kumparan
15 Oktober 2018 16:27

Manfaat Bunga Melati Hingga Kantil, Camilan Favorit Suzanna

Suzanna.
Suzanna. (Foto: dok. Rumah Mimpi)
Coba tebak apa favorit makanan mendiang Ratu Film Horor Suzanna?
ADVERTISEMENT
Ya, kamu benar, jika menebak bunga adalah salah satu makanan favoritnya. Nah, mungkin kamu agak sedikit terheran-heran kenapa Suzanna begitu menggemari bunga yang kerap dijadikannya sebagai camilan. Bahkan beberapa jenis bunga seperti melati dan mawar diketahui selalu tersedia di rumah mendiang Suzanna.
Di balik ritual Suzanna yang sering mengkonsumsi bunga sebagai camilannya, rupanya bunga-bunga ini juga memiliki manfaat yang mungkin salah satunya membuat Suzanna selalu tampak cantik dan awet muda. Penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi bunga-bunga favorit Suzanna? Berikut kumparanFOOD rangkumkan untuk kamu.
1. Melati
Ilustrasi bunga melati
Ilustrasi bunga melati (Foto: Thinkstock)
Bunga melati terkenal dengan harum khasnya yang kerap digunakan sebagai hiasan pada sanggul pengantin. Selain itu, bunga ini juga sering dikonsumsi sebagai tambahan aroma pada secangkir teh hangat. Lain halnya Suzanna yang menikmati melati mentah untuk membuat kulitnya tetap kencang sehingga selalu terlihat cantik.
ADVERTISEMENT
Namun, kamu tak harus menikmati melati secara mentah seperti Suzanna, kok. Kamu bisa menikmati bunga ini dengan merebusnya terlebih dahulu. Rebusan bunga melati dipercaya dapat meredakan flu, demam dan sesak napas. Aroma harumnya juga dapat mengurangi stress sehingga tak heran jika kamu mudah menemukan campuran melati pada parfum atau aromaterapi.
Mengutip Livestrong, melati dalam secangkir teh hangat sudah dimanfaatkan sebagai minuman detoksifikasi oleh masyarakat Cina sejak ratusan tahun yang lalu. Nah, jika kamu ingin membuatnya di rumah dan merasakan khasiat teh melati ini, caranya sangat mudah, hanya dengan mencampurkan segelas teh hijau atau teh oolong panas dengan beberapa helai kelopak melati.
2. Mawar
Ilustrasi air mawar
Ilustrasi air mawar (Foto: Thinkstock)
Selain melati, bunga yang merupakan lambang keromantisan, mawar, juga merupakan camilan favorit Suzanna. Bunga yang beraneka warna ini jika kamu makan mentah akan tercecap sedikit rasa manis, sepat dengan harum yang khas. Biasanya mawar merah menjadi pilihan favorit Ratu film horor ini yang dimakannya secara mentah-mentah.
ADVERTISEMENT
Tidak melulu dikonsumsi mentah, bunga mawar juga bisa dijadikan campuran dalam minuman seperti sirup, teh, atau yang sedang trend beberapa kelopaknya juga menghiasi sajian dessert. Bukan tanpa alasan, edible flower seperti mawar ternyata bermanfaat menyembuhkan usus, hati, memperlancar buang air besar dan mampu mengatasi masalah pencernaan lainnya.
Bahkan, menikmati bunga ini juga sudah dilakukan oleh masyarakat Romawi kuno yang kerap menambahkan makanan-makanan mereka dengan campuran mawar sebagai bentuk perayaan memenangkan peperangan.
3. Kantil
Bunga kantil
Bunga kantil (Foto: dok.commons.wikimedia.org)
Mungkin beberapa dari kamu agak sedikit asing dengan jenis bunga yang satu ini. Ya, bunga kantil merupakan jenis bunga yang selain memiliki aroma khas juga kerap disandingkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Bahkan, konon pada malam Jumat Kliwon bunga ini dijual dengan harga yang lebih tinggi dari hari lainnya.
ADVERTISEMENT
Bunga yang lekat dikenal dengan nama cempaka putih ini, dipercaya mampu membuat orang yang memakannya tampak awet muda. Tak heran bukan, jika mendiang Suzanna pun diduga kerap 'menyemili' bunga ini. Selain berkhasiat membuat seseorang tampak awet muda, bunga kantil juga dapat menyembuhkan vertigo, menghilangkan bau badan, mengobati perut keram dan sinusitis.
Nah, kalau kamu, sudah pernah coba makan bunga mentah seperti Suzanna?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan