kumparan
search-gray
Food & Travel3 Januari 2019 11:26

Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea

Konten Redaksi kumparan
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434400)
Kimchi, sayuran khas Korea Selatan. (Foto: Thinkstock)
Bagi penggemar kebudayaan Korea terutama kulinernya, pasti sudah tak asing lagi dengan kimchi. Di Negeri Gingseng, kimchi menjadi menu pelengkap yang wajib ada di setiap santap makan.
ADVERTISEMENT
Biasanya kimchi terbuat dari sayuran segar seperti sawi, timun, atau lobak yang difermentasi dengan bumbu pedas gochujang. Tak hanya cita rasa uniknya yang membuat hidangan ini populer, kimchi bisa dibilang sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia.
Sebab, makanan fermentasi ini diketahui kaya serat dan bakteri baik penghasil asam laktat yang berfungsi membunuh virus berbahaya. Bahkan, bakteri di dalam kimchi dapat memproduksi asam laktat yang lebih tinggi dibandingkan yogurt.
Ingin tahu manfaat apa lagi yang didapat setelah mengkonsumsi kimchi? Dilansir Well and Good, berikut ini lima manfaat kesehatan di balik asamnya kimchi.
1. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434401)
Kesehatan Jantung (Foto: Thinkstock)
Tak hanya olahraga teratur, konsumsi kimchi secara teratur ternyata bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, salah satu bahan pembuat kimchi yaitu bawang putih memiliki kandungan alisin dan selenium cukup tinggi yang bisa menyeimbangkan kolesterol. Menyantap 15 gram kimchi per hari, efektif membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan glukosa di dalam darah.
ADVERTISEMENT
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434402)
Kimchi, sayuran khas Korea Selatan. (Foto: Thinkstock)
Di musim penghujan seperti sekarang, kimchi bisa dimanfaatkan untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit. Antioksidan yang cukup tinggi di dalam kimchi diyakini ampuh meningkatkan kekebalan tubuh serta membentengi tubuh dari berbagai virus penyakit. Ditambah bakteri baik di dalamnya, kimchi ampuh membuat tubuh tetap prima.
3. Meredakan radang
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434403)
Ilustrasi sakit asam lambung (Foto: Thinkstock)
Perpaduan bawang putih dan cabai sebagai bahan utama pembuatan kimchi bisa menurunkan risiko peradangan karena sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang tinggi di dalamnya. Ditambah kandungan bakteri baik di dalamnya, konsumsi kimchi secara teratur juga dapat mencegah radang usus yang menyebabkan nyeri perut tak tertahankan.
4. Mempertajam penglihatan
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434404)
Kimchi (Foto: Thinkstock)
Tak hanya wortel, ternyata konsumsi kimchi juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi minimal 100 gram sawi fermentasi ini ternyata sudah bisa memenuhi sekitar 18 persen kebutuhan vitamin A harian, lho! Ditambah antioksidan tinggi di dalamnya, menyantap kimchi setiap hari bisa mengurangi risiko terkena gangguan mata, salah satunya rabun.
ADVERTISEMENT
5. Menjaga berat badan
Manfaat Kesehatan Kimchi, Makanan Tersehat dari Korea (434405)
Cukup minum air putih bisa menjaga berat badan Anda (Foto: Thinkstock)
Saat ini banyak orang memanfaatkan kimchi sebagai menu diet yang cukup efektif. Tak mengherankan, di dalam kimchi memang terkandung serat yang mampu melancarkan proses pencernaan sehingga buang air besar lebih teratur. Tak hanya itu saja, kimchi juga dapat menekan perkembangbiakan bakteri jahat di dalam usus sehingga gangguan pencernaan penyebab perut buncit bisa dihindari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white