam kuahnya. Ya, lauknya sudah menjadi satu dalam sebungkus lonsay. Kemudian saya menambahkan sambal dan kerupuk udang.
Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh! (1193914)
searchPerbesar
Lontong sayur tahu-telur Pak Dayat, Kuningan Timur, Jakarta Selatan Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tanpa berpikir panjang, saya seruputlah kuah kental dengan warna kecokelatan itu. Tercecap manis, gurih, sedikit pedas lada, dan harum khas sayur labu siam. Potongan labunya sudah termasak lama sehingga sangat menyatu lembut dengan kuahnya.
Dominasi rasa manis dan gurih santan begitu terasa, dan memang sangat lekat dengan sajian lonsay ala Betawi yang mlekoh! Sementara, untuk tahu dan telur semurnya juga menambah kesan manis begitu menyantapnya. Tahu yang disemur juga digoreng terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Sebelum perut terlalu kenyang, saya pun langsung mencoba ketoprak telur dadar (Rp 18 ribu). Untuk bumbu kacang akan dibungkus terpisah dan kamu bisa meminta dengan level kepedasan sesuai selera.
Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh! (1193915)
searchPerbesar
Ketoprak telur dadar ala Pak Dayat, Kuningan Timur, Jakarta Selatan Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Begitu dituang, sekilas tampilannya seperti ketoprak biasa saja dengan tambahan topping telur dadar. Namun begitu bumbu kacang dituang tampak sausnya begitu kental yang sudah dicampurkan dengan kecap.
Begitu usai mengaduk bumbu kacang hingga merata, dalam suapan pertama langsung terasa dan tercium harum kacang nan gurih. Ya, bumbu kacangnya kental dan gurih! Namun gurihnya tersebut benar terasa 'gurih' khas kacang tumbuk.
Barulah disusul rasa manis dan pedas cabai. Aroma bawang putih yang kuat juga tercecap di lidah dan tercium jelas oleh hidung saya.
ADVERTISEMENT
Tak menggunakan ketupat, ketoprak ala Pak Dayat ini justru memakai potongan lontong; yang teksturnya lembut dan pulen. Terdapat pula beberapa potongan tahu kuning goreng yang terasa ada asin sedikit.
Makan Enak: Lontong Sayur Betawi Pak Dayat, Kuahnya Kental sampai Mlekoh! (1193916)
searchPerbesar
Ketoprak telur dadar ala Pak Dayat, Kuningan Timur, Jakarta Selatan Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selayaknya ketoprak, tak boleh sampai ketinggalan campuran bihun dan taoge rebus. Paduan bumbu kacang yang kental dengan isian yang cukup banyak membuat saya benar-benar begah. Oiya, jangan lupa menikmatinya dengan campuran telur dadar bercampur irisan daun bawang untuk menambah rasa.
Selain menjual kedua menu tersebut, Pak Dayat juga menyediakan varian isi lontong sayur dan ketoprak yang unik. Semisal, ada menu lontong sayur ati, lontong telur dadar, atau ketoprak telur bulat. Untuk harga tak perlu khawatir, karena makanan tersebut dibanderol mulai dari Rp 14-32 ribu.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, menarik bukan menu makan siang dengan lonsay dan ketoprak Pak Dayat ini?
Lontong Sayur Pak Dayat
Alamat: Kantin Kantor RNI, Mega Kuningan, Jl Denpasar, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.
Jam buka: 08.15-15.00 WIB.