Untitled Image

Manfaatkan Sisa Makanan di Rumah, Bisa Dapat Hadiah Total Jutaan Rupiah!

20 Desember 2021 10:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Apakah kamu sering membuang makanan sisa di rumah? Jika ya, bisa jadi kamu merupakan salah satu penyumbang sampah makanan terbesar di bumi.
Perkara sampah makanan bukanlah hal main-main. Meski terlihat sepele, nyatanya kebiasaan membuang makanan sisa atau food waste memberikan dampak buruk bagi lingkungan hingga kerugian ekonomi yang besar.
Sebab, sampah makanan yang kamu buang akan memproduksi gas metana ketika mengalami proses pembusukan. Dilansir laman Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, metana merupakan salah satu jenis gas rumah kaca (GRK) yang memperburuk pemanasan global.
Gas metana dalam intensitas tinggi dapat mengurangi kadar oksigen atmosfer bumi hingga 19,5 persen. Pada kadar yang lebih tinggi, gas metana dapat menyebabkan kebakaran dan ledakan apabila bercampur dengan udara. Mengerikan bukan?
Manfaatkan Sisa Makanan di Rumah, Bisa Dapat Hadiah Total Jutaan Rupiah! (89460)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sisa makanan. Foto: Shutter Stock
Untuk itu, penting membiasakan diri untuk tidak menyisakan makanan. Jika memang tak memungkinkan, manfaatkan sebagai kompos atau mengolahnya menjadi makanan baru bila masih bisa dimakan kembali (leftovers food).
Dengan melakukan hal ini, kita ikut berperan dalam meminimalisir penumpukan sampah sisa makanan yang dapat mencemari lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi Electrolux yang mendukung gaya hidup berkelanjutan (sustainability) melalui kampanye yang dimilikinya: #MAKEITLAST.
Sebagai produsen produk rumah tangga asal Swedia yang terkemuka di dunia, Electrolux telah menyentuh kehidupan jutaan orang dengan produk-produk berkualitas dan inovatif, Electrolux berusaha memastikan bahwa produk, layanan, dan produksinya berkontribusi terhadap pembangunan kehidupan berkelanjutan untuk mengurangi dampak lingkungan yang merugikan sepanjang siklus masa pakai produk.
Manfaatkan Sisa Makanan di Rumah, Bisa Dapat Hadiah Total Jutaan Rupiah! (89461)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengolah makanan sisa. Dok. Shutterstock.
Produk-produk yang ditawarkan Electrolux seperti Kulkas, kompor induksi, hingga mesin cuci, tak hanya menerapkan prinsip hemat daya namun sekaligus sebagai penunjang dalam mendukung konsumen dalam menjalani gaya hidup berkelanjutan. Hal ini juga yang mengantarkan pada sebuah penghargaan dari Komisi Eropa atas upaya terus menerus untuk meningkatkan efisiensi energi.
Dalam upaya mengajak masyarakat untuk memperhatikan lingkungan dengan tidak menyisakan makanan, Electrolux Indonesia bekerja sama dengan kumparan untuk menggelar kompetisi #MakeItLast - Recook Challenge di Instagram. Ada hadiah uang tunai senilai total Rp 5 Juta untuk 10 orang pemenang. Mau ikutan? Caranya mudah! Yuk, simak mekanismenya di bawah ini.

Mekanisme #MakeItLast - Recook Challenge

Manfaatkan Sisa Makanan di Rumah, Bisa Dapat Hadiah Total Jutaan Rupiah! (89462)
zoom-in-whitePerbesar
#MakeItLast - Recook Challenge. Dok. kumparan.
  • Follow akun @kumparancom & @electroluxindonesia.
  • Posting 2 foto (carousel) di IG Feed akun pribadi dengan ketentuan sebagai berikut.

Slide 1: foto sisa makanan (leftovers food) yang dimanfaatkan sebagai bahan

Slide 2: foto hasil masakan (makanan sehat dengan lebih banyak sayuran)

  • Pada caption mohon jelaskan tentang makanan yang kamu buat dan jelaskan betapa pentingnya hidup berkelanjutan dengan menambahkan lebih banyak sayuran pada makanan.
  • Tag @electroluxindonesia @kumparancom dan mention 1 orang teman, sertakan hashtag #MakeItLast #ElectroluxXkumparan #banyakinsayurnya.
  • Pastikan akun tidak dalam mode private.
  • Periode kompetisi dimulai dari tanggal 20 Desember 2021 hingga 18 Januari 2022.
  • Keep postingan kamu hingga pengumuman pemenang.
  • Foto harus kreasi dari peserta, bukan berasal dari hasil karya orang lain.
  • Dengan mengikuti challenge ini, Electrolux Indonesia dan kumparan berhak untuk melakukan re-post image (dengan mencantumkan nama akun pemilik)
  • Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
Mumpung masih banyak waktu, ikutan yuk! Dengan mengikuti kompetisi ini, kamu juga turut berperan dalam menjaga lingkungan.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Electrolux