Food & Travel
·
19 November 2020 16:14

Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660851)
Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Pilihan restoran bakmi halal kini memang dapat kamu temukan dengan mudah. Dengan konsep tempat dan hidangan yang berbeda, kedai bakmi pun menjamur hampir di setiap sudut kota Jakarta. Salah satunya di Jalan Ciranjang, Jakarta Selatan, ada satu kedai bakmi mungil dengan aneka sajian yang patut dicoba.
ADVERTISEMENT
Mengusung konsep kedai ala Chinese, Mie Haw menghadirkan versi bakmi halal yang dapat dinikmati semua orang. Restoran ini juga menyajikan pilihan menu menarik —dari mi, hidangan pelengkap, hingga nasi hainan. Dalam konsep dekorasi tempat layaknya ramen bar, kedai ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk makan dan beristirahat sejenak.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660852)
Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tidak hanya di Ciranjang, Mie Haw justru pertama kali berdiri sekitar sembilan bulan lalu di ITC Fatmawati. Kedai mi ini juga melakukan banyak penjualan dan promosi di secara online, dari endorse banyak publik figur hingga menjual produk frozen bakmi di berbagai e-commerce.
Penasaran dengan kepopulerannya, tim kumparan memutuskan untuk mencicipi langsung bakmi ayam halal ini. Untungnya, makan malam kami tidak mengecewakan di sana!
ADVERTISEMENT

Mi kering keritingnya kenyal, harum, gurih, dan bikin kenyang!

Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660853)
Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Saat sampai di Mie Haw Ciranjang, rupanya tempat makan ini terletak satu bangunan dengan Kopi Tikum. Seperti yang sudah disebutkan, kedai ini mungil dengan kapasitas kursi hanya untuk 5-6 orang, dan beruntungnya kami datang saat sepi pengunjung.
Memasuki kedai, pengunjung dapat langsung memesan beragam menu yang tersedia. Kali ini kami mencicipi mie karet keriting garing dengan isian komplit, nasi hainan, kuo tie, dan suikiaw kuah —tidak lupa mencoba segelas minuman unik, yaitu es liang teh ungu.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660854)
Aneka makanan ala Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Setelah memesan, pegawai langsung membuatkan makanan dan minuman di dapur terbuka; tepat di depan meja pelanggan, kamu dapat melihat langsung proses memasak. Saat siap dihidangkan, makanan juga akan langsung diantar ke depan kamu. Antar mejanya diberi sekat bening layaknya ramen bar. Para pelayan juga menggunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660855)
Proses penyajian mi di Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Natashia Loi/Kumparan
Mie karet keriting garing dengan isian komplit pesanan kami mendarat dengan sempurna di meja makan. Tampak semangkuk bakmi dengan porsi cukup besar, yang ditutupi topping tumisan daging ayam cincang dengan jamur, irisan daging ayam kampung rebus, pangsit goreng, sawi, taburan bawang putih goreng, serta kuah berisi bakso dan pangsit rebus. Benar-benar komplit!
ADVERTISEMENT
Mi garing memiliki bentuk mi yang tipis dan cenderung lebih kering dari mi ayam umumnya. Namun, kamu bisa mengurangi sensasi serat saat makan dengan menyiram beberapa sendok kuah kaldu nan gurih. Supaya rasanya lebih lengkap, coba berikan sambal bawang atau sambal matah yang pedasnya cukup nampol. Harum minyak wijen dan bawang putihnya juga menambah sensasi gurih mi kenyal ini.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660856)
Mie kering keriting komplit ala Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Bosan dengan bakmi? Kamu bisa mencoba nasi hainan (Rp 49 ribu) ala Mie Haw dilengkapi potongan ayam kampung dan 3 saus pelengkap; saus campuran soya-kaldu-minyak wijen, saus soya, dan sambal jahe. Campurkan sedikit-sedikit saus, kamu akan mendapatkan rasa nasi hainan yang lebih nendang dan, tentunya, autentik.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660857)
Nasi hainan ala Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Kuo tie (Rp 20 ribu) dan suikiaw kuah (Rp 26 ribu) juga tidak boleh kamu lewatkan! Segigit kuo tie akan membuat kamu merasakan campuran ayam cincang, udang, dan daun bawang yang dilapisi kulit pangsit goreng. Sedangkan, dengan isian berbeda, kamu dapat menikmati suikiaw kuah dengan rasa udang yang lebih dominan —membuat hidangan serasa lebih fresh dan segar.
Menikmati Bakmi Ayam Halal ala Kedai Mi Mungil di Jalan Ciranjang (660858)
Suikiaw kuah dan kuo tie ala Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selesai makan santapan asin dan pedas, nikmatnya ditutup dengan yang manis-manis, yaitu es liang teh ungu. Dengan aroma liang teh yang khas dan harum, sensasi manis nan lembut membuat teh dengan campuran daun dewa ini begitu menyegarkan. Pas! Menutup pengalaman makan di tempat sederhana ini.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, kamu tertarik mencoba sensasi makan enak di kedai mi mungil ini? Bila tak nyaman makan di tempat, kamu juga bisa memesannya melalui layanan ojek online dan menikmatinya di rumah. Selamat mencoba!
Mie Haw
Alamat: 2, Jl. Ciranjang No.25, RT.2/RW.1, West Rawa, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12180
Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-20.00 WIB
Reporter: Natashia Loi