Menikmati Phad Thai dan Tom Yum di Orasa's, Rasanya Mirip di Thailand!

13 Agustus 2022 11:53
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
ADVERTISEMENT
Siang hari yang cerah sekejap membawa saya ke suasana saat kulineran di Thailand. Negeri Gajah ini merupakan salah satu negara favorit saya untuk kulineran. Lidah saya cocok dengan cita rasa masakan Thailand yang khas dengan cecapan asam-pedas.
ADVERTISEMENT
Mungkin sekilas kalau kamu perhatikan selera makan orang Indonesia dan Thailand hampir mirip, ya? Sama-sama suka makanan pedas, asam, seafood, sambal, atau sekadar hobi makan buah dengan bumbu rujak khas masing-masing.
Makanya, restoran Thailand di Indonesia berkembang cukup pesat. Kamu bisa menemukan makanan khas Thailand, layaknya tom yum di mana-mana. Bahkan warung makan sederhana sekalipun, ada menu berbasis bumbu tom yum.
Lantaran sedang rindu dengan masakan Thailand, kali ini saya mencoba makan di restoran Orasa's, Ashta District 8, SCBD, Jakarta Selatan. Saya mendapat rekomendasi dari teman, yang menurutnya, phad thai di restoran ini memiliki rasa paling mendekati dengan di Thailand.
Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Hari itu, Sabtu (6/8), suasana begitu cerah, cocok sekali makan masakan Thailand yang menyegarkan. Sesampainya di Ashta 8, bertempat di lantai lobi, dekat main atrium, restoran bernuansa hitam dengan framing emas bertuliskan Orasa's langsung mengalihkan pandangan. Ini dia restorannya.
ADVERTISEMENT
Restoran Orasa's cukup besar dan terkesan megah. Dilengkapi bar dengan deretan botol minuman alkohol. Adapula hiasan bunga gantung raksasa yang menjadi sorotan utama di restoran ini. Cocok juga untuk menjadi tempat berswafoto.
Tidak. Saya tidak berminat berswafoto. Saya berminat makan, dan menikmati phad thai yang katanya autentik itu. Langsung saja saya duduk dan memesan. Selain memesan phad thai, saya juga penasaran dengan tom yum goong dan mango salad. Untuk minuman, saya memesan thai iced coffee with milk dan thai iced tea with milk.
Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sambil menunggu makanan tiba, saya mencari-cari informasi soal restoran ini. Rupanya tempat makan ini masih satu naungan dalam Jittlada Group. F&B grup yang memang menaungi banyak brand restoran bertema masakan Thailand di Indonesia. Hmm, pantas saja kalau makanannya bisa bercita rasa autentik.
ADVERTISEMENT
Namun, melihat ke akun instagram @orasathaicuisine, tertulis bahwa "a modern Thai cuisines", lho itu berarti tidak autentik sekali, dong? Ah, sudahlah coba saja kita cicipi langsung. Kebetulan makanan yang saya pesan semuanya sudah tersaji di meja.
Phad thai-Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Pertama saya tentu langsung mencoba phad thai with prawn (Rp 85 ribu). Porsi phad thai mereka cukup besar, bisa untuk makan dua sampai tiga orang. Phad thai dengan plating cantik, lengkap ada remahan kacang tanah, bubuk cabai, dan sepotong jeruk nipis. Taoge-taoge besar juga melimpah di atasnya.
Begitu mencoba, phad thai ini memiliki rasa dominan manis dan asam. Ya, memang hampir mirip dengan di Thailand. Terdapat pula campuran potongan tahu putih, dan udang kecil yang garing sehingga menambah kesan gurih. Untuk rasa pedasnya pun masih bisa disesuaikan.
Tom yum goong-Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tapi, cita rasa autentik justru saya rasakan ketika mencicipi tom yum goongnya (Rp 95 ribu). Rasa asam yang berani pada kuahnya ini justru mirip dengan tom yum tradisional Thailand. Tidak ada cecapan rasa manis yang terkadang membuat tom yum jadi mirip dengan sayur asem khas Sunda. Tidak, yang ini benar-benar autentik Thailand.
ADVERTISEMENT
Tom yum goong ala Orasa's memiliki kuah cenderung bening kemerahan, tidak menggunakan santan. Memang, ada tomyum dengan santan sehingga lebih creamy pada kuahnya. Namun, restoran ini menyuguhkan tom yum tanpa santan sehingga benar-benar segar dan ringan.
Mango salad-Orasa's Restaurant, sajikan makanan autentik modern Thailand di Ashta District 8, Jakarta. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tak kalah menarik dan langsung bikin mata semakin melek, yakni ketika mencoba mango salad (Rp 70 ribu). Irisan daging mangga muda begitu asam-kecut, ditambah saus salad khas Thailand yang agak pedas-manis. Cocok buat kamu yang kuat dan biasa makan rujak atau asinan mangga muda kecut. Kalau saya tak sanggup menghabiskannya, terlalu asam.
Selain ketiga menu khas tersebut, masih banyak lagi makanan tradisional Thailand di restoran ini. Minumannya pun tak kalah segar. Mungkin Orasa's bisa menjadi salah satu rekomendasi restoran Thailand di Jakarta yang cocok juga untuk kamu dan keluarga.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik makan masakan Thailand hari ini?
Orasa's
Alamat: ASHTA District 8, lantai lobi, Jl Jend. Sudirman kav52-53 RT.8/RW.3 Ground Floor-unit 11-12, RT.8/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190.
Jam buka: 11.00-21.30 WIB.