kumparan
search-gray
Food & Travel29 Desember 2017 9:32

Manfaat Minum Teh Hijau 5 Cangkir Sehari

Konten Redaksi kumparan
Teh hijau
Jangan Minum Teh Hijau setelah Makan (Foto: Thinkstock)
Dari sekian banyak jenis teh yang ada, teh hijau nampaknya menjadi salah satu teh yang paling dikenal khasiatnya oleh masyarakat. Tergolong makanan super atau superfood, teh hijau sudah sejak lama dijadikan obat detoks yang paling manjur.
ADVERTISEMENT
Mengandung senyawa antoksidan, EGCG (epigallocatechin gallate), teh hijau dapat menjaga tubuh dari serangan kanker dan penyakit kardiovaskular. Saking berkhasiatnya, seorang ahli gizi bernama Georgios Tzenichristos menyarankan masyarakat mengkonsumsi teh hijau, bahkan hingga lima cangkir sehari.
"Satu cangkir teh hijau menyimpan sekitar 7 persen senyawa EGCG, dan jika meminum lima cangkir teh hijau setiap harinya, maka kamu akan mendapatkan 350mg EGCG yang dibutuhkan tubuh setiap harinya," ungkap Tzenichristos seperti dikutip Express.
Menurutnya, selain teh hijau ada dua bahan makanan lain yang rupanya juga memiliki khasiat yang sama dengan teh hijau, yaitu kunyit dan bubuk kakao. Namun, Tzenichristos berujar jika teh hijau tetap memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan keduanya.
ADVERTISEMENT
"Kunyit dan bubuk kakao juga memiliki senyawa antioksidan yang serupa, namun jumlah kandungannya tetap tak sebesar teh hijau," kata Tzenichristos.
Kesalahan Mengonsumsi Teh Hijau
Kesalahan Mengonsumsi Teh Hijau (Foto: Thinkstock)
"Kandungan antioksidan pada kunyit hanya sebesar 2 persen saja, sedangkan bubuk kakao hanya mengandung sekitar 0,5 persen antioksidan," paparnya lebih lanjut.
Jika dibandingkan antara ketiganya, teh hijau dikemas dengan senyawa polifenol yang 14 kali lebih banyak dibandingkan bubuk kakao dan memiliki kurkumin 3,5 kali lebih tinggi dibandingkan kunyit. Kurkumin sendiri merupakan senyawa antiokdisan aktif yang ditemukan pada kunyit dan berfungsi sebagai pemberi warna kuning pada tanaman kunyit.
Untuk mendapatkan 1,000 mg kurkumin yang setara dengan lima cangkir teh hijau, kamu membutuhkan sekitar 20 sendok bubuk kunyit per harinya. Mengkonsumsi bubuk kunyi sebanyak itu dalam sehari tentu bukan hal yang memungkinkan, bukan?
ADVERTISEMENT
Adanya rentangan perbandingan tersebut membuktikan jika mengkonsumsi teh hijau sebanyak lima cangkir sehari bisa menjadi cata alternatif untuk mendetoksifikasi tubuh. Namun, bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu mengenai hal ini dengan dokter terkait.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white