kumparan
23 Maret 2018 10:03

Mengenal 7 Jenis Sup dari Berbagai Negara

com-Sup Wonton, Pangsit Kuah Pedas yang Nikmat (Foto: Thinkstock)
Di Indonesia, sup biasanya terbuat dari campuran daging, wortel, buncis, dan irisan kentang yang dimasak dalam kuah kaldu. Hidangan satu ini kerap disajikan bersama ayam goreng, sambal pedas, lengkap dengan nasi panas.
ADVERTISEMENT
Selain di Tanah Air, rupanya beberapa negara lainnya juga memiliki menu serupa. Namun tentunya dengan bahan dan cara penyajian yang berbeda. Sebut saja kimlo, sup asal Negeri Tirai Bambu ini dimasak dengan kuah kaldu gurih yang berisi aneka isian gurih yang lezat.
Tak hanya kimlo, karena masih banyak jenis sup dari negara lain yang tak kalah sedapnya. Apa saja? Yuk simak ulasannya:
1. Sukiyaki, Jepang
Loading Instagram...
Sukiyaki merupakan sup asal Jepang yang terdiri dari potongan daging sapi, jamur shitake, jamur enoki, dan daun bawang yang direbus dengan kuah bercita rasa manis. Kuah manis tersebut berasal dari campuran kecap khas Jepang, gula dan mirin (sake manis) yang dimasak hingga mendidih. Untuk memperkaya rasa dan tekstur, telur dan bawang bombay turut ditambahkan dalam rebusan sukiyaki.
ADVERTISEMENT
2. Kimlo, China
Loading Instagram...
Sup asal Negeri Tirai Bambu ini sekilas tampak seperti sayur sop di Indonesia, bedanya kimlo memiliki isian sup yang lebih melimpah, mulai dari kembang tahu, bakso ikan, udang, kembang kol, wortel, soun, hingga jamur kuping. Kimlo biasanya akan disajikan bersama kecap asin, rajangan cabai rawit dan nasi hangat.
3. Khao Soi, Thailand
Loading Instagram...
Selain tom yam, terdapat menu sup lain di Thailand yang tak kalah sedapnya. Sup tersebut bernama khao soi yang terdiri kerupuk mi, acar kubis, bawang merah, jeruk nipis, bubuk cabai kering, dan daging yang disiram dengan kuah kari kuning.
Perpaduan renyahnya kerupuk mi dan gurihnya kuah kari kuning menghasilkan kombinasi rasa yang nikmat. Di negara asalnya, khao soi kerap disantap dengan potongan cabe merah segar, daun ruku-ruku dan seporsi nasi hangat.
ADVERTISEMENT
4. Solyanka, Rusia
Loading Instagram...
Solyanka yang berasal dari Rusia terbuat dari daging, sayuran dan jamur yang dimasak bersama kuah kental segar. Kuah solyanka berasal dari campuran kubis, minyak zaitun, lemon, tomat, acar dan mentimun yang dihaluskan dan dimasak hingga matang. Terdapat tiga jenis daging yang biasa digunakan dalam solyankan, yaitu daging ayam, daging sapi, dan daging ikan.
5. Bouilabaisse, Prancis
Loading Instagram...
Selain Rusia, Prancis juga memiliki sup yang tak kalah lezatnya. Sup tersebut bernama Bouillabaisse yang terbuat dari campuran kerang, saffron, fennel, tomat dan bawang putih yang dimasak dalam kuah kaldu seafood. Untuk menyantapnya, bouilabaisse biasanya dinikmati dengan sepotong roti panggang lembut.
6. Birria, Meksiko
Loading Instagram...
Birria merupakan sajian sup tradisional khas Meksiko yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan kuah merah. Warna merah kuah birria berasal dari campuran pasta tomat yang dimasak bersama bumbu rempah. Untuk menyempurnakan rasanya, tak jarang tomat hijau dan merah, bawang bombay dan rajangan daun seledri turut ditambahkan ke dalam sajian ini.
ADVERTISEMENT
7. Pfannkuchensuppe, Jerman
Loading Instagram...
Sup terakhir adalah pfannkuchensuppe, sup asal Jerman ini terbuat dari bahan sederhana yang terdiri dari irisan panekuk atau pancake yang disiram dengan kuah kaldu gurih. Perpaduan irisan pancake yang lembut dan gurihnya kuah kaldu memberikan cita rasa unik yang berbeda. Untuk menyantap pfannkuchensuppe, roti panggang hangat dan sosis bratwurst biasaya turut ditambahkan sebagai makanan pendamping.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan