Food & Travel
·
21 November 2020 9:13

Mengolah Buah-buahan agar Nutrisinya Tak Hilang, Ini Tips dari Dokter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengolah Buah-buahan agar Nutrisinya Tak Hilang, Ini Tips dari Dokter (13107)
Camilan serba buah Foto: Shutterstock
Mengolah buah-buahan kerap dipilih seseorang lantaran bosan dengan cara mengonsumsinya yang begitu-gitu saja. Sayangnya, kandungan nutrisi dalam buah-buahan sangat sensitif. Sehingga salah mengolah, justru hanya akan mengurangi, bahkan menghilangkan nutrisi di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Namun tak perlu khawatir, sebenarnya masih ada cara lain mengolah buah yang aman tanpa mengurangi nilai gizinya. Menurut dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK makan buah bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Misalnya, kamu bisa menyajikan potongan buah-buahan warna-warni sekaligus dalam satu piring agar tampak lebih menarik dan menggugah selera.
Mengolah Buah-buahan agar Nutrisinya Tak Hilang, Ini Tips dari Dokter (13108)
Ilustrasi nanas Foto: Dok.Shutterstock
Selain itu, pada kebutuhan tertentu buah masih boleh dihaluskan; dengan cara diblender atau dilumatkan. "Misalnya orangnya enggak bisa makan, boleh diblender buah itu. Atau misalnya lagi, pada anak-anak atau bayi boleh buahnya dilumatkan," ucapnya saat peluncuran kampanye #SunprideBuatKebaikan secara virtual, Kamis (22/10).
Sementara, untuk sajian yang lebih kekinian, dr Flo, panggilan akrabnya, juga memberikan tips menyajikan buah sebagai smoothies bowl. Tak cuma itu, cobalah juga menyajikan buah sebagai campuran atau topping oatmeal dan pancake.
Mengolah Buah-buahan agar Nutrisinya Tak Hilang, Ini Tips dari Dokter (13109)
Ide kreasi oatmeal untuk anak. Foto: Shutterstock
Meskipun dalam keadaan tertentu kita boleh memakan buah dalam bentuk olahan, dr Flo mengingatkan, untuk sebaiknya pastikan cara pengolahannya aman tanpa mengurangi nilai gizi.
ADVERTISEMENT
Beberapa cara pengolahan buah, seperti menggoreng, mengeringkan, atau menjadikannya camilan seperti keripik sangat tak ia anjurkan. Cara-cara ini sangat mungkin menghilangkan nutrisi baik dalam buah-buahan tersebut.
Nah, jadi kalau kamu memang bosan dengan cara mengonsumsi buah yang itu-itu saja, kata dokter tak apa mengolahnya menjadi sajian lain. Asalkan, kamu memastikan cara pengolahannya tidak akan menghilangkan gizi baik dalam buah tersebut, ya.