Food & Travel
·
17 Mei 2018 12:09

Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285542)
Brown sugar (Foto: shutterstock)
Sama halnya dengan garam, memasak suatu hidangan tak lengkap rasanya bila tak membubuhkan sedikit gula di dalamnya. Ya, selain menyedapkan masakan, memberikan sedikit gula pada masakan juga diklaim dapat menguatkan cita rasanya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, terdapat beragam jenis gula di dunia, salah satunya yang paling populer adalah brown sugar. Namun, tahukah kamu bahwa di balik rasa manisnya yang khas, brown sugar memiliki beberapa khasiat kesehatan?
Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya seperti dilansir Boldsky:
1. Mencegah Obesitas
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285543)
Ilustrasi Obesitas (Foto: Thinstock)
Siapa sangka, di balik rasanya yang manis, brown sugar rupanya juga bermanfaat untuk mencegah obesitas. Ya, diperkaya dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan gula pasir, membubuhkan sedikit brown sugar ke dalam aneka jenis masakan diklaim dapat meminimalisir risiko obesitas.
2. Meredakan kram akibat menstruasi
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285544)
Nyeri menstruasi (Foto: thinkstock )
Zat kalium dan mineral yang ditemukan dalam brown sugar dinilai dapat membantu merilekskan otot-otot dan memudahkan peluruhan dinding dalam rahim selama masa menstruasi, sehingga dapat meringankan rasa nyeri dan ngilu pada perut. Karenanya, kamu bisa mengkonsumsi sedikit brown sugar yang telah dicampur secangkir air hangat agar kram cepat mereda.
ADVERTISEMENT
3. Baik untuk tulang
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285545)
Tulang yang sehat. (Foto: Thinkstock)
Brown sugar tinggi akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Diperkaya dengan beberapa mineral penting seperti kalsium dan fosfor, brown sugar sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta menghindarkannya dari beragam jenis penyakit, seperti radang sendi, osteoporosis, hingga kanker tulang.
4. Meningkatkan energi
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285546)
Hidup Lebih Sehat (Foto: Thinkstock)
Tak hanya baik untuk tulang, brown sugar rupanya juga sangat baik untuk meningkatkan energi secara singkat. Selain itu, mengkonsumsi brown sugar secara teratur juga dapat membantu meningkatkan stamina dan sistem metabolisme tubuh.
5. Meningkatkan pencernaan
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285547)
Melancarkan sistem pencernaan (Foto: Pixabay)
Sedang mengalami masalah lambung atau pencernaan? Bila iya, segera konsumsi brown sugar. Selain meningkatkan energi, bahan dapur bercita rasa manis ini juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Caranya, rebus dua sendok makan brown sugar dan irisan jahe dengan segelas air, lalu minum airnya secara teratur hingga sakit pencernaan mereda.
ADVERTISEMENT
6. Bersifat antiseptik
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285548)
Ilustrasi tangan terluka (Foto: Pixabay)
Brown sugar memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu penyembuhan luka ringan dan memar. Ya, diperkaya dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba yang tinggi, mengkonsumsi atau membubuhkan sedikit brown sugar pada luka terbuka dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.
7. Mencegah asma
Mengenal 7 Khasiat di Balik Manisnya Brown Sugar (285549)
Asma pada anak (Foto: Others/Thinkstock)
Bagi orang yang menderita asma dan masalah pernapasan lainnya dianjurkan untuk mengganti gula pasir dengan brown sugar. Hal ini karena brown sugar diklaim dapat meringankan gejala asma dan juga melawan beragam reaksi alergi. Tak hanya itu, mengkonsumsi brown sugar secara teratur dapat membantu melembabkan kulit, melindungi kulit dari efek penuaan, dan juga mencegah kerusakan sel-sel kulit.