Food & Travel
·
23 Februari 2018 11:29

Mengenal 7 Jenis Yoghurt yang Menyehatkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal 7 Jenis Yoghurt yang Menyehatkan (934085)
searchPerbesar
Jenis-jenis yoghurt (Foto: Thinkstock)
Pola hidup sehat kini mulai diterapkan oleh banyak orang. Tak hanya dengan berolahraga, namun juga beralih mengkonsumsi makanan yang lebih sehat mulai dari sayuran, biji-bijian, buah-buahan, serta produk olahan susu seperti yoghurt.
ADVERTISEMENT
Yoghurt sendiri telah menjadi makanan sehat populer. Biasanya, yoghurt dikonsumsi secara langsung atau dikombinasikan dengan buah-buahan. Makanan hasil fermentasi susu ini juga kerap dicampurkan sebagai bahan masakan atau cocolan saus.
Namun ternyata, tidak semua yoghurt bisa dikonsumsi dengan cara yang sama karena jenisnya yang berbeda-beda. Apalagi, berbagai pilihan yoghurt kini semakin bertambah. Yoghurt Almond yang diperuntukkan bagi vegetarian, misalnya.
Selain itu, masih banyak jenis yoghurt lain yang dapat kamu pilih sesuai selera. Dilansir Eat This, Not That, berikut tujuh jenis yoghurt untuk pola makan sehatmu.
1. Yoghurt tradisional
Jenis yoghurt yang satu ini merupakan yoghurt yang umumnya dikonsumsi. Karena tidak melewati proses penyaringan, yoghurt tradisional memiliki tekstur yang lebih cair dibandingkan yoghurt lainnya.
ADVERTISEMENT
2. Greek Yoghurt
Greek yoghurt memiliki protein dua kali lipat dibandingkan yoghurt biasa. Selain itu, yoghurt jenis ini juga mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat. Tekstur yang dimiliki greek yoghurt juga lebih kental karena disaring berkali-kali. Selain dikonsumsi langsung, biasanya yoghurt jenis ini juga diolah sebagai sour cream atau mayonnaise
3. Yoghurt susu kambing
Terbuat dari susu kambing, yoghurt ini aman untuk dikonsumsi bagi para penderita alergi susu sapi. Tekstur dari yoghut susu kambing lebih halus dengan rasa yang lebih creamy dan tampilannya lebih mengkilap dibanding yoghurt susu sapi. Namun, kandungan lemak di dalamnya lebih besar, sehingga kamu bisa mengakalinya dengan menyingkirkan lapisan atas dari yoghurt.
ADVERTISEMENT
4. Yoghurt susu domba
Memiliki tekstur dan rasa yang sangat mirip dengan yoghurt susu sapi, jenis yoghurt ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi penderita alergi susu sapi. Tak hanya itu, kandungan vitamin B, kalsium, dan riboflavinnya sangat baik. Yoghurt ini sangat cocok sebahai bahan masakan karena teksturnya tidak pecah saat dimasak pada suhu tinggi.
5. Yoghurt kedelai
Yoghurt kedelai terbuat dari susu kedelai yang telah dicampur dengan mikroorganisme untuk mengubah teksturnya menjadi lebih kental. Jenis yoghurt yang rendah kolesterol ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi vegetarian. Namun sayangnya, konsistensi dari yoghurt jenis ini sangat cair dan rasanya cenderung hambar.
6. Yoghurt almond
Memiliki jumlah kalori yang rendah, yoghurt almond terbuat dari potongan kacang almond dan air. Selain kandungan serat dan kalsiumnya yang tinggi, yoghurt almond juga memiliki tekstur serupa dengan yoghurt tradisional yang ringan.
ADVERTISEMENT
7. Yoghurt cair
Jenis yoghurt yang satu ini sangat mudah ditemukan di supermarket terdekat. Kemasannya yang praktis membuat yoghurt cair cocok untuk dikonsumsi kapan pun. Teksturnya juga bervariasi, mulai dari yang sangat cair hingga kental, dan memiliki beraneka ragam rasa.